10 Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Paling Mudah

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil – Perawatan sebuah mobil memang membutuhkan ketelitian yang baik. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil serta bagian-bagian lainnya. Pengecekan secara rutin dapat dilakukan setiap beberapa hari sekali atau setidaknya sebulan sekali.

Dengan kita selalu mengecek keadaan mobil yang kita miliki, tentu kita akan lebih cepat tanggap jika mobil tersebut mengalami masalah. Masalah yang kerap dihadapi adalah mesin gredek, kopling yang tidak bekerja maksimal dan lainnya. Dan ada satu hal yang cukup penting untuk selalu diperhatikan adalah bagian kaca mobil.

Seperti kita tahu bahwa kaca mobil khususnya bagian depan adalah bagian yang cukup vital. Dimana kaca tersebut harus selalu bersih agar jarak pandang kita menjadi nyaman serta aman. Lalu bagaimana jika kaca mobil mudah berembun? Nah ini yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini, yakni cara menghilangkan embun di kaca mobil.

Ada beberapa penyebab mengapa kaca mobil mudah sekali berembun, terlebih ketika berkendara dalam kondisi hujan. Ini sudah bisa dipastikan kaca tersebut akan berembun. Nah, baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan cara menghilangkan embun di kaca mobil berikut ini.

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Paling Mudah

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Paling Mudah

Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil

Nyalakan AC Mobil

Nyalakan AC Mobil

Cara yang pertama adalah dengan menyalakan AC mobil. Suhu AC yang terlalu dingin memang dapat menyebabkan kaca berembun. Namun, untuk menjaga kaca tetap bersih dan tidak berembun adalah dengan menyalakan AC agar kaca tidak berembun ketika hujan. Kalian cukup mengatur suhu AC dan sesuaikan dengan suhu diluar ketika hujan.

Aktifkan Defogger

Aktifkan Defogger

Defogger ini dapat kalian temukan di bagian belakang kaca mobiul dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikan atau horizontal. Defogger juga sangat berguna terlebih pada saat musim hujan karena dapat membantu menghilangkan embun pada kaca mobil. Untuk mengaktifkannya, kalian dapat menekan tombol bergambar 3 panah melengkung yang ada pada dashboard.

Oleskan Shampoo Rambut pada Kaca Mobil

Oleskan Shampoo Rambut

Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan shampoo rambut ke kaca mobil kalian. Cara ini dapat kalian lakukan sebelum melakukan perjalan ketika musim hujan. Perlu kalian ketahui bahwa formula yang ada pada shampoo rambut ini dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembaban di sekitar kaca mobil akan terjaga.

Untuk langkahnya, kalian dapat mengoleskan sedikit shampoo rambut di kaca mobil bagian dalam, jangan dicampur dengan air. Jika sudah merata, lap kaca dengan lap sintetis yang sedikit lembab dengan arah menyamping searah. Jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah, kalian dapat langsung membersihkannya dengan menggunakan lap yang bersih.

Gunakan Tembakau

Gunakan Tembakau

Selain shampoo, kalian juga dapat menggunakan tembakau untuk menghilangkan embun di kaca mobil kalian. Kandungan nikotin yang ada pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air dan mencegah terjadinya embun ketika suhu menjadi sangat dingin ketika hujan.

Penggunaannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan tembakau di kaca. Akan tetapi perlu hati-hati agar kaca tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh yang ada. Oleskan pelan dan halus dengan merata.

Semprot Kaca Mobil dengan Cairan Anti Kabut

Cairan Anti Kabut

Lalu cara menghilangkan embun di kaca mobil yang terakhir adalah dengan membeli produk cairan anti kabut. Kalian hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke kaca bagian dalam. Diamkan beberapa saat kemudian lap dengan kain lembut yang kering searah.

Cara Mencegah Embun di Kaca Mobil

Mencegah Kaca Mobil Berembun

Kemudian untuk mencegah kaca mobil tidak berembun, ada beberapa poin penting yang perlu kalian pahami berikut ini.

  • usahakan jangan parkir di tempat yang terlalu terik.
  • Buka seluruh kaca untuk beberapa menit setelah mobil diparkir di tempat terik.
  • Jangan menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Jika terlanjur, maka setelah mobil dicuci usahakan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di kabin benar-benar kering.
  • Bersihkan karpet dek mobil secara teratur dengan menjemurnya selama beberapa jam. Karena meskipun terbuat dari bahan karet atau bahan lain yang kedap air, karpet masih membawa air atau bahan lain yang berair.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan embun di kaca mobil yang dapat kalian lakukan. Selain itu juga pahami langkah-langkah untuk mencegah kaca berembun ketika hujan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger