√ Ciri Ciri Air Flow Sensor Rusak : Penyebab & Solusi

Ciri Ciri Air Flow Sensor Rusak

Ciri Ciri Air Flow Sensor Rusak – Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan komponen elektronik pada sistem injeksi yang ada pada sebuah mobil. Komponen ini berfungsi untuk mendeteksi seberapa banyak massa udara yang mengalir ke dalam mesin melalui intake, dengan begitu Electronic Computer Unit (ECU) dapat menentukan debit bahan bakar yang disemprotkan guna mendapatkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal.

Umumnya Mass air flow sensor terpasang pada box filter udara yang kearah intake manifold atau throttle body. Pada sebuah mass air flow sensor terdapat hot wire, yaitu sebuah kawat yang dialiri listrik dengan aliran yang berubah-ubah guna menjaga dan meningkatkan temperatur kawat pada suhu tertentu. Perubahan listrik tersebutlah yang akan menentukan banyaknya massa udara yang mengalir, dimana akan menentukan berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan guna menghasilkan percampuran bahan bakar dan udara yang ideal.

Dengan usia pemakaian yang lama, bisa saja mass air flow sensor akan rusak karena terkontaminasi oleh kotoran. Mass air flow sensor yang rusak biasanya ditandai dengan lemahnya kemampuan sensor dalam membaca massa udara yang masuk menuju ECU, dimana hal tersebut bisa membuat campuran bahan bakar dengan udara terlalu kurus dan lain sebagainya. Lalu ciri ciri apa sajakah yang menandakan mass air flow sensor rusak?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini Spbukita akan membahas seputar hal tersebut yakni ciri ciri air flow sensor rusak. Jadi bagi yang ingin mengetahui apa saja ciri ciri air flow sensor yang rusak, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai ciri ciri air flow sensor rusak berikut ini.

Ciri Ciri Air Flow Sensor Rusak

Ciri Ciri Air Flow Sensor Rusak.

Mass air flow sensor yang rusak tentunya akan menggangu pembacaan massa udara. Mass air flow sensor yang rusak pada tingkat rendah mungkin tidak akan bisa dirasakan karena tidak memberikan dampak secara langsung, namun pada tingkat kerusakan yang terbilang fatal bisa saja akan mempengaruhi performa dari mesin mobil. Nah berikut ini adalah ciri ciri air flow sensor rusak :

1. Putaran Mesin Tidak Stabil

Ciri ciri MAF sensor rusak pertama yaitu putaran mesin tidak stabil. Pembacaan aliran udara akan terganggu ketika mass air flow sensor rusak atau kotor, hal tersebut berakibat pemberian informasi ke ECU jadi tidak konsisten sehingga putaran mesin jadi tidak stabil serta terasa mengayun. Ketidakstabilan putaran bisa diamati pada saat putaran idle atau stasioner.

2. Mesin Susah dan Bahkan Tidak Bisa Start

Ciri ciri MAF sensor rusak berikutnya yaitu mesin susah/bahkan tidak bisa distart. Ketika air flow sensor rusak, mesin mobil cenderung akan susah di start, bahkan pada kondisi tertentu malah tidak bisa distarter.

3. Tenaga Hilang Ketika Mesin Digas

Ciri ciri MAF sensor rusak selanjutnya adalah tenaga mesin hilang ketika digas. Hal ini bisa dirasakan ketika sedang berkendara tenaga mesin terasa hilang atau ngempos, selain itu mesin mrebet/tersendat-sendat ketika digas.

4. Mesin Terasa Kasar

Ciri MAF sensor rusak selanjutnya yakni mesin terasa kasar. Ciri ini mirip dengan ciri dari throttle body kotor maupun filter udara mampet, dimana mesin akan terasa kasar dari sebelumnya/seharusnya.

5. Campuran Bahan Bakar dan Udara Terlalu Kaya atau Lean

Ciri MAF sensor rusak berikutnya yaitu campuran bahan bakar dan udara menjadi terlalu kaya atau lean. Ini terjadi karena pembacaan yang dilakukan oleh air flow sensor tidak tepat sehingga mengakibatkan bahan bakar yang disemprotkan tidak sesuai rasio ideal. Jika hal ini terjadi tentu saja akan mengakibatkan performa mesin jadi menurun,

6. Backfire (Knalpot Menembak)

Ciri ciri MAF sensor rusak selanjutnya yaitu knalpot menembak, hal seperti ini biasanya terjadi pada saat akan melepas gas lalu knalpot mengeluarkan letupan. Terjadinya letupan ini karena tidak baiknya sistem pembakaran.

7. Asap Knalpot Pedih dan Bau

Ciri ciri MAF sensor rusak berikutnya yakni asap knalpot terasa pedih di mata dan bau yang tidak biasa, biasanya dapat dirasakan pada saat akan memanaskan mobil.

Penyebab Air Flow Sensor Rusak

Penyebab Air Flow Sensor Rusak 1

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan komponen air flow sensor rusak. Berikut beberapa penyebab komponen air flow sensor rusak :

  • Rusak Karena Usia Pakai : Setiap komponen pada kendaraan tentunya mempunyai usia pakai atau batas pemakaian, hal tersebut juga berlaku pada komponen air flow sensor ini. Dimana usia pakai yang melebihi batas, besar kemungkinan komponen akan mengalami kerusakan.
  • Salah Penanganan atau Perawatan : Kesalahan dalam penanganan maupun perawatan dapat mengakibatkan air flow sensor mengalami kerusakan secara prematur. Sebagai contoh penangan pada kawat hot wire, diperlukan kehati-hatian yang lebih karena kawat ini sangat rentan rusak jika diperlakukan secara kasar.

Solusi Pencegahan Air Flow Sensor Rusak

Solusi Pencegahan Air Flow Sensor Rusak

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen ini diperlukan perawatan secara berkala. Adapun perawatan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Mengganti filter udara secara rutin
  • Membersihkan air flow sensor secara perodik
  • Membersihkan mass air flow sensor menggunakan cleaner atau Electronic Contac Cleaner.
  • Pada saat membersihkan, pastikan kawat tidak tersentuh atau menyentuh benda apapun, sebab kawat sangat rentan

Untuk Mass Air Flow (MAF) Sensor rusak, sebaiknya tidak dilakukan perbaikan namun harus diganti dengan yang baru.

Akhir Kata

Nah itu dia pembahasan mengenai ciri ciri air flow sensor rusak yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *