6 Cara Menyetel Rem Cakram Depan Motor yang Benar 2020

Cara Menyetel Rem Cakram Depan Motor – Rem menjadi salah satu komponen sangat penting bagi kendaraan seperti motor, mobil dan lainnya. Seperti anda ketahui sendiri jika fungsi dari rem itu untuk menghentikan laju dari sebuah kendaraan

Maka dari itu kenapa kita sebagai pengguna motor harus benar-benar perhatikan akan kondisi rem motor kita, terlebih untuk rem cakram depan. Karena rem depan memiliki peran sangat penting, meskipun kebanyakan orang lebih merasa aman menggunakan rem belakang.

Selain memperhatikan kondisi rem depan, setiap user juga perlu tahu cara menyetel rem cakram depan motor. Sehingga ketika mengalami rem depan keras atau kurang menggigit, bisa langsung mengatasi sendiri tanpa harus ke bengkel.

Dalam hal setel rem depan atau belakang dengan tipe cakram tidak membutuhkan peralatan lengkap, jadi kapan saja dan dimana saja bisa langsung diatasi. JIka anda belum tahu dengan caranya, spbukita.com akan jelaskan lebih detail berikut ini.

Cara Menyetel Rem Cakram Depan Motor yang Benar

Cara Menyetel Rem Cakram Depan Motor yang Benar

Cara Menyetel Rem Cakram Depan

1. Untuk langkah pertama anda cukup mempersiapkan beberapa peralatan seperti kunci ring 8, selang, minyak rem, pompa angin

2. Lalu langkah selanjutnya tinggal ambil kunci ring 8, kemudian pasangkan pada bagian bleeder kaliper

3. Kemudian masukan selang pada bagian ujungnya, caranya seperti akan keluarkan angin pada saluran rem

Cara Menyetel Rem Cakram Depan

4. Selanjutnya tinggal siapkan angin dari ujung selang dengan pompa angin kompresor atau di tiup juga bisa

5. Lalu sedikit demi sedikit mulai kendorkan pada bagian bleeder, pastikan jika mengendorkan sampai keluar minyak rem kedalam selang tersebut

6. Kemudian tiup selang tersebut, pastikan jika angin sudah masuk kedalam kaliper dan rasakan rem akan empuk atau tidak

7. Lakukanlan berulang kali sampai kalian merasakan pengereman sudah empuk dan sesuai dengan karakter anda

Komponen Rem Depan

Disc Brake (Piringan)

Disc Brake

Pada komponen satu ini memiliki bentuk seperti piring, sehingga banyak orang menamakan dengan piringan. Disc Brake memiliki fungsi sebagai alat penekanan antara kedua kampas rem, sehingga laju motor akan berhenti.

Kampas Rem

Kampas Rem

Lalu komponen selanjutnya adalah kampas rem, pada komponen ini sebagai penggerak untuk menekan ke piringan rem. Kampas rem memiliki batas waktu, sehingga pengecekan secara berkala memang wajib bagi setiap jenis kendaraan.

Brake Caliper

Brake Caliper

Ada cukup banyak komponen pada rem depan maupun belakang, salah satunya ialah caliper. Komponen tersebut memiliki fungsi merubah tekanan hidrolik dari piston menjadi energi gerak untuk menekan kampas rem.

Piston

Piston

Piston salah satu komponen dengan bentuk menyerupai dua bauh tabung, fungsi dari piston menekan kampas rem ke disc brake.

Niple Bleed

Niple Bleed

Selanjutnya ialah Niple Bleed, komponen tersebut memiliki fungsi untuk membuat kandungan udara yang tidak sengaja terbawa melalui hidrolik.

Tips Merawat Rem Cakram

Tips Merawat Rem Cakram

  • Pastikan jika minyak rem masih ada dan usahakan jangan sampai kehabisan
  • Pastikan selalu melakun pengecekan secara rutin setiap kali kalian melakukan service pada kendaraan
  • Periksa kampas rem apakah masih layak atau tidak, pastikan ketebalannya
  • Jangan terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak

Nah seperti itulah cara meyetel sendiri rem cakram depan untuk kendaraan motor yang sudah kami sampaikan untuk anda semua. Selain itu juga kami kasih tips merawat rem depan dan juga menjelaskan beberapa komponen penting pada rem cakram. Mungkin cukup sekian informasi kali ini, semoga artikel diatas dapat membantu anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger