Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Biaya Ganti Selenoid Matic : Semua Merk Mobil

Biaya Ganti Selenoid Matic 1

Biaya Ganti Selenoid Matic – Memilih jenis mobil dengan transmisi manual dan matic memang selalu dihadapkan dengan kenyamanan berkendara serta tentunya biaya perawatan. Mengendarai mobil matic atau bertransmisi otomatis memang jauh dari rasa capek dan stres, hal tersebut tentunya karena mengendarai mobil matic jauh lebih nyaman dari mobil bertransmisi manual.

Teknologi perpindahan gigi otomatis ataupun manual (manual-matic) pada transmisi otomatis memudahkan pengemudi dalam mengendalikan atau mengendarai mobil, apalagi bagi orang yang tinggalnya di kota-kota besar dimana kondisi jalanannya padat dan sering macet.

Dibandingkan dengan mobil manual,dalam hal pemeliharaan dan perbaikan biasanya akan sedikit lebih mahal, sebab pada kendaraan matic memiliki lebih banyak bagian serta fungsi yang jauh lebih kompleks. Namun sebenarnya semua itu tergantung pemilik kendaraan itu sendiri mengenai bagaimana cara mengemudi serta melakukan perawatan rutinya.

Biaya perbaikan transmisi otomatis kendaraan matic biasanya sekitar 2-3 jutaan per unit transmisi, biaya tersebut merupakan gambaran perkiraan biaya perbaikan transmisi otomatis dalam kondisi kerusakan wajar. Artinya rusak akibat usia pakai, bukan kerusakan karena kegagalan kerja komponen akibat pemakaian transmisi yang tidak sewajarnya.

Biaya Ganti Selenoid Matic

Biaya Ganti Selenoid Matic.

Mengeluarkan biaya untuk overhaul atau bongkar total transmisi berkisar antara 2 juta hingga 3 jutaan untuk ongkos jasa, biaya tersebut akan sebanding dengan kenyamanan yang didapat setelah mengendarai mobil matic hingga 100 ribu kilo meter jarak tempuhnya.

Biaya tersebut belum termasuk jaminan garansi atau selesainya perbaikan kendaraan. Pada kasus-kasus tertentu bisa akan mengeluarkan biaya lebih karena harus ganti komponen yang diperlukan, misalkan selenoid. Besarnya tambahan biaya ganti selenoid matic akan disesuaikan dengan harga komponen selenoid matic tersebut, Dimana harga selenoid matic sendiri tiap-tiap merk atau brand kendaraan berbeda beda, yaitu kisaran 500 hingga 2 jutaan tergantung merk mobilnya. Jadi dengan biaya jasa service ditambah biaya ganti selenoid matic, total biaya dibutuhkan yaitu sekitar kurang lebihnya 3 sampai 4 jutaan, sekali lagi hal tersebut tentunya tergantung dari merk kendaraan matic nya.

Utuk itu pilihan paket hemat overhaul transmisi matic sangat disarankan, sebab paket tersebut bisa menghemat biaya total overhaul plus biaya ganti selenoid matic hingga kisaran 2-3 jutaan saja. Jika kendaraan sudah menginjak 8-10 tahun, biaya perbaikan ganti selenoid matic bisa mencapai 4-5 jutaan. Biaya overhaul dan ganti selenoid matic sebesar 4-5 jutaan untuk jarak 100 ribu km tidak berlaku bagi kendaraan matic yang memiliki volume mesin besar dan juga perbaikan yang dilakukan di bengkel resmi.

Ganti Selenoid Matic

Ganti Selenoid Matic

Selenoid matic pada sistem transmisi memungkinkan untuk memindahkan transmisi ketika kendaraan di rem, shift interlock selenoid memastikan tidak dapat memindahkan transmisi tertentu tanpa menginjak rem terlebih dulu. Beberapa perpindahan transmisi harus menginjak rem terlebih dahulu yaitu perpindahan dari gigi P ke D dan R, kemudian dari gigi N ke R dan gigi R ke P.

Pada saat rem diinjak selenoid matic menerima sinyal yang akan melepaskan kunci mekanis dan memungkinkan transmisi untuk pindah. Perawatan selenoid sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sebab tidak membutuhkan perawatan rutin. Namun seiring waktu pastinya akan muncul masalah pada selenoid matic. Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai selenoid matic :

  1. Adanya masalah pada komponen transmisi terkadang dapat menimbulkan gejala yang sama dengan masalah pada selenoid matic.
  2. Pada saat release button shifter dilepas dan dapat digerakan, hal tersebut kemungkinan interlock selenoid matic bermasalah/rusak
  3. Biaya ganti selenoid matic dan perbaikan memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung jenis mobil
  4. Kerusakan pada selenoid matic memang tidak menimbulkan masalah keamanan serius, namun akibat kerusakan tersebut mobil bisa saja tidak bisa digunakan sama sekali.

Selenoid matic tidak memerlukan maintenance dan perawatan, sebab komponen ini dibuat agar bertahan sepanjang umur mobil, tetapi jika tuas transmisi tidak bisa dipindahkan bisa jadi terjadi masalah pada selenoid matic. Segeralah lakukan pengecekan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti selenoid matic yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *