Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Cara Memperbaiki Alternator Mobil : Ciri & Cara Kerja

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Cara Memperbaiki Alternator Mobil – Alternator merupakan komponen kendaraan yang penunjang kelistrikan dalam sebuah kendaraan. Alternator atau yang lebih kita kenal dengan sebutan dinamo adalah menyuplai arus listrik.

Fitur-fitur dalam mobil seperti lampu,wisper,injeksi,kipas pendingin membutuhkan asupan tenaga listrik dari alternator, meskipun tanpa alternator mobil masih tetap bisa berjalan, sistem kelistrikan dalam fitur mobil tak bisa di gunakan.

Jika alternator mengalami masalah, sumber kelistriksan pada mobil, hanya akan mengandalkan aki, namun aki hanya mampu menopang elektrikal mesin saja, karena dayanya yang terbatas. Perannya begitu vital untuk sistem kelistrikan, untuk itu jika mengalami kerusakan maka alternator perlu untuk di perbagiki secepatnya.

Kondisi alternator yang mengalami masalah, memang terkadang sering di abaikan para pengguna kendaraan, kerusakan pada alternator yang membuat kinerjanya kurang maksimal. Berikut ini spbukita.com akan memberikan informasi tentang Cara Memperbaiki Alternator Mobil.

Cara Memperbaiki Alternator Mobil Terbaru

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Apa itu Alternator Mobil ?

Secara keilmuan alternator adalah, generator listrik yang mampu mengubah energi mekanik menjadi energi listri dalam bentuk arus litrik bolak-balik. Jika di dalam kendaraan perannya juga untuk menghasilkan energi listrik dengan cara mengkonversi tenaga kinetis dan di ubah menjadi tenaga listrik, yang kemudian di suplai kepada fitur-fitru elektronik dan untk mengisi ulang aki yang terdapat pada mobil.

Fungsi Alternator Mobil

Alternator mobil memiliki fungsi sebagai sumber energi listrik pada mobil, komponen pada mobil sejatinya membutuhkan aliran listrik untuk di fungsikan,di sinilah peran Alternator untuk menyuplaynya. Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi untuk menyupi, asupan kelistrikan pada aki.

Cukup banyak dari pengguna kendaraan yang mengira aki adalah sumber kelitrikan utama pada mobil, namun sejatinya alternatorlah yang menjadi sumber utama kelistrikan pada mobil. Aki hanya mampu menopang komponen elektrikan mesin.

Komponen Alternator

Lalu apa saja komponen yang ada dalam alternator, beriku ini adalah komonen-komponen yang ada di dalam alternator, yang mampu menghasilkan energi listrik.

Rotor

Rotor Aalternator Mobil

Yang pertama akan kita bahas adalah Rotor, komponen Rotor dalam alternator berfungsi menghasilkan medan magnet, Rotor sendiri terletak pada bagian stator.

Stator

Stator Alternator Mobil

Kemudian Stator, stator sendiri berperan untuk menghasilkan arus listrik bolak balik. Sator merupkan kumpulan tembaga yang tersusun dengan cara di lilitkan agar Rotor yang terletak di dalamnya dapat berputar dengan baik.

Rectifier

Rectifier Alternator Mobil

Recifeier, fungsinya adalah mengubah arus bolak-balik listrik menjadi arus searah. Tidak hanya itu fungsi rectifier juga berfungsi untuk menahan aliran listrik dari batere yang mengalir alternator apa bila tegangan listrik yang di hasilkan alternator lebih rendah dari batere.

Regulator

Regulator

Regulator adalah komponen alternator yang memiliki fungsi menstabilkan arus listrik yang di hasilkan stator, kemudian perannya juga berfungsi untuk mengatur arus litrik yang masuk dalam kumparan rotor, ketika output pada stator tegangan listriknya kurang maka regulator akan menambah aliran listrik pada rotor dan begitu sebaliknya, maka tegangan yang di hasilkan alternator menjadi stabil.

Cara Kerja Alternator Mobil

Cara Kerja Alternator

Secara keseluruhan alternator adalah sebuah komponen penghasil kelistrikan. Cara kerjanya adalah dengan cara menggerakan medan magnet yang terletak pada sebuah kumparan dengan begitu akan menghasilkan energi listrik.

Tegangan arus listrik yang di hasilkan alternator bersifat bolak-bali atau lebih den kenal dengan istilah Alternating Current, arus bolak-bali sejatinya tidak cocok di gunakan untuk komponen kelistrikan mobil, oleh karena itu harus di ubah menjadi arus searah atau lebih dalam istilah kelistrikan di sebut Direct Curret, menggunakan Rectifier.

Ciri-ciri Alternator Rusak

Sebelum mengetahui cara memperbaiki Alternator mobil rusak, maka anda perlu mengetahui ciri-ciri Alternator mobil anda bermasalah.

  • Yang pertama adalah saat anda menghidupkan mobil, lampu indikator mobil menyala itu bertanda Alternator tidak menghasilkan listrik.
  • Ciri-ciri selanjutnya adalah pada mobil tidak dapat di starter, sampai aki di ganti hasilnya tetap tidak dapat di starter, maka masalah tersebut berada teganga output yang di hasilkan menurun atau drop tegangan saat alternator terisi.
  • Kenali suara alternator yang mengeluarkan suara bising, suara tersebut di hasilkan oleh bearing yang mengalami kerusakan ataupun putusnya diode rectifier yang terputus.
  • Lampu mobil meredup, hal ini di karenakan kelistrikan yang di hasilkan alternator melemah.
  • Saat Rpm mesin di naikan lampu akan menyala terang dan berkedip, kondisi ini di namakan Overcharge, kondisi ini sangat berbahaya karena jika output berada dalam tegangan 15 volt, temperatur aki akan menjadi panas karena air akinya mendidih.

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Cara Memperbaiki Alternator Rusak

Kondisi Alternator melemah, atau bahkan mati maka komponen kelistrikan pada mobil, tidaka akan bekerja dengan maksimal. Hal ini di sebabkan oleh tidak ada aliran listrik ke baterai, kondisi ini mengakibatkan mobil mogok. Untuk itu alternator perlu melakukan perbaikan, berikut ini cara memperbaiki Alternator.

  • Langkah pertama cek bearing alternator menggunakan dynamo teaser.
  • Membongkar alternator
  • Bersihkan komponen alternator
  • Mengecek rumah bearing, jika terdapat kerusakan atau retak maka harus di lakukan pergantian.
  • Mengecek panjang brush pada regulator, jika panjangnya kurang dari 4 mm maka regulator harus di ganti dengan yang baru.
  • Mengukur diameter slip ring rotor, 12,5 mm menjadi batas minimum, jika diameter tersebut di bawah ukuran tersebut, maka rotor harus di ganti dengan yang baru, jika terdapat kerusakan maka slip ring maka harus di ratakan dengan mesin bubut.
  • Mengukur tahanan slip ring, jika pengukurannya di bawah 1.5-4 ohm, maka rotor harus di bersihkan, dan juga mengecek kebocoran gulungan rotor.
  • Cej gulungan stator yang memungkinkan terjadi kebocoran, kemdian ukur tahanan stator dengan batas minimum 20 Ohm, jika ukurannya di bawah ukuran minimum, maka besar kemungkinan terjadi kebocoran gulungan.
  • Setelah selesai pasang kembali bearing
  • Setelah semua komponen alternator terpasang maka lakukan pengecekan dengan dinamo teaser.

Kerusakan Alternator bisa berdampak dengan kerusakan komponen kelistrikan mobil, untuk itu jika alternator mobil anda bermasalah segera lakukan perbaikan. Demikian yang dapat kami sampiakn mengenai Cara memperbaiki Alternator Mobil, semoga informasi yang kami rangkum di atas bermanfaat untuk anda dalam memperbaiki Alternator mobil anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *