9 Cara Pasang Alarm Mobil Dirumah Paling Mudah

Memiliki sebuah mobil bisa dikatakan sebagai aset yang wajib untuk kita lindungi, hal ini karena pencurian di kota-kota besar memang harus wajib kita waspadai. Maka dari itu buat kalian yang memiliki sebuah mobil alangkah baiknya jika mobil tersebut dipasangi dengan pengaman seperti alarm mobil.

Saat ini kalian dapat dengan mudah membeli alarm mobil dan kemudian dipasang untuk menjaga keamanan mobil kalian dari tindak pencurian. Nah berbicara mengenai alarm mobil, disini kami akan memberikan informasi mengenai cara pasang alarm mobil dan juga informasi mengenai fungsi-fungsinya.

Dalam hal pemasangan, mungkin ini perlu diperhatikan karena alarm mobil harus benar-benar teliti ketika dipasang, agar nantinya tidak terjadi korsleting. Alangkah baiknya untuk dibawa ke bengkel yang ahli dalam hal ini, atau kalian juga dapat memanggil montir untuk datang kerumah kalian.

Saat ini setiap mobil keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Namun lain halnya dengan mobil jadul yang memang harus dipasang secara manual. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan cara pasang alarm mobil yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Pasang Alarm Mobil Dirumah Paling Mudah

Cara Pasang Alarm Mobil

Sebelum kepembahasan utama, alangkah baiknya jika kalian lebih dulu mengetahui apa saja fungsi-fungsi dari alarm mobil yang satu ini.

Fungsi Alarm Mobil

  • Sebagai Pencegahan Pencurian
  • Sebagai Sistem Keamanan
  • Sebagai Tanda Permintaan Tolong
  • Sebagai Pemberi Peringatan
  • Sebagai Alat Bantu Ketika Mencari Mobil di Parkiran
  • Sebagai Pengecek Kunci Mobil

Fungsi-fungsi alarm mobil diatas memang akan sangat membantu kita, khususnya ketika akan terjadi tindak pencurian mobil kalian. Setelah mengetahui fungsi-fungsi alarm mobil diatas, kalian dapat langsung simak langkah cara pasang alarm mobil yang telah kami siapkan dibawah ini.

Langkah Cara Pasang Alarm Mobil

Langkah Pasang Alarm Mobil

Ada 3 langkah yang wajib kalian ketahui disini. Pertama adalah pemilihan central lock dan alarm, kedua pasanga central lock dan alarm dan yang terakhir adalah menyambungkan central lock dan alarm. Lebih jelasnya mari kita simak caranya dibawah ini.

Pemilihan Central Lock dan Alarm

Cara pasang alarm mobil adalah dengan mengetahui cara kerja alarm mobil itu sendiri. Ketahui juga apakah alarm mobil cocok dengan mobil kalian. Perhatikan juga penempatan yang sesuai dengan tipe mobil, instalasi kelistrikan dan sumber tenaga yang digunakan oleh alarm mobil.

Jika sudah kemudian kalian pilih central lock dan alarm mobil yang pas dengan tipe mobil milik kalian. Dalam satu paket central lock dan alarm biasanya terdapat 4 buah pistol penggerak (lock actuator), 4 batang kawat penarik dan pendorong, satu set kabel untuk 4 pintu dan satu central lock module dengan 8 poin konektor.

Pemasangan Central Lock dan Alarm

Langkah selanjutnya adalah pemasangan. Pertama kalian dapat melakukan pengeboran pintu sisi dalam sebagai tempat meletakan lock actutatornya. Pada pemasangan lock actutator juga perlu diperhatikan bahwa pada umumnya komponen ini memiliki 5 buah kabel berwarna hitam, putih, coklat, hijau dan biru.

Kabel tersebut ditempatkan pada bagian pintu utama atau pintu dimana stir berada. Sedang lock actutator yang lain yang hanya berberkabel 2 warna yakni hijau dan biru ditempatkan pada pintu yang lain. Setelah itu pasang kabel bawaan dari central lock sesuai bagiannya pada modul lock actutatornya. Sebaiknya modul central lock diletakkan dibawah dashboard agar terlindungi.

Langkah berikutnya adalah sambung kabel power pada modul central lock ke aki. Jika pemasangan sudah benar, maka seharusnya lock actutator yang ada pada pintu lain akan mengikuti baik saat tuas pengunci digerakan naik atau turun. Setelah itu kalian dapat merapikan kabel sesuai pada tempatnya.

Sambung Central Lock dan Remote Alarm Mobil

Langkah terakhir adalah sambungkan modul central lock dengan remote alarm mobil. Perhatikan dengan seksama kerika menyambungkan kabel agar remote dapat bekerja dengan benar. Sambungkan kabel merah pada bagi aki mobil untuk kutub (+). Kabel hitam besar dihubungkan ke bagian bodi mobilatau kutub (-). Kabel coklat sambungkan pada bagian lampu sein kanan dan kiri. Sedang kabel pink terhubung ke spiker atau sirine bawaan, jika inign memasang pada klakson maka perlu ditambahkan relay.

Itulah beberapa pembahasan mengenai fungsi dan cara pasang alarm mobil yang dapat kalian pahami. Cara pemasangan alarm mobil ini alangkah baiknya jika kalian menyuruh montir ahli dalam bidang ini agar hasilnya maksimal. Jangan lupa untuk membaca artikel lain mengenai cara kerja sistem pendingin mobil di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger