Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Simak ! 4 Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak – Gangguan pada koil mobil dapat terjadi kapan saja. Salah satu komponen yang berperan penting pada SISTEM PENGAPIAN kerap kali mengalami gangguan.

Komponen ini bekerja dengan cara mengkonversikan tegangan listrik 12 volt menjadi ribuan volt, karena sering terkena panas dari arus listrik yang mencapai ribuan volt, maka komponen ini dapat rusak.

Gangguan bisa terjadi karena kerusakan, alhasil sistem pengapian tidak bekerja dengan maksimal. Jika Rusak maka akan berpengaruh pada perfotma kendaraan tentunya.

Komponen koil sendiri berada tepat pada bawah manifold, saat intake di buka maka akan terlihat empat buah koil dan peranannya cukup vital. Berikut ini spbukita.com akan berbagi tips bagai mana Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak.

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Apa Itu Koil Mobil

Koil mobil adalah salah satu komponen penting di dalam sistem pengapian, fungsinya sendiri adalah menaikan tegangan dari komponen aki yang kemudian di teruskan pada busi untuk kemudian menghasilkan bunga api pada ruang bakar amesin.

Ciri-Ciri Koil Lemah atau Koil Rusak pada Mobil

Ciri Ciri Koil Lemah atau Koil Rusak pada Mobil

Kepincangan kendaraan di karenakan salah satu koil mati sebenarnya tak perlu menimbulkan kepanikan, karena pada dasarnya mobil memiliki busi dan koil lebih dari satu yang bekerja sesuai dengan jumlah silinder, jika salah satunya mengalami gangguan maka tidaka akan membuat mesin mobil kemudian mati. Berikut ciri-ciri koil lemah pada mobil.

  • Mesin mobil akan tetap menyala namun penuh getaran
  • Konsumsi bahan bakar menjadi boros
  • Tenaga mesin menjadi tidak maksimal, cenderung tidak bertenaga
  • Percikan busi tidak maksimal
  • Isolator koil retak
  • Koil terasa panas

Penyebab Koil Mobil Rusak

Sebelum mengethui cara memperbaiki koil mobil yang rusak, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab koil mengalami gangguan atau bahkan rusak. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan koil mobil rusak.

  • Kebocoran Arus Listrik

Sebagai pelipat ganda tegangan arus listrik seringkali koil mengalami kebocoran, sebaiknya anda mencari sumbernya terlebih dahulu. Namun tidak menutup kemungkinan sistem karburator yang terhubung dengan kabel busi biasanya terputus, sehingga bunga api locat ke bodi koil, hal tersebut berpotensi menyebakna kebocoran arus.

  • Karena Panas

Berhubungan dengan arus listrik yang mencapai ribuan volt, koil juga bisa mengalami kerusakan karena terlalu sering terkena panas yang di hasilkan listrik.

  • Faktor penuaan koil

Tentu saja tidak hanya koil keruskan koil bisa di karenakan faktor penuaan koil itu sendiri, berbagai komponen mobil kalau memang sudah mengalami pemakaian yang terlalu lama kualitasnya akan menurun.

Cara Memperbaiki Koil Mobil

Cara Memperbaiki Koil Mobil

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak memang di rasa tida mudah dan bisa beresiko. Jika mengalami kerusakan maka sistem pengapian tidak akan berjalan dengan lancar. Berikut ini cara memperbaiki koil mobil yang rusak.

1. Cara Memperbaiki Koil Rusak Karena Listrik Bocor

Koil mobil mengalami kebocoran biasanya di sebabkan oleh bunga api busi yang mengenai bodi koil. Kondisi ini akan membuat sistem pengapian tidak maksimal, untuk itu perlu di lakukan perbaikan menutup kebocoran dengan menggunakan lem plastic steel.

Jenis Lem yang satu ini, mampu berperan sebagai penghalang listrik bertegangan tinggi yang melompat pada koil, selain itu anda juga harus mengganti kabel busi dan koilnya jika kerusakaannya terhitung parah.

2. Cara Memperbaiki Koil Rusak Karena Panas

Menemui kerusakan busi karena panas, anda dapat menanganinya dengan cara yang sederhana, penanganan ini hanya bersifat sementara. Anda hanya perlu mengompresnya dengan menggunakan kain lap yang di basahi dengan air, namun setelah itu anda perlu membawanya ke bengkel untuk di lakukan pergantian koil.

3. Cara Memperbaiki Koil Rusak Tidak Keluar Api Busi

Permasalahan jenis ini biasanya karena penghubung kabel busi dan juga koil mengerak, kerak tersebut kemudian menghalangi aliran listrik dari koil ke busi. Jika hal tersebut di alami pada koil mobi anda maka harus cepat di lakukan pergantian koil, karena jika terus di pakai tidak akan berperforma secara optimal.

4. Cara Memperbaiki Koil Rusak Penurunan Kualitas

Seperti yang di singgung sebelmunya, penurunan kualitas kemungkinan juga terjadi keretakan, sama halnya dengan permasalahan koil mengerak, penurunan kualitas koil juga di anjurkan untuk mengganti koil dengan yang baru.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah mengatasi kerusakan koil, sebagai komponen pendukung kinerja pengapian, kerusakan komponen koil dapat mengakibatkan sistem pengapian terganggu, alhasil performa mesin juga akan mengalami penurunan.

Untuk itu segera atasi permasalahan koil mobil anda jika mengalami kerusakan. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak, semoga bermanfaat.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *