Cara Membersihkan Rantai Motor Dirumah Agar Bersih

Perawatan sepeda motor memang bukan hanya servis mesin dan juga pergantian oli saja. Agar motor selalu nyaman dikendarai, maka jangan pernah lupa untuk selalu mengecek bagian-bagian yang perlu diganti dan dibersihkan, salah satunya adalah perawatan rantai motor.

Bagian ini memang cukup penting karena motor tidak dapat berjalan jika penggerak ini rusak. Nah agar rantai motor selalu awet dan terjaga maka kalian dapat selalu membersihkan rantai motor tersebut serta melumasinya dengan cairan pelumas rantai terbaik.

Berbicara mengenai rantai motor, disini kami akan membahas mengenai bagaimana cara membersihkan rantai motor dirumah agar bersih. Cara membersihkan rantai motor ini ada beberapa langkah yang perlu kalian ketahui, jadi tidak asal membersihkannya saja.

Untuk membersihkan rantai motor juga kalian tidak perlu pergi ke bengkel, kalian cukup persiapkan alat yang ada kemudian bersihkan sendiri dirumah. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membersihkan rantai motor berikut ini.

Cara Membersihkan Rantai Motor Dirumah Agar Bersih

Cara Membersihkan Rantai Motor

Siapkan Alat dan Bahan

Sikat Pembersih Rantai

Pertama-tama kalian dapat menyiapkan peralatannya terlebih dahulu, diantaranya berikut ini:

  • Kuas, berfungsi untuk mengusap bahan pembersih ke rantai.
  • Wadah (mangkuk/gelas plastik) untuk menuangkan pembersih.
  • Bensin (pertamax/pertalite) digunakan sebagai perontok kerak dan karat pada rantai
  • Pembersih piring, digunakan untuk membersihkan semua kotoran pada rantai
  • Sikat gigi, diperlukan untuk membersihkan sela-sela rantai

Oleskan Bensin ke Permukaan Rantai

Oleskan Bensin Pada Rantai yang Berkarat

Jika alat diatas sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah kalian oleskan bensin kepermukaan rantai yang akan dibersihkan dengan menggunakan kuas. Perlu kalian ketahui juga bahwa bensin ini mampu merontokan debu dan kerak yang mengeras pada permukaan rantai dan gear.

Ada yang perlu diperhatikan dalam hal ini, dimana kalian dapat langsung mengoleskan bensin ke rantai dengan cepat karena bensin memiliki sifat menguap. Jika berlama-lama maka bensin yang dituang ke mangkuk tadi bisa menguap dan habis sebelum rantai teroles semua.

Siapkan Larutan Air dan Pembersih Piring

Air dan Pembersih Piring

Setelah semua permukaan rantai dan gear teroles semua, maka selanjutnya adalah bilas dengan menggunakan larutan air serta pembersih piring. Kami sarankan untuk menggunakan pembersih piring karenan bahan tersebut sangat ampuh untuk merontokan kotoran.

Oleskan Larutan Perontok Kotoran

Semprot dan Oleskan Cairan Perontok Kotoran

Kemudian oleskan larutan perontok kotoran pada sela-sela rantai, karena bagian ini yang biasanya sering menjadi sarang kerak dan kotoran.

Gunakan Sikat, Kain/Kuas Mini untuk Membersihkan Sela Rantai

Sikat dan Bersihkan Rantai Motor

Setelah semua sela rantai teroles merata oleh larutan perontok kotoran tersebut, maka selanjutnya kalian dapat menyikat sela rantai tersebut dengan menggunakan sikat atau kuas mini. Jika masih ada kerak yang membandel kalian dapat membersihkannya lagi dengan bensi.

Tunggu Hingga Rantai Kering

Kondisi Rantai Bersih

Kemudian tunggu rantai hingga kering. Cukup diamkan motor kalian beberapa jam hingga rantai motor benar-benar sudah kering.

Semprotkan Chain Lube Secukupnya untuk Pelumas Rantai

Chain Lube Pelumas Rantai Motor

Setelah rantai motor kering, langkah terakhir adalah dengan mengoleskan atau menyemprotkan chain lube secukupnya agar rantai terlihat kinclong dan bersih. Perlu kalian ketahui juga bahwa oli memang memiliki daya pelumas yang baik, namun juga akan mengundang debu untuk menempel.

Maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan chain lube dengan kualitas terbaik karena memiliki zat khusus yang mampu membuat debu tidak menempel di rantai.

Nah itulah beberap pembahasan mengenai cara membersihkan rantai motor dirumah agar bersih. Jangan lupa juga untuk membaca postingan lain mengenai cara mengatasi mesin gredek. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger