9 Cara Memperbaiki Kerusakan DTC P0100

Cara Memperbaiki Kerusakan DTC P0100

Cara Memperbaiki Kerusakan DTC P0100 – Diagnostic Trouble Codes (DTC) atau dalam bahasa Indonnesia kode kerusakan adalah langkah OBD II mengenali kerusakan dan meneruskanya ke mekanik, dimana sebagai tanda adanya kerusakan yang terekam oleh mekanisme kontrol mesin adalah menyalanya lampu check engine pada saat mobil dalam keadaan hidup.

Kerusakan yang dimaksud disini adalah kerusakan pada bagian elektronik dan elektrik atau kerusakan secara elektrik dan elektronik, bukan kerusakan secara mekanik. Nah kerusakan yang diinformasikan kepada kita itulah yang disebut DTC, yang mana kerusakan DTC tersebut akan ditampilkan di dashboard dalam bentuk nyala lampu, seperti lampu check engine, lampu EPS, lampu ABS dan lain sebagainya.

DTC atau kode kerusakan pada mobil sebenarnya sangatlah banyak jika disebutkan satu persatu, namun yang akan kita bahas kali ini adalah salah satunya saja yaitu mengenai kerusakan DTC P0100. Kerusakan DTC P0100 ini adalah kode kerusakan yang muncul atau terjadi karena adanya masalah pada komponen MAF sensor. Untuk mengetahui mengenai komponen MAF sensor, bisa dilihat pada artikel sebelumnya dengan judul CARA TES MAF SENSOR SECARA MANUAL. Lalu bagaimana cara memperbaiki kerusakan DTC P0100?

Sesuai judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi mengenai hal tersebut yakni cara memperbaiki kerusakan DTC P0100. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi tentang cara memperbaiki kerusakan DTC P0100, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai cara memperbaiki kerusakan DTC P0100 berikut ini.

Cara Memperbaiki Kerusakan DTC P0100

Cara Memperbaiki Kerusakan DTC P0100.

Untuk memperbaiki DTC P0100, sebelumnya harus mengetahui maksud dari DTC serta beberapa penyebab munculnya kode DTC tersebut. Berikut penjelasannya untuk anda :

1. Kerusakan DTC P0100

Sebelum masuk ke cara memperbaiki DTC P0100 ada baiknya untuk mengetahui tentang DTC P0100 beserta dengan kode keturunannya, seperti P0101, P0103 dan sebagainya. Kerusakn DTC P0100 dan keturunanya merupakan kode yang mengindikasikan kerusakan pada bagian Mass Air Flow sensor. Adapun kode kerusakan DTC P0100 dan keturunannya adalah sebagai berikut :

Kode Kerusakan DTC MAF Sensor

DTCKERUSAKANKOMPONEN BERMASALAH
P0100MAF sensor tidak mengirimkan sinyal data pada kecepatan dibawah 400 RPM lebih dari 3 detikECU, MAF
P0101Volume pembacaan MAF sensor bermasalahMAF
P0102MAF sensor tidak membaca data pada kecepatan dibawah 4000 RPM lebih dari 3 detikECU, MAF
P0103MAF short pada kecepatan dibawah 4000 RPM lebih dari 3 detikECU, MAF

2. Penyebab Munculnya DTC P0100

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kerusakan pada komponen Mass Air Flow sensor dapat memunculkan kode kerusakan DTC P0100 :

  • Kerusakan ECM
  • Heater terlalu panas dan meleleh
  • Usia pakai MAF yang sudah lebih dari 3 tahun
  • Konsleting di jalur kelistrikan sensor
  • Salah cairan ketika Tune Up
  • Pemasangan ACU kebalik

3. Langkah-langkah Memperbaiki DTC P0100

Setelah mengetahui mengenai kerusakan DTC P0100 serta penyebabnya, langkah selanjutnya masuk ke cara memperbaiki kerusakan DTC P0100. Kode kerusakan tersebut akan diketahui melalui scanner setelah melakukan pemeriksaan, dimana kode tersebut menandakan atau memberitahu bagian mana penyebab kerusakan serta tanda kerusakan komponen. Adapun langkah atau cara memperbaiki kerusakan DTC P0100 adalah sebagai berikut :

  • Pertama yang dilakukan adalah mencopot kabel negatif aki
  • Kemudian copot Mass Air Flow sensor
  • Setelah itu bersihkan bagian Hot wire dan thermistor Mass Air Flow memakai MAF cleaner
  • Setelah dirasa bersih, pasang kembali Mass Air Flow lalu reset ECU dan lakukan clear memory
  • Jika sudah, cek DTC apakah masih menyala dan jika ternyata masih nyala maka cara terbaiknya adalah dengan mengganti komponen Mass Air Flow baru.
  • Untuk mengganti Mss Air Flow dengan yang baru, pertama yang perlu diperhatikan adalah membeli Mass Air Flow sesuai dengan kode part mobil
  • Kemudian jika sudah beli Mass Air Flow baru, copot kembali kabel negatif aki
  • Copot juga Mass Air Flow yang rusak
  • Selanjutnya pasang Mass Air Flow sensor barunya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki kerusakan DTC P0100 yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *