Fungsi Airbag Mobil Terlengkap Beserta Cara Kerjanya

Ketika kita hendak membeli sebuah mobil tentui kita harus lebih dulu mengetahui informasi apa saja yang pada mobil yang akan kita beli. Nah biasanya salah satu informasi yang dicari adalah seputar fitur dan juga keamanannya yang terdapat di kendaraan tersebut. Dan fitur keamanan yang paling menarik adalah Airbag.

Nah berbicara mengenai fitur yang satu ini, kami akan membahas lebih detail mengenai fungis Airbag dan cara kerjanya. Banyak dari mereka yang belum paham betul mengenai fungsi Airbag mobil ini. Airbag/Supplemental Restraint System atau disingkat SRS ini merupakan perangkat keselamatan berupa suplemen untuk sabuk pengaman dengan pretensioner.

Kedua fitur tersbut hanya berfungsi sekali pakai untuk menghindari penumpang dari kematian atau cedera serius di kepala dan dada ketika terjadi kecelakan. Dengan adanya fitur ini kita tentu akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara. Namun tetap saja kita perlu waspada dan fokus ketika berkendara.

Airbag pada mobil juga memiliki beberapa bagian-bagian, mulai dari kantung udara, sensor dan juga sistem pengembangan airbag. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai fungsi Airbag mobil lengkap dengan cara kerjanya yang telah kami siapkan berikut ini.

Fungsi Airbag Mobil Terlengkap Beserta Cara Kerjanya

Fungsi Airbag Mobil

Fungsi Airbag dan Cara Kerja

Dan untuk cara kerjanya, Airbag sendiri akan bekerja ketika terjadi tabrakan keras maka sensor mobil akan menerima sinyal, kemudian langsung mengirimkan sinyal tersebut agar Airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher dan juga dada.

Tanpa Airbag sebagai bantalan, tubuh kalian hanya akan ditahan oleh seatbelt dan sangat berpotensi mengakibatkan cedera serius pada bagian leher dan dada. Airbag sendiri kebanyakan keluar dari setir akan tetapi juga dari dashboard mobil. Ketika terjadi kecelakaan maka Airbag akan keluar dengan sendirinya.

Disamping memiliki fungsi sebagai salah satu alat keamanan di mobil, Airbag juga memiliki tujuan untukdapat memperlambat gerak laju penumpang setenang mungkin dalam waktu sepersekian detik. Berbicara mengenai fungsi Aribag mobil dengan kata lain pada dasarnya Airbag adalah untuk keselamat an penumpang.

Module Control atau otak Airbag merupakan komputer kecil yang menerima tanda kecelakaan dari berbagai sensor yang berbeda. Kemudian memutuskan Airbag mana yang akan digunakan. Model memerlukan dua atau tiga sinyal lebih agar dapat mengeluarkan Airbag.

Cara Kerja Airbag Mobil

Sinyal kedua diberikan oleh Arming sensor yang terletak didalam mobil, yang mendeteksi penurunan kecepatan secara tiba-tiba. Ketika control module sudah yakni bahwa terjadi tabrakan keras, module akan mengirimkan sinyak ke Squib Inflater. Dikenal juga dengan Iginiter yang merupakan perangkat listrik yang memiliki label jembatan tipis.

Dengan mengalirnya listrim melalui kabel tersebut, kabel itu akan menjadi panas yang kemudian membakar propelan Airbag yang terbuat dari Natrium Azida. Natrium Azida ini merupakan bahan bakar yang sangat mudah terbakar dengan cepat dan menghasilkan gas nitrogen. Gas ini kemudian mengalir melalui filter dan mengisi Airbag yang terbuat dari Nilon.

Pada saat kepala pengemudi mengenai Airbag, Airbag akan mulai mengempis perlahan sehingga memungkinkan pengemudi dapat keluar dari mobil. Biasanya Airbag juga akan memunculkan awan asap yang merupakan tepung jagung atau bedak yang berguna juga agar Airbag tidak lengket ketika terlipat didalam.

Nitrogen yang keluar dari lubang-lubang kecil juga tidak berbahaya karena merupakan 78% udara yang sering kita hirup. Kalian juga perlu membukan pintu atau jendela agar gas dan asap dapat segera keluar. Sistem Airbag juga biasanya terdapat pada bagian didepan kemudi dan samping.

Bagian-bagian Airbag Mobil

Bagian bagian Airbag Mobil

  • Kantung udara itu sendiri terbuat dari kain nilon tipis yang terlipat di dalam kemudi atau dashboard, namun sekarang ini juga terdapat pada bagian kursi ataupun pintu.
  • Sensor adalah perangkat yang memberikan perintah kantung udara agar mengembang. Proses ini akan terjadi ketika ada benturan atau menabrak dinding pada kecepatan 16 sampai 24km/jam.
  • Sistem pengembangan airbang mereaksikan natrium azida (NaN3) dengan kalium (KN03) untuk menghasilkan Nitrogen. Kemudian ledakan Nitrogen mengakibatkan Airbag mengembang seketika dengan kecepatan sekitar 300km/jam, proses ini akan memakan waktu sekitar 1/25 detik.

Nah itulah beberapa pembahasan detail mengenai fungsi Airbag mobil dan cara kerjanya. Jangan lupa juga untuk membaca informasi lain mengenai fungsi kopling ganda motor matic di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger