10 Cara Mengatasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan 100% Berhasil!

Saat musim hujan tiba, banyak pengendara mobil yang merasakan kesulitan dalam berkendara, terutama saat kaca mobil menjadi buram dan sulit dibersihkan. Padahal, kaca mobil yang buram bisa menjadi sangat berbahaya, karena bisa mengganggu visibilitas pengemudi, terutama jika hujan deras turun.

Saat kaca film mobil buram dan sulit dibersihkan, bisa menjadi sangat mengganggu bahkan memperburuk situasi saat cuaca sedang buruk. Pengemudi mobil harus memperhatikan kondisi kaca mobilnya setiap saat, terutama saat sedang dalam perjalanan dalam cuaca kurang bersahabat.

Agar pengemudi dapat menjaga visibilitas baik selama berkendara, Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan kaca mobil terutama dalam kondisi hujan deras.

Namun, membersihkan kaca mobil saat hujan bisa menjadi sulit, karena kaca akan terus-menerus terkena percikan air hujan menyebabkan kaca mobil Anda jadi buram serta sulit dibersihkan. Maka dari itu, memilih produk yang tepat untuk membersihkan kaca mobil akan sangat membantu dalam menjaga visibilitas pengemudi selama hujan.

Penyebab Kaca Mobil Buram Saat Hujan

penyebab kaca mobil buram saat hujan
source: cekpremi.com

Saat hujan turun, kemungkinan besar pengemudi mobil akan mengalami kesulitan dalam mengemudi karena jangkauan pandangan terbatas akibat kaca mobil yang buram. Hal ini sangat mengganggu karena dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Tapi, kenapa kaca mobil bisa buram saat hujan? Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi.

1. Cuaca

Salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi keburaman kaca mobil adalah cuaca. Hujan membuat partikel partikel debu dan kotoran tercampur dalam air melumuri kaca, sehingga kaca mobil menjadi tampak buram. Semakin deras hujan, semakin banyak kotoran serta debu melekat pada kaca mobil.

2. Kondisi Kaca Mobil

Kaca mobil yang sudah tua dan rusak cenderung memiliki permukaan kasar. Hal ini menyebabkan kaca lebih mudah terkena kotoran dan debu, sehingga membuatnya menjadi lebih buram saat terkena air hujan.

3. Kondisi Wiper Mobil

Wiper mobil berfungsi membersihkan kaca mobil dari kotoran dan air, sehingga membantu menjaga kaca mobil agar tetap transparan saat terkena air hujan. Jika kondisi wiper mobil sudah rusak atau sudah habis pakai, maka kemampuannya untuk membersihkan kaca mobil akan menurun.

4. Cairan Pembersih Kaca Mobil

Cairan pembersih kaca mobil biasanya digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran dan debu. Namun, jika cairan ini tidak digunakan dengan benar atau terlalu banyak digunakan, maka akan meninggalkan residu pada kaca mobil. Jika residu ini terkena air hujan, maka kaca mobil akan tampak buram.

Cara Mencegah Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Cara Mencegah Kaca Mobil Buram Saat Hujan
source: suzuki.co.id

Bagi pemilik mobil, kondisi cuaca hujan menjadi salah satu masalah besar karena rentan terjadi di kaca mobil. Kaca buram saat hujan dapat menurunkan tingkat keamanan.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mencegah terjadinya kaca buram saat hujan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kaca mobil buram saat hujan:

1. Membersihkan Kaca Mobil Secara Teratur

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah kaca mobil buram saat hujan adalah dengan membersihkan kaca mobil secara teratur. Membersihkan kaca mobil juga dapat memperbaiki ketajaman pandangan saat berkendara.

Pastikan untuk menggunakan pembersih kaca yang sesuai dan microfiber bersih atau kering untuk membersihkannya.

2. Gunakan Kain Khusus Anti Air

Untuk mengantisipasi terjadinya kaca buram saat hujan, Anda bisa menggunakan kain khusus anti air. Kain ini terbuat dari bahan yang biasanya digunakan pada cuaca hujan. Jika cuaca hujan datang, Anda bisa membersihkan kaca mobil dengan kain khusus anti air ini, sehingga kaca akan tetap jernih.

3. Jangan Menyentuh Kaca Mobil dengan Tangan

Jangan menyentuh kaca mobil dengan tangan saat membersihkannya, karena minyak atau kotoran yang ada pada tangan dapat meninggalkan sisa sulit dibersihkan serta menjadi penyebab kaca buram mobil saat hujan. Selain itu, jangan meninggalkan sapu tangan atau lap pada kaca mobil karena bisa menggores permukaannya.

4. Buka Ventilasi

Menyalakan ventilasi atau AC akan membantu mengalirkan udara ke dalam mobil dan menjaga kaca mobil tetap bersih maupun kering. Udara yang mengalir di mobil dapat menjaga kaca tetap jernih, sehingga mencegah terjadinya kabut atau embun air pada kaca.

5. Jaga Kondisi Karet Wiper

Karet wiper merupakan bagian penting untuk membersihkan kaca mobil. Pastikan karet wiper dalam kondisi baik dan tidak rusak atau aus. Jika karet wiper rusak, segera ganti dengan yang baru agar pengelap kaca bekerja secara maksimal saat digunakan.

6. Gunakan Rain Repellent

Anda bisa menggunakan rain repellent pada kaca mobil untuk membantu menghindari terjadinya kaca mobil buram saat hujan. Rain repellent adalah cairan khusus yang dapat digunakan pada kaca mobil.

Cairan ini berfungsi untuk melindungi kaca mobil dari percikan air hujan maupun membuat air mengalir lebih lancar sehingga kaca mobil akan tetap jernih.

Cara Mengatasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan

cara mengatasi kaca mobil buram saat hujan
source: lifepal.co.id

Kaca mobil buram saat hujan adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil di Indonesia. Mandi hujan saat berkendara dapat membuat kaca menjadi buram dan menyulitkan penglihatan pengemudi.

Ini tidak hanya tidak nyaman, tetapi juga berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut beberapa cara mengatasi kaca mobil saat hujan.

1. Gunakan Kain Mikrofiber Khusus

Anda bisa membersihkan kaca mobil dengan menggunakan kain mikrofiber yang khusus dirancang untuk membersihkan permukaan kaca. Kain ini dapat membantu menghilangkan noda debu dari kaca saat memberikan hasil bersih maupun jernih. Pastikan kain Anda gunakan bersih serta kering untuk hasil lebih optimal.

Harga kain mikrofiber berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000, tergantung pada merek dan kualitasnya. Jika Anda ingin kain lebih tahan lama, memilih merek lebih terkenal bisa menjadi opsi lebih baik.

2. Gunakan Penghilang Kabut Kaca Mobil

Penghilang kabut kaca mobil adalah produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan jamur dan kondensasi pada kaca mobil. Produk ini sangat efektif dalam mengatasi kaca buram saat hujan, karena meningkatkan visibilitas dan memberikan penglihatan lebih jelas. Caranya mudah, semprotkan produk ini langsung ke permukaan kaca lalu bilas dengan air bersih.

Harga penghilang kabut kaca mobil berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung pada merek maupun kualitasnya. Pilih merek terbaik untuk menghasilkan hasil lebih optimal dan tahan lama.

3. Periksakan Sistem AC Mobil Anda

Kaca buram saat hujan dapat disebabkan oleh sistem AC buruk atau tidak berfungsi dengan baik. Udara yang lembab dan dingin dari AC dapat menumpuk pada permukaan kaca dan menyebabkan kondensasi. Pastikan sistem AC mobil Anda berfungsi dengan baik dan membersihkan filter AC secara teratur.

Periksa kondisi bukaan ventilasi pada mobil Anda, pastikan bukaan tersebut tidak tertutup rapat. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara pada mobil lebih lancar dan tidak terlalu lembab.

Jika Anda memiliki kendala dengan sistem AC mobil, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Harga perbaikan sistem AC bervariasi tergantung pada jenis kerusakan atau tipe mobil Anda, kisaran harga untuk perbaikan AC mobil adalah Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa kaca mobil buram saat hujan adalah masalah yang sering dihadapi oleh pengemudi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaca menjadi buram saat hujan seperti adanya debu, kotoran, udara lembap, serta ketidakmampuan wiper untuk membersihkan kaca dengan sempurna.