Busi Motor Basah ? Penyebab & Cara Mengatasinya 2020

Busi motor menjadi salah satu komponen kelistrikan dengan fungsi untuk menghasilkan percikan api didalam pembakaran. Dari setiap komponen didalam busi memiliki fungsinya masing-masing, sehingga mampu mengalirkan listrik kedalam pembakaran. Busi motor dapat tidak bekerja apabila busi motor basah, sehingga proses pembakaran tidak sempurna.

Pada kesempatan sebelumnya memang sudah sempat kami sampaikan kepada anda semuanya jika fungsi busi sebagai pengubah tegangan listrik menjadi percikan api. Nah ini menjadi salah satu penyebab motor tidak bisa hidup karena basah, adapun beberapa penyebab kenapa bisa basah. Maka dari itu kita harus mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya seperti informasi dari spbukita.com berikut ini.

Penyebab Busi Motor Basah & Cara Mengatasinya

Penyebab Busi Motor Basah

Sebelum anda marah-marah tidak jelas karena busi motor basah, sebaiknya ketahui dulu apa penyebabnya kenapa busi bisa basah. Jika semua komponen berfungsi dengan sempurna, maka kejadian busi basah tidak akan terjadi. Dari sini kita bisa lihat jika terjadi hal demikian, maka secara realita ada salah satu komponen yang rusak atau tidak sesuai. Maka dari itu kita harus cari tahu akan penyebabnya.

Penyebab Busi Motor Basah

Penyebab Busi basah

Dalam permasalahan motor tidak bisa hidup karena busi basah, memang menjadi hal wajar bagi kebanyakan motor. Terlebih jika motor sudah berumur pasti hal seperti ini sering terjadi, apalagi jika motor anda merupakan motor 2 tak. Adapun beberapa penyebabnya kenapa bisa begitu, berikut ini beberapa penyebabnya.

Setelan Karburator Tidak Sempurna

Karburator menjadi komponen penyokong bahan bakar untuk pembakaran didalam mesin, apabila karburator tidak sesuai dengan setelan antara bahan bakar dan angin. Maka bisa menyebabkan busa basah, apalagi didalam tabung karbu terdapat air masuk bisa mengakibatkan motor tidak bisa hidup.

Busi Sudah Mulai Rusak

Ada beberapa penyebab kenapa busi pada motor bisa basah, padahal tidak kehujanan dan lainnya. Biasanya hal tersebut dikarenakan busi motor memang tidak bagus kualitasnya atau bahkan sudah mulai rusak sehingga percikan api yang dhasilkan tidak sempurna. Nah ini menjadi penyebab motor sering masalah.

Seal Katup Rusak/Bocor

Jika penyebabnya di dalam mesin, anda perlu curiga dengan seal katup maupun juga klep, karena bagian ini memiliki fungsi sangat vital sekali. Apabila terjadi kebocoran, maka proses pembakaran tidak sempurna dan busi motor selalunya basah walaupun sudah dibersihkan. Jika ini titik permasalahan, maka harus segera diatasi sebelum tambah parah.

Ruang Pembakaran Kemasukan Air

Kemungkinan busi menjadi basah selanjutnya bisa disebabkan karena ruang pembakaran kemasukan air. Hal ini bisa terjadi jika motor sering kehujanan, karburator arang dibersihkan dan lainnya. Meskipun hanya sedikit air saja, tetapi mampu menyebabkan busi menjadi basah.

Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Cara Mengatasi Busi Basah

Dalam kasus seperti ini ada beberapa tips bisa kalian gunakan dalam mengatasi busi basah, dari sekian tips atau cara yang akan kami sampaikan terbilang mudah. Namun jika permasalahan didalam mesin, agak sedikit lumayan untuk atasinya. Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasinya :

  • Apabila penyebabnya karena kualitas busi tidak bagus maka bisa ambil langkah cukup bersihkan saja dan jika tidak berhasil juga. Maka kalian bisa mengganti dengan busi baru, cara ini merupakan cara alternatif apabila titik permasalahan pada businya.
  • Namun berbeda cerita jika pokok permasalahan didalam mesin, maka mau tidak mau harus membongkar cop mesin bagian depan. Hanya saja cara ini harus memerlukan peralatan lengkap, pasalnya akan ada cukup banyak komponen harus dilepas.
  • Untuk mencegah tidak terjadi busi motoor tidak basah sangat mudah sekali, kalian cukup lakukan saja service secara rutin saja setiap bulan. Pastinya kejadian tersebut tidak terjadi lagi pada motor anda semuanya

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, dimana ada bebeberapa penyebab dan cara mengatasi busi motor basah. Sebelum ambil tindakan dalam hal ini, pastikan terlebih dahulu apa penyebabnya. Mungkin cukup sekian informasi kali ini dan semoga saja artikel seperti diatas dapat berguna bagi anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger