8 Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis Terlengkap 2020

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Baut dan mur. kedua komponen tersebut memang sangat dibutuhkan sekali didalam sebuah mesin kendaraan maupun jenis mesin lainnya. Meskipun sudah tidak asing lagi dengan kedua benda tersebut, namun tidak semua orang tahu cara membaca ukuran baut.

Dapat kalian lihat sendiri saja dalam penggunaan baut COP Mesin depan dengan baut COP mesin tengah, pasti memiliki ukuran berbeda dari ukuran besar maupun juga panjangnya. Nah dari sini kita harus sudah tahu bila masing-masing komponen akan memerlukan sebuah baut maupun mur dengan ukuran berbeda-beda. Pasalnya baut salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan motor dan jenis mesin lainnya.

Adapun dalam memasang baut maupun juga mur harus benar-benar teliti, karena baut akan rusak ulirnya jika kalian paksakan karena tidak pas. Hal ini memang sering kali terjadi di kebanyakan orang, pasalnya posisi baut atau mur belum tepat namun langsung dikencangkan. Dari beberapa ukuran baut yang ada, terkadang ada ukuran baut sama namun tidak bisa dipasang.

Jadi dalam kasus seperti ini, kita harus tahu bila baut tersebut ukuran sekian-sekian. Sedangkan untuk mengetahuinya terdapat beberapa cara bisa kalian lakukan, dari beberapa cara yang ada memang mudah sekali untuk kita praktekan. Spbukita.com sangat yakin sekali jika setelah anda melihat informasi dari kami, maka langsung bisa membaca semua ukuran baut yang tersedia seperti sekarang ini.

Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis

Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis

Perlu kalian ketahui juga, jika pada sebuah baut terdapat dua jenis yakni inchi dan metrik, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Sehingga kita orang awam tetap bisa membedakan mana ukuran inchi dan mana ukuran metrik, kita bisa melihat dari simbolnya saja. Untuk baut inchi memiliki simbol W dan untuk metrik dengan simbol M, nah ini salah satu contoh untuk membedakan antara kedua jenis tersebut.

Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis

Meskipun kita bukanlah mekanik atau orang yang suka otak atik sebuah mesin, namun pengetahuan cara membaca ukuran mur atau baut memang harus tahu. Karena sewaktu-waktu pasti akan membutuhkannya, nah disinilah kenapa kita harus bisa mengetahui ukuran dari baut atau mur. Berikut ini cara untuk mengetahui ukuran baut, agar lebih jelasnya mari simak bersama ulasan dibawah ini.

Ukur Panjang Baut

Cara pertama cukup mengukur saja panajng baut itu sendiri, untuk mengukurnya memang sangat mudah sekali. Kalian bisa menggunakan jangka sorong atau mistar untuk mengetahuinya, apabila kedua benda tersebut tidak ada. Maka bisa menggunakan alternatif alat ukuran lainnya yakni penggaris, kami yakin pengukur ini semua orang pasti punya.

Ukur Jarak Ulir Baut

Ukur Jarak Ulir Baut

Lalu cara kedua juga sangat mudah dalam penggunaanya, hanya saja pada cara ini anda harus memiliki alat ukuran ulir baut dengan nama screw pitch gauge. Pada alat ini bisa mengukur jarak uliran dari baut tersebut, alat ini bisa digunakan kedua jenis baut yang ada. Namun sebelum kalian menggunakan dengan alat ini, kalian harus mengaturnya terlebih dahulu.

Ukur Lebar Kepala Baut Sejajar

Berlanjut ke cara ketiga ialah dengan mengukur kepala dari baut tersebut, cara ini dinilai lebih mudah, cepat dan simple. Untuk mengukurnya kita harus menggunakan alat yakni jangka sorong, penggunaan alat ini dapat dikatakan sangat akurat sekali. Namun tetap kita harus melihat dari kode baut tersebut, sehingga dapat mengetahui lebih spesifik untuk ukuran dari baut tersebut.

Ketahui Spesifikasi Baut

Spesifikasi Baut

Pada kasus seperti ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari baut tersebut. Karena ada dua macam baut yang sering digunakan, berikut ini gambar dan keterangan dari jenis baut yang memduahkan anda untuk memahaminya.

  • 1 Merupakan diameter atau lingkar baut
  • 2 Merupakan panjang dari baut
  • 3 Merupakan panjang dari uliran baut
  • 4 Merupakan lebar sejajar kepala baut dengan ukuran kunci
  • 5 Merupakan jarak antara ulir baut

Ketahui Jenis Baut

Jenis Baut

Terdapat dua jenis baut yang harus kalian ketahui, pada awalan juga sudah kami sebutkan kedu jenis baut yang ada. nah disini Spbukita.com ingin menjelaskan lebih detail kepada anda semuanya berikut ini.

Standar Baut Ukuran Inchi

  • Simbol dalam skala inchi ialah W merupakan kependekan dari Witworth. Simbol akan muncul seperti W ½ mewakili diameter baut berukuran ½ inchi
  • Sudut alpha atau puncak-nya 55 derajat

Standar Baut Ukuran Metrik (Milimeter)

  • Simbol dalam skala Metrik ialah M, jika simbol M 10 maka diameter bautnya berukuran 10 mm
  • Sudut alpha atau puncak-nya 60 derajat

Lakukan Pengukuran Diameter Baut

Cara terakhir ialah dengan cara mengukur diameter baut, untuk menggunakan cara ini bisa menggunakan alat jangka sorong seperti beberapa cara lainnya. Akan tetapi jika anda ingin lebih mantap lagi bisa menggunakan alat lainnya yakni micrometer luar.

Seperti itulah jika kalian ingin mengetahui ukuran sebuah baut, namun sebelum kalian melakukan pastikan terlebih dahulu memiliki alatnya. Untuk alat yang digunakan bisa pakai jangka sorong, pada alat ini sangat berfungsi sekali untuk mengetahui ukuran sebuah baut. Itulah informasi bisa kami sampaikan seperti artikel sebelumnya yakni fungsi oli gardan motor matic, mungkin cukup sekian informasi kali ini dan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger