5 Cara Membersihkan MAF Sensor Grand Livina

Cara Membersihkan MAF Sensor Grand Livina

Cara Membersihkan MAF Sensor Grand Livina – Mass Air Flow (MAF) sensor merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mengatur/mengukur banyaknya jumlah udara masuk ke ruang bakar melalui saluran udara serta mendeteksi temperatur udara tersebut, dimana data tersebut nantinya digunakan oleh ECU dalam menentukan campuran bahan bakar dan udara yang sesuai.

Dengan fungsi tersebut diatas, MAF sensor memiliki peran sangat penting dalam mengoptimalkan kerja mesin. Jadi diperlukan perhatian serta perawatan pada komponen ini karena jika MAF sensor bermasalah atau tidak berfungsi akibat terganggu oleh beberapa hal seperti misalnya kotoran, akan berakibat kerja mesin jadi tidak optimal. Untuk mengetahui kondisi dari MAF sensor apakah masih baik atau sudah rusak bisa dilihat di artikel sebelumnya dari Spbukita mengenai CARA TES MAF SENSOR SECARA MANUAL.

Masalah atau kerusakan bisa terjadi karena MAF sensor bekerja dengan cara memanaskan kawat/plat platinum halus dan mengukur arus yang dibutuhkan guna menahannya pada suhu konstan pada saat udara melewatinya. Jadi dalam usia pemakaian MAF yang lama, partikel debu, minyak/oli yang menempel pada kawat panas dan secara terus menerus terpanggang lama-kelamaan menjadikan kawat akan terisolasi dari aliran udara. Jika hal tersebut terjadi bisa mengakibatkan beberapa masalah pada mesin, seperti susah distart, jarak tempuh pendek, masalah pada idle dan akselerasi dan lain sebagainya.

Untuk itulah diperlukan perhatian serta tentunya perawatan pada komponen ini supaya MAF sensor dapat senantiasa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga menjadikan performa mobil selalu optimal serta awet/tahan lama. Permasalahan atau kerusakan seperti tersebut diatas bisa terjadi pada semua jenis atau merk kendaraan, dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini yakni Grand Livina. Lalu bagamana cara merawat atau membersihkan MAF sensor Grand Livina agar tetap awet serta berfungsi dengan baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, tepatnya yaitu cara memberbersihkan MAF sensor Grand Livina.

Cara Membersihkan MAF Sensor Grand Livina

Cara Membersihkan MAF Sensor Grand Livina.

Diatas telah sedikit dijelaskan bahwa MAF sensor kotor jika dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan yang dilakukan seperti membersihkan MAF sensor akan menyebabkan pembacaan jumlah udara oleh MAF sensor jadi tidak akurat. Dengan pembacaan yang tidak akurat tersebut dapat membuat campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai, dimana hal itu akan berakibat kerja mesin jadi tidak optimal. Maka dari itu disarankan untuk selalu membersihkan sensor MAF ini, adapun cara membersihkan MAF sensor grand livina adalah sebagai berikut :

Cara Atau Langkah-langkah Membersihkan MAF Sensor Grand Livina

1. Persiapkan alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan, seperti obeng plus dan MAF sensor cleaner
2. Jika semua peralatan untuk sudah siap, pertama yang dilakukan adalah melepas MAF sensor grand livina dari dudukanya di box air filter dengan cara melepas dua buah sekrup pengunci lalu cabut soket kabelnya

pertama yang dilakukan adalah melepas MAF sensor grand livina


3. Kemudian bersihkan MAF sensor Grand Livina memakai cleaner, dengan cara semprot dibagian logam dan sela-sela. Pastikan tidak menyentuh bagian logam dan sela-selanya, untuk menghindari kerusakan MAF sensor Grand Livina.

bersihkan MAF sensor Grand Livina memakai cleaner dengan cara semprot dibagian logam dan sela sela.


4. Biarkan sisa-sisa cleaner menguap dengan sendirinya (tidak perlu dilap).

Biarkan sisa sisa cleaner menguap dengan sendirinya


5. Setelah dipastikan kering, pasang kembali MAF sensor Grand Livina pada dudukanya semula, nyalakan mesin dan biarkan idle selama 5 hingga 10 menit untuk membantu proses pengeringan sensor MAF grand livina.

Setelah dipastikan kering pasang kembali MAF sensor Grand Livina pada dudukanya semula

Nah itu dia cara membersihkan MAF sensor Grand Livina, cukup mudah dan singkat serta bisa dijadikan acuan bagi anda yang berniat untuk membersihkan MAF sensor Grand Livina anda.

Ciri Kerusakan MAF Sensor Grand Livina

Ciri Kerusakan MAF Sensor Grand Livina

Kerusakan yang terjadi pada komponen MAF sensor Grand Livina dapat diketahui dari tanda-tanda atau ciri kerja mesin tidak optimal, adapun ciri-ciri MAF sensor grand livina rusak adalah sebagai berikut :

  • Ketika di tanjakan mobil kehabisan tenaga, artinya mesin kurang kuat di tanjakan
  • Mesin ngelitik dan akselerasi tidak bisa spontan
  • Pada mobil dengan transmisi manual, ketika masuk gigi 1 saat melepas kopling harus sambil menginjak pedal gas. Normalnya adalah ketika masuk gigi 1 melepas kopling tanpa harus injak pedal gas
  • Mesin mobil kurang tenaga
  • Lampu check engine di dashboard menyala

Nah itu dia beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan, jika menemui gejala-gejala seperti tersebut diatas untuk segera melakukan pengecekan pada komponen MAF sensor Grand Livina anda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membersihkan MAF sensor Grand Livina yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *