Cara Mengatasi Mesin Gredek & Penyebabnya

Untuk semua pengendara motor matic pasti akan merasakan jika tarikan awal terasa gredek-gredek, terutama untuk kalian para pemiliki motor matic dari Honda seperti Vario, PCX, ADV dan lainnya. Karena hampir kebanyakan pengguna motot matic Honda mengeluh seperti tersebut, untuk menghilangkan gredek pada mesin motor, terdapat cara mengatasi mesin gredek pada jenis motor matic.

Namun sebelum kalian semua ingin menghilangkan gredek-gredek, pastikan terlebih dahulu apa penyebabnya kenapa mesin motor matic gredek. Karena ada beberapa penyebab sehingga motor matic bila awalan gas seperti tersendak-sendak, penyebabnya bisa kopling ganda bermasalah atau kotor. Apabila penyebabnya hanya terdapat kotoran saja, maka kalian semua cukup membersihak saja.

Sejatinya permasalah tersebut tidak akan terjadi jika kalian semua sering melakukan perawatan rutin pada bagian CVT, sehingga selalu tahu akan kondisinya kotor atau gimana. Untuk segi perawatan sangat mudah sekali kok, apabila tidak menau soal mesin bisa service saja di bengkel atau dealer resminya. Semisalnya saja kalian rutin ganti oli mesin, sekalin saja untuk mengecek bagian lain seperti CVT-nya.

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya bila cara berkendara juga bisa menyebabkan mesin gredek seperti pemakain kasar dan terlalu sering mengerem belakang juga bisa. Jika anda mengalin problem seperti tersebut maka adan beberapa cara mengatasi mesin gredek pada motor matic yang bisa kalian lakukan, untuk mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung saja ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Mesin Gredek & Penyebabnya

Cara Mengatasi Mesin Gredek Penyebabnya

Perlu anda ketahui jika gredek pada motor matic ketika awal dijalankan, hal tersebut dikarenakan kinerja pada kopling ganda tidak sempurna. Dimana komponen kampas kopling ganda tidak mengembang secara sempurna, sehingga gesekan dari kampas kopling ganda dengan rumah kopling tidak sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut sangat mudah sekali, kalian semua dapat simak langsung ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Penyebab Mesin Gredek

Penyebab Mesin Gredek

Pada pembahasan awal memang sudah kami sampaikan kepada kalian semua, jika ada cukup banyak sekali penyebeb kenpa motor matic pada awal tarikan gredek. Kali ini kami akan informasikan lebih jelas akan apa saja penyebab dari permasalahan untuk semua jenis motor matic.

1. Rumah Kopling Kotor

Untuk penyebab yang pertama karena rumah kopling kotor dikarenakan jarang mendapat perawatan, sehingga kinerja kopling ganda tidak bekerja secara sempurna. Karena kampas kopling ganda tidak menempel pada rumah kopling dikarenakan terhambat oleh kotoran.

2. Kampas Kopling Tipis

Lalu penyebab lainnya dikarenakan kampas kopling sudah mulai tipsi, sehingga kampas tersebut tidak menempel secara sempurna. Alhasil untuk awalan tarikan akan menyebabkan mesin mengalami gredek-gredek, selain itu juga performa mesin yang dihasikan tidak maksimal.

3. Penggunaa Rem Belakang

Penggunaa rem belakng juga bisa menyebabkan mesin gredek, karena kotoran yang dihasilkan pada proses pengereman akan masuk ke CVT. Namun jika kalian sering melakukan perawatan rutin, maka pengereman bukan penyebab mesin gredek.

4. Pemakaian Kasar

Masing-masing pengguna motor memang memiliki gaya berkendara berbeda-beda, ada tipe orang berkendara safety dan ada yang arogan. Bagi tipe pengendara arogan juga menjhadi penyebab terjadinya mesin gredek, karena kinerja kopling ganda tidak beraturan seperti menarik tuas gasa secara kasar.

5. Damper Kampas Ganda

Lalu penyebab selanjutnya dikarenakan damper kampas ganda sudah mulai getas, sehingga kulitasnya tidak seperti dulu. Karena komponen ini berfungsi untuk menahan kampas kopling ganda agar tidak goyang, jadi kalian komponen ini sudah tidak bisa menahaan. Maka hal yang terjadi ialah mesin gredek, lalu performa mesin juga berkurang.

Cara Mengatasi Mesin Gredek

Cara Mengatasi Mesin Gredek

Apabila anda semua ingin menghilangkan gredek pada mesin motor matic, maka langkah pertamanya cukup pastikanm penyebab dari gredek tersebut. Berikut ini merupakan cara mengatasi mesin gredek pada motor matic dikarenakan banyak kotoran.

Untuk langkah pertama cukup buka saja bagian CVT atau kopling ganda, elanjutnya lepas rumah kopling beserta kampas koplingnya. Kemudian tinggal anda bersihkan saja bagian rumah kopling, lalu untuk komponen kapas kopling juga bersihkan apabila masih bagus.Jika sudah tipis sebaiknya ganti dengan baru

Jika penyenbanya bukan karena kotoran, kalian tinggal car saja apa penyebabnya. Jika sudah ketahuan akan penyebabnya maka tinggal ganti part tersebut, kalau ingin instan cukup bawa saja ke bengkel saja.

Seperti tiulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua akan cara mengatasi mesin gredek. Untuk menghindari hal tersebut, setiap pengguna motor matic dihimbau untuk melakukan service secara rutin pada bagian CVT. Mungkin cukup sekian informasi dari kami, semoga informasi diatas dapat membantu kalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger