Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Cara Kerja Power Window : Jenis, Komponen & Cara Merawat

Cara Kerja Power Window

Cara Kerja Power Window – Kemajuan teknologi seolah menjadi tolak ukur berbagai produsen mobil, untuk menyematkan beberapa fitur-fitur yang menarik dalam setiap produksinya. Selain AC MOBIL yang menjadi fitur utama, mobil keluaran terbaru juga menyematkan fitur Power Window.

Power Window adalah salah satu wujud nyata kemajuan teknologi otomotif yang hampir semua jenis mobil keluaran terbaru memilikinya. Power window sejatinya memilki fungsi untuk memudahkan para pengguna kendaraan dalam menaik dan menurunkan kanca mobil.

Bahkan tidak hanya kaca bagian kemudi, namun kaca bagian penumpang juga bisa di naik turunkan kaca mobilnya. Secara sederhana, fitur power pada sebuah mobil memang di rasa sangat membantu dalam kenyamanan berkendara.

Seiring perkembangannya power window mengalami perkembangan dan di bagi dalam beberapa jenis. ini spbukita.com akan mengajak anda mengetahui, bagai mana cara kerja Power Window dan apa saja komponen penunjang sitem kerja power window.

Cara Kerja Power Window

Cara Kerja Power Window

Jenis-Jenis Power Window

Power window memilki dua jenis yang berbeda, hal ini di bedakan dengan mekanisme kerjannya. Berikut ini jenis Power Window yang di bagi secara mekanisme kerjanya yang berbeda.

1. Power Window Mekanisme Regulator

Yang pertama adalah power window yang memiliki mekanisme kerja menggunakan regulator. Mekanisme kerjanya adalah menggunakan motor listrik yang akan memutar regulator yang telah di hubungkan dengan kaca mobil. Pinion yang terhungung dengan motor, akan menggerakan gigi regulator dan membuat jendela kaca mobil naik dan turun.

2. Power Window Mekanisme Kabel

Berikutnya adalah Power window dengan menggunakan mekanisme kabel. Suplay kelistrikan akan mengalir melalui kabel yang terhubung dengan pengangkat kaca. Sehingga saat motor berputar kabel akan menarik atau mengendor sehingga kaca jendela mobil akan terangkat.

Komponen Power Window

Sebelum pembahasan tentang bagaimana cara kerja power window, ada baiknya anda mengetahui apa saja komponen yang terdapat pada sistem power window.

1. Komponen Saklar Utama

Terdapat dua jenis komponen saklar pada sistem kerja power window, yang pertama adalah saklar utama, saklar adalah saklar yang terdapat pada pintu sebelah kemudi, saklar ini mampu menutup jendela kaca secara keseluruhan, artinya bisa membuka semua kaca jendela baik pada kemudi maupun kaca jendela pada bagian penumpang.

2. Saklar Power Window Lain

Berikutnya adalah saklar power window lain, saklar ini berada di semua pintu, namun saklar ini hanya mampu berfungsi untuk membuka dan menutup jendela kaca dimana saklar itu berada.

3. Motor Power

Berikutnya adalah motor power window, seperti kegunaan pada komponen lain, motor power berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Melalui putaran yang terjadi pada motor saat energi listrik mengalir, akan membuat regulator gigi bergerak sehingga kaca akan membuka dan menutup.

4. Regulator Power

Selanjutnya adalah Regulator, regulator sendiri berfungsi untuk merubah gerakan yang di berikan oleh motor power window. Komponen pendukung gerak regulator adalah lengan dengan bentuk X yang membuat stabil kaca saat naik dan juga turun.

Cara Kerja

Seperti yang telah di tekankan, fungsi power window adalah untuk membuka kaca dengan cara menekan sebuah saklar. Berikut ini adalah cara kerja power Window dalam konsisi naik dan turun.

1. Saat Jendela Kaca Mobil Naik

Saat Jendela Kaca Mobil Naik

Skema diagram diatas adalah cara kerja power window saat kondisi di naikan. Saat anda menekan saklar up, maka akan otomatis terjadi hubungan pada plat.

  • Kondisi tersebut akan ada aliran listrik dari seumber yang akan melewati busi dan di salurkan kepada saklar utama.
  • Kemudian saklar utama akan meneruskan pada plat up.
  • Tegangan listrik kemudian di teruskan hingga output saklar utama dengan mengikuti jalur
  • Hingga arus listrik sampai pada komponen power window.
  • Setelah masuk ke dalam motor, kemudian akan di keluarkan ke saklar utama melalui rangkaian yang lain.
  • Selanjutnya pada bagian akhir, arus akan di teruskan pada komponen yang terhubung dengan line ground, line groun ini telah terhubung pada komponen terminal negatif pada terminal aki, sehingga power window aktif dengan mengangkat kaca melalui regulator.

2. Saat Jendela Kaca Mobil Turun

Saat Jendela Kaca Mobil Turun

Kemudian kondisi power window saat jendela kaca mobil di turunkan adalah sebagai berikut ini.

  • Tegangan listrik akan masuk pada saklar utama.
  • Kemudian plat akan terhubung dengan sumber arus listrik.
  • Kemudian arus akan di teruskan pada output pada saklar utama.
  • Selanjutnya tegangan arus listrik kemudian akan di salurkan pada motor window.
  • Dari motor window arus listrik kemdian akan di salurkan melalui output motor ke pada saklar utama.
  • Kemudian bagian akhir adalah arus litrik akan terhubung dengan line ground, kondisi seperti ini membuat penggerak regulator akan menurunkan kaca jendela mobil akan turun.

Cara Merawat

Cara Merawat Power Window

kegunaan yang terlalu sering di fungsikan, power window terkadang mengalami fungsi yang tidak maksimal, atau kondisi yang fatal timbulnya kerusakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada berbagai langkah untuk perawatan agar bisa di oprasikan secara maksimal. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar power window tidak cepat rusak.

  • Pengecekan secara rutin.
  • Gunakan dengan seperlunya.
  • Bersihkan kaca secara rutin.
  • Bersihkan kaca agar kotorn hilang dan tidak menggangu kinerja up dan down dari power window.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara kerja power window dan juga berbagai jenis dan komponennya. Semoga informasi yang kami rangkum, menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *