5 Cara Membuat Injektor Cleaner Mobil

Cara Membuat Injekor Cleaner Mobil 1

Cara Membuat Injektor Cleaner Mobil – Injektor merupakan salah satu perangkat penting yang ada pada sebuah kendaraan, dalam hal ini yakni mobil. Fungsi injektor pada mobil yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar di dalam mesin. Begitu pentingnya perangkat yang satu ini, sangat penting para pemilik mobil untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan pada perangkat yang satu ini.

Seiring usia pemakaian, namanya sebuah komponen atau perangkat apapun pastinya akan mengalami penurunan kualitas, termasuk perangkat injektor ini. Injektor mengalami penurunan kualitas atau kerjanya menurun biasanya diakibatkan karena lubang pin injektor yang mampet. Injektor yang bermasalah biasanya menyebabkan mesin mobil susah dinyalakan, suara mesin jadi kasar, boros bahan bakar dan lain sebagainya.

Permasalahan seperti itu bisa terjadi karena ECU tidak bisa mengatur tekanan dan frekuensi bahan bakar ke ruang bakar karena injektor tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Solusi permasalahan tersebut yaitu membersihkan injektor menggunakan injektor cleaner, sehingga injektor bisa berfungsi dengan maksimal kembali dan performa mobil kembali optimal.

Injector cleaner sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi untuk membersihkan serta menjaga lubang pin injektor terhindar dari residu sisa pembakaran, dan juga untuk menjaga sistem bahan bakar selalu dalam keadaan bersih. Dengan bersihnya sistem bahan bakar maka secara tidak langsung akan membuat performa mobil tetap stabil dan maksimal kerena proses pembakaran yang baik.

Cara Membuat Injekor Cleaner Mobil

Cara Membuat Injekor Cleaner Mobil. 1

Komponen injektor kotor memang pastilah terjadi karena adanya proses pembakaran didalam mesin yang terus menerus selama mobil digunakan, sehingga diperlukan perawatan seperti membersihkan injektor memakai alat injektor cleaner minimal setahun sekali.

Dipasaran, injektor cleaner atau alat untuk membersihkan injektor dibandrol cukup mahal hingga jutaan. Untuk beberapa orang harga segitu mungkin sangatlah mahal dan menyayangkan uang sebanyak itu hanya untuk membeli sebuah alat injektor cleaner. Lalu selanjutnya bagaimana caranya unttuk membersihkan injektor ini?

Solusi atau alternatif mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara membuat sendiri injektor cleaner mobil, Bagaimana cara membuat injektor cleaner? Nah dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan langkah-langkah cara membuat injektor cleaner mobil secara lengkap dan jelas. Adapun cara membuat injektor cleaner mobil adalah cebagai berikut :

1. Persiapkan Alat Yang Dibutuhkan

Peralatan serta bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat injektor cleaner yaitu sebagai berikut :

  • Selang Gas
  • Kabel serabut
  • Cairan injektor cleaner
  • Flasher
  • Stop kontak

2. Langkah-langkah Atau Cara Membuat Injektor Cleaner

Untuk cara membuar injektor cleaner, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama ambil selang gas, lalu fungsikan salah satu ujung selang sebagai dudukan injektor, dimana nantinya pada saat penggunan dibantu dengan sebuah klem

ambil selang ga

2. Kemudian ujung selang lainya ditutup menggunakan apa saja, sebagai contoh gunakan baut untuk menutupnya lalu kunci/ikat dengan klem

ujung selang lainya ditutup menggunakan apa saja

3. Setelah itu lubangi bagian tengah atau yang dekat dengan injektor, gunanya untuk memasukan pipa dari injektor cleaner. Pastikan tidak bocor pada saat digunakan nantinya

lubangi bagian tengah atau yang dekat dengan injektor

4. Selanjutnya hubungkan flasher dengan stop kontak, dimana kabel terminal L flasher ke arah injektor dan terminal B ke salah satu kaki stop kontak. Kemudian sambungkan satu kabel dari stop kontak ke baterai (+) dan terminal (-) baterai untuk satu kabel dari injektor

hubungkan flasher dengan stop kontak

5. Selesai.

Selesai.

Tanda Injektor Mobil Bermasalah

Tanda Injektor Mobil Bermasalah

Berikut beberapa hal atau tanda yang timbul pada mobil ketika komponen ijektor mengalami masalah :

1. Mesin Sering Brebet

Pembukaan injektor yang kurang akibat rusak membuat jumlah suplai bahan bakar sedikit atau berkurang, hal ini membuat kondisi bahan bakar tidak stabil ketika mesin bekerja dan mengakibatkan kinerja mesin jadi terhambat.

2. Mesin Sering Mati Mendadak

Kerusakan yang parah, dampaknya bisa berimbas pada selenoid dimana kadang terbuka dan kadang tertutup. Aliran bahan bakar akan terputus ketika selenoid pada kondisi tertutup, jadi walaupun awalnya mesin lancar, bisa saja langsing mati secara mendadak.

3. Mesin Susah Distarter

Hal seperti ini terjadi karena suplai bahan bakar dari injektor kurang dari yang seharusnya sehingga membuat campuran bahan bakar dan udara jadi tidak sesuai (kurus) dan membuat mobil jadi susah distarter. Namun sebenarnya gejala seperti ini yakni mobil susah distarer banyak penyebabnya, jadi untuk memastikan sebagai akibat dari injektor yang bermasalah, terlebih dahulu cek kondisi busi untuk memastikan sistem pengapian tidak bermasalah.

4. Mesin Mogok dan Tidak Mau Dihidupkan

Pada kondisi injektor rusak parah mengakibatkan bahan bakar tidak bisa lagi disuplai, jadi mesin mobil tidak mau dihidupkan.

5. Knalpot Lebih Pekat

Pembakaran mesin yang sempurna, knalpot akan mengeluarkan asap tidak berwarna. Ketika injektor tidak menutup rapat/jebol mengakibatkan suplai bensin akan terus menerus dan menyebabkan campuran tidak lagi sesuai, hal inilah yang menyebabkan munculnya asap hitam pekat dari knalpot dan biasanya disertai bau bensin.

Nah itulah beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kondisi dari komponen injektor mobil anda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membuat injektor cleaner mobil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *