8 Cara Membuat Semir Ban Dari Sunlight

Cara Membuat Semir Ban Dari Sunlight

Cara Membuat Semir Ban Dari Sunlight – Ban merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan bermotor, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Pada sebuah kendaraan selain membuat tampilan kendaraan jadi lebih menarik dan elegan, ban juga memiliki fungsi yang sangat penting sebagai penggerak maju mundurnya sebuah kendaraan.

Sama seperti komponen kendaraan lainnya, ban juga membutuhkan perhatian serta perawatan agar senantiasa dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta tentunya tahan lama. Karena seiring usia pemakaian sebuah ban pasti akan mengalami keausan dan juga dari segi warnanya akan terlihat kusam dan memudar.

Keausan ban terjadi tentu saja karena dalam penggunaanya selalu bergesekan dengan permukaan jalan, sedangkan warna hitam ban yang memudar diakibatkan karena menyusutnya kandungan karbon hitam pada permukaan ban tersebut. Jadi meskipun ban sudah dicuci dengan mengkilap seperti baru lagi, namun jika sudah kering warna hitam ban tetap saja kusam/pudar, dan sebagai solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan cara mengoleskan semir ban.

Berbicara soal semir ban sudah pasti berhubungan dengan silikon pengkilap ban. Saat ini banyak semir ban atau silikon pengkilap ban yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas semir atau silikon tersebut. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara sederhana membuat warna ban kendaraan menjadi terlihat hitam kembali yaitu dengan membuat semir ban sendiri.

Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasinya untuk anda mengenai cara nya, tepatnya yaitu cara membuat semir ban dari sunlight. Jadi buat yang penasaran atau ingin mengetahui cara membuat semir ban dari sunlight, simak ulasan dari Spbukita tentang cara membuat semir ban dari sunlight berikut ini. Jika ingin mengetahui informasi lain seputar otomotif seperti FUNGSI TURBOCHARGER, AIR COOLANT DATSUN GO dan lain sebagainya bisa dilihat artikel sebelumnya dari Spbukita.

Cara Membuat Semir Ban Dari Sunlight

Cara Membuat Semir Ban Dari Sunlight.

Ketika ingin membuat tampilan ban kendaraan terlihat hitam dan bersih, maka semir ban adalah solusinya. Dengan memakai semir ban, akan membuat tampilan ban terlihat baru lagi karena fungsi semir ban adalah untuk membuat permukaan dinding ban terlihat hitam serta berkilau.

Seperti dijelaskan diatas bahwa kali ini Spbukita akan menjelaskan mengenai cara membuat semir ban sendiri dari sunlight. Nantinya semir ban dari sunlight ini selain bisa digunakan untuk semir ban kendaraan, juga bisa dipakai untuk semir permukaan lai dari kendaraan yang berbahan karet maupun plastik. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara atau langkah-langkah membuat semir ban dari sabun pencuci piring (sunlight) dan Pemakaianya :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan membuat semir ban, yaitu sikat, kuas kecil, spoon, satu botol 250 ml minuman bersoda (fanta) dan tentunya sunlight
  • Kemudian cuci ban kendaraan yang akan disemir hingga bersih supaya debu dan kotoran yang menempel di ban hilang
  • Selanjutnya siapkan wadah sebagai tempat cairan semir ban, lalu tuangkan ke wadah satu botol minuman bersoda 250 ml yang telah disiapkan tadi dan tambahkan 1-2 sendok makan cairan sunlight
  • Setelah itu aduk campuran sunlight dengan minuman bersoda tersebut
  • Kemudian jika dirasa sudah tercampur dengan baik, oleskan campuran sunlight dan minuman soda ke permukaan ban kendaraan memakai kuas kecil atau spoons
  • Oleskan campuran sunlight dan minuman soda merata ke seluruh permukaan ban, dan biarkan mengering
  • Kemudian setelah kering, oleskan kembali campuran sunlight tadi kepermukaan ban dengan cara sedikit menggosoknya
  • Selesai, ban kendaraan jadi terlihat seperti baru lagi.

Nah itu dia cara membuat semir ban dari sabun pencuci piring sunlight berikut pengaplikasianya pada ban kendaraan.

Cara Membuat Semir Dari Bahan Lain

Cara Membuat Semir Dari Bahan Lain

Selain Sunlight, cara membuat semir ban juga bisa dengan bahan bahan lain, diantaranya seperti air gula, Minyak goreng, cairan silikon. Adapun cara membuat dan pengaplikasianya pada permukaan ban adalah sebagai berikut :

1. Membuat Semir Ban Dari Air Gula

Membuat Semir Ban Dari Air Gula

Untuk cara membuat semir ban dari air gula serta cara pengaplikasianya pada ban kendaraan, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama terlebih dahulu cuci bersih ban kendaraan agar semua kotoran dan debu hilang
  • Kemudian siapkan air gula dengan cara memasukan empat sendok makan gula pasir ke dalam satu gelas air (bisa panas maupun dingin) ukuran sedang
  • Jika menggunakan air panas, tunggu hingga dingin terlebih dahulu baru setelah itu oleskan pada permukaan ban memakai spoons/kuas
  • Oleskan air gula sedikit demi sedikit kepermukaan ban hingga merata
  • Selesai, ban akan terlihat hitam serta mengkilap kembali.

2. Membuat Semir Ban Dari Minyak Goreng

Membuat Semir Ban Dari Minyak Goreng

Membuat semir ban dari minyak goreng, cara atau langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama cuci bersih ban kendaraan untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menmpal
  • Kemudian wadah lalu tuang minyak goreng secukupnya
  • Setelah itu oleskan minyak goreng ke permukaan ban menggunakan kuas/spoons
  • Pastikan minyak goreng dioleskan pada bagian dinding ban saja, tapak ban tidak perlu dioles karena bisa membuat licin ban ketika digunakan
  • Selesai, ban jadi terlihat lebih hitam dan mengkilap.

3. Membuat Semir Ban Dari Cairan Silikon

Membuat Semir Ban Dari Cairan Silikon

Cara satu ini meskipun tidak mudah dan mengeluarkan biaya lebih besar dari semua cara membuat semir ban diatas, namun cara membuat semir ban dari cairan silikon ini memiliki daya tahan lebih lama. Adapun cara membuat serta pengaplikasianya pada ban yaitu sebagai berikut :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu cairan silikon emulsi 200 ml, silikon oil 400 ml dan air mineral 800 ml
  • Kemudian cuci bersih ban untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel
  • Setelah itu siapkan wadah lalu campur cairan silikon emulsi dengan silikon oil, pastikan tercampur rata
  • Jika sudah tercampur rata lalu masukan air mineral sedikit demi sedikit (sambil diaduk agar tercampur rata)
  • Kemudian jikadirasa sudah tercampur rata serta tidak ada yang menggumpal, oleskan campuran silikon tersebut ke permukaan ban secara merata
  • Selesai, ban kendaraan jadi terlihat lebih hitam dan mengkilap.

Dari beberapa cara mmbuat semir ban tersebut diatas, silakan Anda pilih sesuai dengan keinginan anda untuk diaplikasikan pada ban kendaraan kesayangan Anda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membuat semir ban dari sunlight yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *