9 Cara Ganti Oli Shockbreaker Motor Beserta Takarannya 2020

Memiliki sebuah kendaraan roda dua atau motor memang menjadi keinginan bagi semua orang, dari beberapa pengguna tentunya tidak ingin kan jika motor tidak nyaman. Adapun beberapa bagian yang perlu diperhatikan sekali yakni bagian shockbreaker depan, pada bagian ini akan sangat terasa sekali.

Dalam kasus seperti ini biasanya dikarenakan sudah berumur atau juga karena oli shockbreaker sudah harus diganti, dalam pergantian oli shockbreker memang tidak boleh asal-asalan. Pasalnya akan ada takarannya jika rider ingin ganti oli sok depan, dalam hal membuka juga harus hati-hati karena tidak mudah untuk membuka atau melepaskannya.

Cara ganti oli shockbreaker motor tergolong cukup mudah sebenarnya si, kuncinya ketika ingin ganti oli shok depan harus tahu takarannya dan juga jangka waktu masa pergantian oli. Seperti dengan jenisnya sok depan memiliki karakternya masing-masing, dapat ditentukan dari jenis motor itu sendiri dari motor trail,motor drag, motor harian akan ada setingannya sendiri.

Dalam menghasilkan kenyamanan dalam berkendara banyak orang memainkan volume oli sok depan guna mendapat tingkat kenyamanan yang sesuai dengan keinginan. Namun sekali lagi Spbukita.com sampaikan jika cara ganti oli shockbreaker harus ketahui dulu volumenya agar hasilnya sesuai dengan yang di inginkan. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, maka simak ulasan berikut ini.

Cara Ganti Oli Shockbreaker Motor Beserta Takarannya

Cara Ganti Oli Shockbreaker Motor Beserta Takarannya

Ketika sok depan mulai tidak terasa nyaman, anda jangan ambil kesimpulan jika oli sok sudah kotor atau lainnya. Pastikan terlebih dahulu apakah seal sok depan masih bagus atau udah bocor, karena kebanyakan permasalah pada bagian ini sering kali karena seal-nya. Akan tetapi jika olinya yang bermasalah tetap seal sok harus diganti juga, agar nantinya tidak bolak balik bongkar sok depan motor.

Takaran Oli Shockbreaker

Takaran Oli Shockbreaker

Pada awal pembahasan juga sudah kami sampaikan kepada anda semuanya, jika dalam mengganti oli shockbreaker juga harus ganti seal. Hal tersebut guna untuk memberikan hasil terbaik setelah oli dan seal diganti, lalu berapa banyak takaran yang harus diganti pada oli sok motor. Dalam takaran oli biasanya akan di lihat dari jenis motor itu sendiri, karena masing-masing jenis memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk jenis motor bebek mulai dari kelas 125 cc hingga 110 cc memiliki ukuran sok depan  yang sama, untuk takaran olinya kisaran 50 ML  sampai 70 ML. Sedangkan untuk motor matic dengan kapasitas mesin dibawah 125 cc memiliki takaran sekitar 70 ML sampai 75 ML. Sedangkan untuk takaran motor sport atau motor trail 80 ML sampai 150 ML dan bahkan ada yang lebih.

Cara Ganti Oli Shockbreaker Motor

Cara Ganti Oli Shockbreaker Motor

1. Pastikan terlebih dahulu jika semua peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia semua mulai dari kunci-kunci yang dibutuhkan berikut dengan oli serta seal

2. Jika sudah siap semuanya, maka langkah selanjutnya lepas beberapa bagin kiranya mengganngu dalam pelepasan sok depan motor anda

3. Selanjutnya tinggal lepaskan sok depan dari rajawali motor, karena akan lebih mudah jika sudah terlepas

4. Kemudian tinggal lepaskan saja tutup sok depan pada bagin bawah, lalu tarik saja per sockbreaker

5. Jika sudah terlepas bisa anda bersihkan dengan media apa saja yang bersih pastinya

6. Apabila beberapa bagain pada sok sudah dibersihkan, maka langkah selanjutnya tinggal pasang kembali semua part

7. Jika sudah berhasil dipasang dengan benar, maka selanjutnya tinggal masukan oli sok lewat tutup dibagian bawah

8. Sebelum dipasang kembali, sebaiknya cek dulu tingkat ke nyamanan sesuai dengan keinginan anda

9. Jika sudah dirasa sudah sesuai maka tinggal pasang lagi dan pastikan semua sudah beres semuanya

Kira-kira seperti itulah kurang lebihnya, dalam cara ganti oli sockbreaker motor seperti kami sebutkan diatas cukup mudah. Kalian semua cukup persiapkan saja peralatan yang dibutuhkan dari kunci-kunci hingga oli maupun seal sok motor. Dalam pergantian oli sok tidak jauh berbeda dengan cara setel rem cakram depan, dimana sama-sama ada olinya.

Nah itulah informasi pada kesempatan kali ini, dimana dalam proses pergantian oli sok depan harus sesuaikan dengan takarannya masing-masing. Sebelum kalian pasang kembali pastikan sudah sesuaikan terlebih dahulu, demikian informasi dari Spbukita.com kali ini dan semoga saja dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger