7 Cara Charger Aki Kering 12 Volt : Mudah & Cepat

Cara Charger Aki Kering 12 Volt

Cara Charger Aki Kering 12 Volt – Pada sebuah kendaraan sebuah Aki memiliki peranan sangat penting, sebab aki menjadi sumber daya yang dibutuhkan semua sistem kelistrikan kendaraan. Kondisi aki lemah/menurun atau bahkan rusak bisa mengakibatkan timbulnya berbagai masalah.

Kondisi aki sudah tidak normal lagi atau sudah menurun kualitasnya bisa dilihat melalui berbagai gejala yang dialami sebuah kendaraan, diantaranya seperti lampu instrument cluster nyalanya tidak normal seperti biasanya/redup, mesin pada posisi langsam putaranya tidak stabil (naik turun) bahkan pada kondisi tertentu kendaraan tidak bisa distarter.

Jika sudah begitu maka tentunya kenyamanan dalam berkendara menjadi terganggu, maka dari itulah sangat penteng untuk mengetahui kondisinya setiap saat dengan cara melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Untuk mengecek kondisi aki bisa menggunakan multitester maupun alat ukur lainnya yang ada untuk memastikan tegangannya tidak menurun.

Sesuai judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi cara cas aki kering 12 volt. Kebanyakan orang mengetahui bahwa pengecasan hanya bisa dilakukan pada aki basah saja, namun sebenarnya aki keringpun bisa dilakukan pengecasan, penasaran dengan caranya? Nah untuk yang penasaran atau ingin mengetahui cara charger aki kering, simak ulasan dari Spbukita tentang cara charger aki kering 12 volt berikut ini.

Cara Charger Aki Kering 12 Volt

Cara Charger Aki Kering 12 Volt.

Berikut merupakan langkah-langkah atau cara cas aki kering 12 volt, dimana bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam melakukan pekerjaan mengecas aki kering sendiri. Adapun langkah-langkah cara charger aki kering adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Sumber Listrik Stabil

Kenapa sumber listrik harus stabil, sebab ada beberapa alat charger aki yang ketika sumber listrik mati maka proses charger aki kering 12 Volt akan diulang dari awal. Jadi pastikan selama kurang lebih 6-7 jam sumber listrik tetap stabil (tidak mati listrik).

2. Siapkan Aki Kering 12 Volt Yang Akan di Charger da Alat Charger

Langkah atau cara selanjutnya yaitu menyapkan alat charger berikut aki kering 12 volt yang akan di charger. Kemudian jangan lupa pula untuk memastikan lokasi/ tempat mengecas aki tepat, seperti jauh dari jangkauan anak-anak, tempat pengecasan aki kering atau terhindar dari cipratan air meskipun beberapa produsen aki mengklaim bahwa produknya tahan air (water resistant).

3. Menghubungkan Kabel Charger ke Aki Kering 12 Volt

Kemudian langkah atau cara selanjutnya yaitu menghubungkan kabel charger ke aki kering, dan pastikan tidak terbalik (hubungkan sesuai dengan terminalnya) yaitu kabel warna merah pada terminal positif (+) aki dan kabel hitam pada terminal negatif (-). Sangat penting untuk tidak terbalik dalam menghubungakn kabel charger ke aki, sebab terbalik bisa menyebabkan terjadinya korsleting (short circuit).

4. Charger Aki Kering 12 Volt Memakai Daya Yang Sesuai

Untuk aki kering 12 volt dengan daya 4,2 ampere tidak perlu menggunakan daya besar, cukup hanya dengan daya 2 ampere. Meskipun cenderung lama proses pengisiannya, namun itu lebih baik dari pada menggunakan daya besar namun nantinya aki jadi cepat rusak.

5. Cabut Kabel Charger Ketika Sudah Selesai Mengecas

Pada alat charger aki yang dibeli jadi, biasanya terdapat lampu indikator khusus sebagai penanda bahwa proses pengecasan aki telah selesai/penuh. Namun berbeda jika alat pengecas aki merupakan buatan/rakitan sendiri, dimana untuk mengecek level pengisian biasanya dengan menyentuh bagian samping dari aki.

Penyebab Aki Kering 12 Volt Lemah

Penyebab Aki Kering 12 Volt Lemah

Kondisi aki menurun atau lemah bisa bermacam-macam, namun paling umum biasanya karena kendaraan jarang digunakan atau dipanaskan. Kendaraan tidak digunakan berati mesin tidak berputar, sedangkan pasokan listrik yang dibutuhkan aki berasal dari mesin yang berputar, jadi jika kendaraan jarang/tidak digunakan maka aki tidak mendapatkan pasokan listrik, sedangkan sebuah aki tentunya akan mengalami discharge.

Sebagai informasi memanaskan kendaraan (tanpa menjalankanya) memang menjadi salah satu solusi, namun hal tersebut efeknya tidaklah sebanding/sebesar jika kendaraan digunakan untuk berkendara. Sebuah aki motor 12 volt akan mendapat pasokan listrik ideal jika digunakan untuk berkendara dengan jarak tempuh minimal 40 km.

Tips Memilih Charger Aki

Tips Memilih Charger Aki

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah alat charger aki, ada beberapa hal perlu diperhatikan mengenai alat charger akiyang cocok/sesuai dengan kebutuhan sehingga proses pengecasan aki sendiri bisa berjalan dengan lancar, benar dan berhasil :

  • Memperhatikan nilai ampere pada aki, pakai alat charger aki dengan nilai ampere pengecasan minimal 10% dari nilai ampere aki
  • Memperhatikan nilai tegangan, jika aki yang dicharger memiliki tegangan 12 volt maka alat charger yang digunakan juga harus bertegangan 12 volt juga
  • Memperhatikan posisi pemasangan kabel charger pada aki, pastikan tidak terbalik
  • Menggunakan alat charger sesuai dengan prosedur penggunaan yang ada pada buku petunjuk.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara charger aki kering 12 volt yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *