Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Cara Setting Angin Karburator yang Baik & Benar Dirumah

Cara Setel Angin Karburator

Umumnya penyetelan angin karburator sepeda motor standar pabrikan tidak terlalu sulit, terkecuali motor tersebut sudah mengusung teknologi injeksi. Akan tetapi untuk orang awam atau pemula, menyetel angin karburator motor biasanya hanya diputar-putar baut setelannya saja tanpa mengetahui apakah settingannya sudah pas atau belum.

Setiap melakukan penyetelan alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu bagaimana ukuran setelan yang pas agar hasilnya maksimal. Pada karburator, ketika kalian melakukan penyetelan yang tidak benar, maka nantinya akan berakibat bensin pada motor kalian akan lebih boros serta motor menjadi tidak bertenaga.

Cara setting angin karburator diperlukan ketelitian dan keahlian agar performa motor menjadi kencang dan bertenaga akan tetapi konsumsi bahan bakar tetap irit. Lalu bagaimana sih cara setting angin karburator yang baik dan benar agar bertenaga dan konsumsi bahan bakar irit?

Disini akan kami bahas mengenai informasi tersebut. Untuk caranya ada 2 yang dapat kalian lakukan, yang pertama ada ketika mesin dingin dan kedua ketika mesin panas. Kedua cara tersebut juga memiliki langkah yang berbeda. Daripada penasaran langsung saja kita simak ulasannya yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Setting Angin Karburator yang Baik & Benar Dirumah

Cara Setel Angin Karburator

Cara Setting Angin Karburator Ketika Mesin Dingin

Cara yang pertama ini hanya dapat dilakukan ketika mesin dalam kondisi dingin yang dianggap merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penyetelan angin pada karburator motor. Atau dengan kata lain kalian dapat melakukan penyetelan di pagi hari.

  • Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan menghidupkan motor  terlebih dahulu, kemudian putar pengaturan stasioner sampai mesin agak brebet
  • Lalu putar kearah kanan pada pengaturan setelan angin karburator sampai mesin seperti ingin mati.
  • Selanjutnya pengaturan di putar lagi kearah kiri hingga suara mesin menjadi seperti semakian meningkat atau seperti mesin terasa tidak mbrebet lagi.
  • Kemudian rendahkan lagi pengaturan putaran stationer hingga mencapai mencapai seperti suara mesin yang kalian inginkan/terdengar stabil. Akan tetapi jangan sampai berlebihan.
  • Karena jika diputar dengan berlebihan maka ketika mengatur karburator dalam keadaan mesin dingin, hal ini merupakan upaya agar dapat menghilangkan brebet pada saat motor dihidupkan kembali keesokan harinya.
  • Tapi yang menjadi kekurangnnya ialah pada ketika mesin motor dalam kondisi panas, maka bisa dipastikan putaran mesin akan menjadi semakin meningkat /tinggi.
  • Kemudian dalam keadaan mesin panas biasanya kerap dimanfaatkan oleh para mekanik guna memperoleh hasil signifikan. Sebab yang menjadi kuncinya ialah pada saat mesin dalam putaran tertinggi.

Cara Setting Angin Karburator Ketika Mesin Panas

  • Pertama adalah dengan cara putar pengaturan stationer hingga mencapai putaran mesin yang paling tinggi.
  • Lalu putar ke arah kanan pengaturan angin pada karburator sampai mesin terasa seperti mau mati.
  • Kemudian putar lagi ke arah kiri pengaturan angin pada karburator sampai mesin dirasa sudah tidak brebet lagi bersamaan dengan memutar seperti mesin terasa tidak terhambat.
  • Setelah itu putar kembali pengaturan tersebut apabila mesin sudah berjalan.
  • Keutamaan melakukan penyetelan pada saat mesin dalam keadaan panas/berjalan ialah agar dapat mendapatkan kondisi mesin yang prima dan cara ini merupakan cara yang paling mudah jika dibandingkan melakukan pengaturan pada saat mesin dalam kondisi dingin.
  • Namun untuk kelemahan/ kekurangannya ialah jika pengaturan stationer terlalu rendah maka hal tersebut akan menyebabkan pada keesokanya harinya pada cuaca yang dingin akan sedikit kesulitan untuk stationer. Maka sebab itu, pada saat mesin motor dalam kondisi dingin, pembakarannya belum sepenuhnya bercampur dengan bensin.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kalian lakukan ketika hendak menyetel angin karburator sepeda motor. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai cara mengatasi mesin mrebet dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger