6 Cara Setel Rem Tromol Motor & Penyebab Rem Blong 2020

Hampir semua jenis kendaraan roda dua tahun buatan 2015 keatas memang sudah jarang sekali penggunaan rem tromol, terutama pada bagian rem belakang. Karena saat ini dari kebanyakan produsen motor sudah menerapkan double rem cakram, namun ada beberapa jenis motor masih menggunakan rem tromol dan biasanya motor dengan kapasitas kurang dari 150 cc.

Sebetulnya penggunaan rem tromol atau rem cakram sama saja, karena keduanya memiiki fungsi untuk menghentikan laju dari kendaraan. Meski memiliki fungsi sama, namun keduanya memiliki komponen berbeda dan cara settingnya juga berbeda. Seperti halnya dengan rem tromol, dalam proses cara setel rem tromol motor dapat dikatakan tidak ribet-ribet amat seperti rem cakram.

Dari setiap kasus yang terjadi dari benyak pengguna, jenis rem tromol sangat mudah sekali untuk diatasi lalu penyebab rem blong juga bisa ditemukan dengan mudah. Admin sendiri juga sudah berpengalaman dengan motor bertipe rem tromol, bahkan kita bisa setel rem sendiri tanpa harus menggunakan peralatan lengkap kok cukup modal kunci ring dan sebuah tang saja.

Dalam hal setel rem tromol motor lebih baik dilakukan oleh sendiri saja, karena nantinya kita juga yang akan menggunakan. Dengan kita rasakan sendiri antara rendah tingginya handle atau pijakan rem, pastinya dalam berkendara akan merasa sangat nyaman ketika melakukan pengereman. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Spbukta.com kali ingin memberitahukan bagaimana cara seting yang benar.

Cara Setel Rem Tromol Motor & Penyebab Rem Blong

Cara Setel Rem Tromol Motor Penyebab Rem Blong

Pada jenis kendaraan roda dua maupun roda empat memang terdapat beberapa tipe pengereman yakni rem tromol dan rem cakram, penggunaan rem tromol beberapa tahun belakangan ini memang masih banyak. Hanya saja mulai tahun 2015 kesini penggunaan rem tromol pada motor sudah jarang, terutama untuk motor dengan kapasitas lebih dari 150 cc.

Penyebab Rem Tromol Blong

Dalam kasus seperti ini memang ada cukup banyak sekali penyebab kenapa rem tromol pada motor bisa blong atau tidak berfungsi. Namun untuk jenis rem tromol bila mengalami blong tidak serumit tipe pengereman cakram, dimana seperti kita ketahui semua memiliki cukup banyak komponen-komponennya.

Dari sekian banyak pengguna motor dengan tipe pengereman rem tromol, penyebab sering terjadi komponen didalam rem tromol seperti kampas dan mangkuk tromol panas. Suhu yang panas bisa menyebabkan kampas rem lama kelamaan aus dan itu sudah pasti mengurangi performa pengeremannnya.

Selain itu juga masih ada penyebab lainnya kenapa rem tromol bisa blong, jarak main rem sudah dalam sehingga proses pengeraman harus ditekan lebih dalam. Hal ini biasanya dikarenakan kampas rem tipis, tromolnya mulai dimakan kampasnya dan lain sebagaianya. Nah itu beberapa penyebab tipe rem tromol.

Komponen Utama Rem Tromol Motor

Komponen Utama Rem Tromol Motor

Pada kesempatan sebelumnya juga sudah Spbukita.com sampaikan secara detailnya akan komponen rem tromol kepada anda semuanya. Nah disini kami hanya menjelaskan beberapa komponen saja, dimana paling utama disebuah rem tromol pada motor.

Drum / Rem Tromol

Drum atau Rem Tromol salah satu komponen pada tipe pengereman rem tromol pada motor, komponen ini memiliki fungsi sebagai tempat atau utama dari sebuah pengereman. Karena nanti dalam sistem cara kerjanya, drum atau tromol ini akan ditekan oleh sepatu rem dan kampas rem. Sehingga terjadi gesekan, kemudian putaran roda akan semakin melemah.

Sepatu Rem & Kampas

Komponen rem tromol selanjutnya ialah Sepatu Rem dan Kampas Rem, dalam sebuah sistem pengereman kedua komponen ini memiliki peran sangat penting sekali terhadap kinerjanya. Karena Kampas rem bertugas menekan ke drum atau tromolnya, dalam penggunaan kampas rem terdapat masa waktu harus diganti. Pergantian tidak bisa diukurn berapa lamanya, tetpai diukur dari seberapa sering melakukan pengereman.

Handle Rem

Handle rem salah satu komponen dengan fungsi sangat vital, karena nantinya dalam cara setel rem tromol akan menggunakan komponen ini. Penggunaan hendle rem juga harus hati-hati, karena salah sedikit berkakibat fatal. Untuk pengaturan tinggi rendahnya pengereman dapat diukur dengan menggunakan handle rem.

Cara Setel Rem Tromol Motor

Cara Setel Rem Tromol Motor

1. Sebelum melakukan penyetelan rem tromol, sebaiknya lengkapi dulu peralatan yang dibutuhkan dari kunci ring pas 14 jika model putaran mak cukup pakai tangan saja sudah cukup kok

2. Selanjutnya atur motor dengan posisi enak, lalu gunakan saja standar tengah agar proses penyetelan lebih mudah

3. Sebenarnya menyetel rem tromol sanagt mudah sekali, karena kalian cukup tahan saja kabel penarik dengan menggunakan tang bisa, obeng juga bisa

4. Sembari menarik kabelnya, anda juga putar pengunci dengan tangan atau kunci ring pas 14

5. Nah disini titik dalam proses setel rem tromol, dimana anda cukup atur saja penguncinya sembari mainkan saja handle rem

6. Lakukanlah sampai benar-benar ketemu pengaturan yang menurut anda sudah pas dengan semuanya

Seperti itulah kira-kira cara mudah setel rem tromol untuk jenis kendaraan roda dua, dalam penyetelan memang terbilang mudah. Karena pengguna cukup mainkan saja hendle rem dan pengunci rem, atur sampai ketemu titik nyaman dari si pengguna itu sendiri. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com dan semoga informasi kali ini bermanfaat dan juga menambah ilmu pengetahuan kalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger