9 Cara Hilangkan Karat Pada Knalpot Terbukti Ampuh 2020

Bagi setiap pengguna kendaraan roda dua pastinya pernah mengalami sedikit masalah pada kondisi motor kesayangan. Tetapi untuk masalah kali ini tidak menyebabkan tenaga motor berkurang, pasalnya ini masalah pada bagian knalpot.

Hampir setiap motor pasti pada bagian knalpot akan muncul karat, terutama pada bagian leher knalpot. Hal tersebut pastinya sangat tidak enak dilihat, karena akan mengurang nilai dari motor tersebut. Dengan demikian banyak cara hilangkan karat pada motor yang bisa dilakukan.

[toc[

Dari beberapa cara yang ada, hampir semuanya bisa menghilangkan karat pada leher knalpot. Bahkan bisa juga untuk membersihkan kerak pada mesin motor, namun tidak semua cara bisa kalian aplikasikan untuk hilangkan karat pada knalpot.

Pada kesempatan sangat baik ini spbukita.com kembali memberikan tips untuk semua pengguna motor baik itu motor bebek, sport, matic dan terutama motor trail. Kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk hilangkan karat membandel di leher knalpot. Agar lebih jelasnya, kalian semua bisa simak langsung saja ulasan berikut ini.

Cara Hilangkan Karat Pada Knalpot Terbukti Ampuh

Cara Hilangkan Karat Pada Knalpot

Sekedar tips buat anda semuanya, jika anda berniatan untuk menghilangkan karat membandel pada knalpot motor anda semuanya. Lakukanlah secara rutin, karena cara seperti dibawah ini tidak langsung efek maka kami sarankan bersihkan secara rutin.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Pasta Gigi

Pasta Gigi

Semua orang pasti sudah sering menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi setaip hari. Perlu anda ketahui juga jika pasta gigi terbukti ampuh mampu menghilangkan karat pada knalpot, namun tidak semua bagian bisa dioleskan. Karena hanya pada bagian lapisan stainles saja, untuk penggunaan sangat mudah sekali. Kalian cukup oleskan pada bagian yang berkarat, lalu digosok terus menggunakan kain halus dan lakukan berulang kali.

Krim Pembersih Karat

Krim Pembersih Karat

Untuk cara selanjutnya bisa gunakan saja Krim Pembersih Karat, krim ini memang sering digunakan oleh banyak orang. Karena kualitasnya memang sangat oke mampu mengkilapkan bagian knalpot yang berkarat, bahkan tak sedikit orang menggunakan untuk memoles cop mesin. Untuk penggunaan sama seperti cara lainnya, krim tersebut oleskan pada bagain berkarat lalu gosok dengan kain halus.

Oli Bekas

Oli Bekas

Ternyata oli bekas tidak hanya mencegah terjadinya karatan, oli bekas juga mampu menghilangkan karat pada knalpot. Jadi setiap kali ganti oli mesin bisa anda manfatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot, untuk caranya sangat mudah sekali. Pertama motor dipanaskan terlebih dahulu, setelah itu bagain knalpot berkarat olesi dengan oli bekas. Tunggu beberapa saat lama-lama karat mulai hilang secara sendirinya.

Oli Gemuk

Stempet

Stempet atau oli gemuk menjadi alternatif cara selanjutnya apabila cara seperti diatas tak efektif, selain itu juga oli gemuk mampu mencegah terjadinya karat serta korosi. Maka dari itu banyak orang mengaplikasikan ke karat knalpot dan ternyata memang sanagt efektif sekali. Caranya sama seperti oli bekas, dimana motor harus dipanasi terlebih dahulu, setelah itu baru kalian oleskan pada bagian yang berkarat.

Pertamax Plus

Pertamax Plus

Cara selanjutnya bisa dikatakan sangat efektif juga, anda dapat melakukannya dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. Namun dalam menghilangkan karat di knalpot cara ini ada bahan campuran lagi lainya yakni minyak tanah. Perhitungan campuran bisa sama rata kok, lalu caranya cukup oleskan saja pada bagain berkarat. Tunggu kurang lebih 5 sampai 10 menit lalu bersihkan saja menggunakan sikat.

Soda Kue

Soda Kue

Metode selanjutnya bisa menggunakan soda kue dan perasan air jeruk, cara ini juga terbilang efektif untuk menghilangkan karat pada knalpot motor anda. Jika menggunakan cara ini proses penangan cukup mudah, oleskan saja pada bagian berkarat, lalu diamkan beberapa saat dan setelah itu bisa dibersihkan pakai kain bersih.

Minuman Bersoda

Coca Cola 1

Minuman bersoda seperti coca cola juga bisa kalian gunakan, selain itu juga bisa menghilangkan kerak pada mesin motor. Caranya sendiri sama persis dari cara seperti diatas tinggal siramkan pada bagian berkarat terutama leher knalpot. Kemudian diamkan sekitar 10 sampai 15 menit, setelah itu bersihkan dengan sikat.

Cairan Pembersih Keramik

Cairan Pembersih Keramik

Lalu cara terakhir menggunakan cairan pembersih keramik, kalian bisa gunakan merk cairan apapun tidak harus menggunakan merk tertentu. Untuk mengaplikasikannya sangat mudah sama seperti menggunakan coca coal, cairan pembersih keramik semprotkan atau siramkan pada bagian berkarat. Tunggu 10 sampai 15 menit, setelah itu bersihkan dengan kain bersih.

Seperti itulah cara menghiangkan karat pada knalpot motor kesayangan kalian, caranya sendiri sebenarnya sangat sederhana. Tinggal anda saja mau rutin membersihkan atau tidak, karena dari cara diatas tidak ada yang instan. Mungkin cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda semua, semoga artikel diatas dapat membantu anda.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger