Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Biaya Pemasangan Sunroof Mobil, Mahal ?

Biaya Pemasangan Sunroof Mobil

Biaya Pemasangan Sunroof Mobil – Modifikasi simple namun menambah kesan mewah, mungkin bisa aplikasikan pada penambahan sunroof pada mobil anda. Pemasangan Sunroof mobil bagi sebagian orang, mampu meningkatkan estetika sebuah kendaraan.

Sunroof adalah bagian tambahan pada interior kendaraan anda, umumnya sunroof di pasang pada bagian atas ataupun atap kendaraan. Beberapa tipe kendaraan memiliki sunroof dengan bawaan pabrik, namun tidak sedikit juga yang menambahkannya sendiri.

Biaya pemasangan sunroof mobil tentunya, namun buat penggila otomotif, biaya tidak akan menjadi masalah hanya sekedar meningkatkan esteika kendaraan kesayangannya. Biaya pemasangan sunroof di taksir mencapai belasan hingga puluhan juta tergantyung dengan jenis mobilnya.

Buat anda yang ingin memodifikasi mobil anda, nampaknya anda harus siap mengeluarkan kocek cukup banyak. Berikut spbukita.com akan merangkum informasi tentang biaya pemasangan sunroof mobil.

Biaya Pemasangan Sunroof Mobil

Biaya Pemasangan Sunroof Mobil

Fungsi Sunroof

Sunroof merupakan salah satu fitur tambahan pada sebuah kendaraan-kendaraan di negara-negara dengan memiliki 4 musim seperti negara-negara di eropa, namun seiring perkembangannya ketertarikan pada fitur sunroof lebih di karenakan sisi elegannya, berikut fungsi pemasangan sunroof pada sebuah mobil.

  • Menurunkan Suhu Mobil

Selain Air Conditioner, pemasangan sunroof pada sebuah kendaraan juga mampu menurunkan suhu dalam kabin mobil anda.

  • Mengurangi Aroma Tak Sedap Pada Mobil

Selain menjadi panambah estetika kendaraan, fungsi sunroof juga sangat mampu mengurangi aroma tak sedap di dalam mobil. Hal ini di karenakan sunroof mobil mampu memberikan sirkulasi udara pada mobil anda, sehingga mampu mengatasi bau di dalam mobil.

  • Melihat Pemandangan Secara Langsung

Seolah menjadi fungsi utama pemasangan sunroof, untuk melihat view dari atas kendaraan secara langsung, tentunya hal tersebut akan mendatangkan kepuasan untuk pemilik mobil.

Jenis Sunroof Mobil

Biaya pemasangan Sunroof memang sangat mahal, selain memiliki perbedaan di setiap jenisnya, sunroof juga di bagi menjadi beberapa jenis dengan cara kerja berbeda. Berikut berbagai jenis Sunroof di bagi dari mekanisme dan cara kerjanya.

1. Sunroof

Sunroof

Sunroof adalah sebuah panel kaca, dengan mekanisme kerja pembukaan dan menutup slide- out di atas atap kendaaraan. Merek-merek mobil seperti Kia Rio, Pajero sport dan juga Forf EcoSport telah menggunakan fitur sunroof.

2. Moonroof

Moonroof

Untuk jenis berikutnya adalah moonroof, cara kerjanya hampir mirip dengan sunroof . Mekanisme gerak membukanya slide -in ke dalam atap mobil. Di Indonesia sendiri, masih jarang di temui di Indonesia.

3. Pop-Out Sunroof

Pop Out Sunroof

Jenis Sunroof berikut ini adalah sebuah panel bisa di buka dengan satu sisi saja, yakni terbuka secara miring. Pop-out Sunroof bisa menggunakan bahan kaca ataupun plat bodi, di Indonesia sendiri jenis tersebut sudah terpasang di Toyota Alphard.

4. Panoramic Roof

Panoramic Roof

Jenis Sunroof selanjutnya, biasanya terpasang pada mobil-mobil besar, karena hampir pemasangan Panoramic Roof hampir menyeluruh, sampai dengan baris ke dua tempat duduknya. Sejauh ini Marcedes-Benz C-Class sudah menggunakan sunroof Panoramic Roof.

5. Panoramic Sunroof

Panoramic Sunroof

Berikutnya ada Panoramic Sunroof, sunroof jenis ini, belakangan menjadi tren di kalangan pecinta otomotif, tanah air. Fiturnyapun hampir mirip dengan Panoramic Roof. Perbedaan terletak di panel kaca, Panoramic Sunroof bisa di buka, sejauh ini fitur tersebut sudah melekat pada mobil pabrikan Honda yakni Honda CR-V dan juga Marcedes Benz E-Class.

6. Panoramic Moonroof

Panaramic Moonroof

Panoramic Moonroof, yah bisa di bilang mirip seperti panoramic sunroof. Perbedaannya adalah jenis tersebut memiliki panel kaca terbuka slide-in ke dalam mobil.

Kelebihan Sunroof Mobil

Ide memodifikasi kendaraaan dan memasang fitur sunroof banyak di lakukan para pemilik mobil yang mobilnya belum memiliki fitur sunroof. Hal tersebut di karenakan kelebihan dari segi style yang mungkin menjadi perhitungan, meskipun harus mengeluarkan cenderung biaya mahal. Berikut kelebihan lain dari fitur Sunroof.

  • Meningkatkan sisi elegant sebuah kendaraan.
  • Pengendara dapat menikmati udara bebas.
  • Pengendara dan penumpang dapat menikmati view indah.

Kekurangan Sunroof Mobil

Memodifikasi mobil dengan penambahan Sunroof mobil memakan biaya, bukan tanpa kekukarangan. Berikut kekurangan fitur Sunroof pada sebuah mobil.

  • Bagi anda yang berada di iklim tropis, penggunaan sunroof tidak memiliki dampak besar secara kegunaan dan fungsi.
  • Hanya bermanfaat dalam kondisi tertentu misalnya, ketika musim hujan tidak mungkin menggunakan sunroof, dan jika dalam kondisi panas lebih baik menghidupkan KOMPONEN AC, memungkinkan penggunaan sunroof saat kondisi cuaca sedang cerah dan kondisi jalan tidak polusi.
  • Memiliki pengaruh terhadap bahan bakar, hal tersebut di karenakan sunroof memiliki bobot atau beban 25 kg sampai 35 kg.
  • Ada kemungkinan bocor saat kondisi hujan dan saat kendaraan di cuci.
  • Dari sisi perawatan juga memakan biaya mahal.

Biaya Pemasangan Sunroof Mobil

Kisaran Biaya Pemasangan Sunroof Mobil

Lalu berapakah biaya pemasangan sunroof pada sebuah mobil, tingkat kesulitan memodifikasi bagian atap mobil seperti penambahan fitur sunroof memang sangat sulit, sehingga biaya atau banderol jasa harus di bayarkan begitu sangat mahal. Berikut biaya pemasangan sunroof mobil terbaru.

Jenis SunroofBiaya Perkiraan
Mobil Produksi Jepang15 Jutaan
Mobil Produksi Eropa18 Jutaan sampai 25 Jutaan
Panoramic Roof35 Jutaan

Biaya pemasangan sunroof untuk mobil produksi jepang dan eropa memang memiliki perbedaan cukup jauh, hal tersebut di karenakan mobil eropa tidak menggunakan sunroof melainkan moonroof.

Namun jika pengguna kendaraan menginginkan jenis lebih ekstrim bisa menggunakan Panoramic roof dengan biaya mencapai 35 juta rupiah. Di karenakan Panoramic roof lebih besar dan harus di sesuaikan dengan konstruksi pada mobilnya.

Akhir Kata

Pertimbangan dari sisi aspek atau kebutuhan kendaraan memang berbeda-beda, namun untuk pecinta modifikasi mungkin besar biaya untuk penambahan fitur sunroof tidak menjadi masalah tentunya. Jadi apakah anda tertarik memodifikasi kendaraan kesayangan anda dengan fitur sunroof?

Demikian yang dapat spbukita.com sampaikan mengenai biaya pemasangan sunroof mobil. Semoga apa yang kami informsikan bermanfaat untuk anda yang sedang mempertimbangakan modifikasi mobil dengan sunroof.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak, Praktis &…

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak – Menghidupkan mobil yang akinya soak memang membutuhkan extra kesabaran, terlebih saat sedang di keramaian seperti di jalanan,...
Abdullah Ginanjar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *