Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi 2021

Biaya Ganti Oli Mobil

Biaya Ganti Oli Mobil – Perawatan mobil sejatinya menjadi hal yang penting di perhatikan untuk para pengendara. Apa lagi untuk bagian mesin yang memerlukan perhatian khusus, pasalnya jika lalai untuk merawatnya mesin tidak akan berfungsi maksimal sebagaimana mestinya dan juga di khawatirkan terjadi kerusakan.

Kelangsungan hidup sebuah kendaraan bisa di bilang bergantung pada satu komponen pelumas bernama oli, oli merupakan salah satu komponen penting pada mesin untuk meredam gesekan antar komponen mesin. Untuk itu pengguna kendaraan bermotor harus memperhatikan serta pergantiannya harus selalu rutin di lakukan.

Biaya ganti mesin mobil pada umumnya terjangkau, hanya saja memerlukan perhatian khusus para pengguna kendaraan bermotor, pasalnya seiring dengan seringnya mesin bergerak maka kualitas pelumas akan semakin menurun dan fungsinya untuk kinerja mesin akan terasa tidak maksmial.

Untuk mengganti oli mesin mobil juga perlu di cermati, karena jika salah memilih pelumas, juga akan menimbulkan kerusakan pada mesin mobil. Tidak dapat di tolak jika berbagai macam jenis kendaraan memang memiliki kecocokan untuk jenis-jenis oli tertentu, jadi memang anda harus cermat memilih oli apa yang cocok untuk kendaraan anda.

Biaya Ganti Oli Mobil

Biaya Ganti Oli Mobil

Kemungkinan terburuk jika oli mobil telat untuk di ganti, maka kendaraan maka komponen di dalam mesin mobil akan mengalami kerusakan, untuk itu mengganti oli mobil memang menjadi rutinitas wajib pada setiap pemiliki kendaraan agar performa mesin terjaga sesuai dengan standartnya.

Fungsi Oli Mobil

Oli memiliki peranan yang begitu pada sebuah kendaraan, pasalnya keberadaannya sangat di perlukan untuk menundukung kinerja mesin agar performanya juga terjaga dengan baik, berikut ini adalah berbagai fungsi oli mobil pada mesin mobil.

1. Sebagai Pelumas Mesin

Seperti yang kita tau, oli merupakan komponen pada sebuah kendaraan, keberadaan oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas pada mesin untuk meminimalisir gesekan yang terjadi saat mesin bergerak. Seiring dengan seringnya mesin bergerak maka kualitas oli sebagai pelumas akan semakin menurun, maka harus secara rutin untuk di ganti.

2. Perapat Antar Komponen

Fungsi berikutnya adalah sebagai perapat antar komponen, saat mesin bergerak oli akan membentuk lapisan yang akan menutup celah antar komponen. Proses ini terjadi di dalam mesin ketika silinder dan ring piston bergerak akan menghasilkan tenaga, oli akan menutup celah kedua komponen tersebut sehingga sistem pembakaran yang di hasilkan tidak bocor.

3. Berfungsi Sebagai Pembersih

Gesekan-gesekan yang terjadi di dalam mesin sering kali menghasilkan endapan partikel logam dan sisa karbon yang menempel pada dinding mesin, kinerja oli membungkus partikel tersebut kemudian akan di saring melalui filter. Dengan fungsinya sebagai pembungkus maka oli akan mengalami penurunan kualitas dan cenderung kotor karena telah bercampur dengan partikel logam dan sisa karbon.

4. Penyerap dan Pengatur Suhu Mesin

Proses pembakaran dalam mesin mobil akan menghasilkan panas yang selanjutnya berubah menjadi tenaga. Fungsi oli mesin dalam proses ini juga untuk mengatur temperatur suhu dengan cara menyerap panas yang biasanya piston, metal dan juga dinding silinder.

5. Mencegah Komponen Mesin Berkarat

Fungsi oli berikutnya adalah untuk mencegah karatan pada setiap komponen yang ada di dalam mesin. Komponen yang berkarat akan terjadi karena oksidasi yang berpotensi membuat komponen berkarat, oli berperan untuk menutup permukan metal sehingga meminimalisir terjadinya karatan.

6. Meningkatkan Performa Mesin

Performa prima pada mesin tidak lepas dari peran penting pelumas bernama oli, pemilihan oli yang tepat akan untuk kendaraan anda akan meningkatkan kinerja mesin karena tenaga serta torsi yang di hasilkan akan maksimal. Untuk itu pilihlah oli yang terbaik untuk kendaraan anda, agar performa mesin kendaraan anda juga tetap terjaga.

Cara Kerja Oli Mobil

Cara Kerja Oli Mesin Mobil

Memiliki fungsi utama sebagai media pelumas, oli memiliki peranan penting pada mesin mobil beroprasi. Komponen-komponen yang ada dalam mesin mobil akan saling bergesekan yang akan menghasilkan panas, berikut ini ulasan secara detail tentang bagaimana peranan oli pada mesin mobil.

  • Saat mesin sedang tidak bergerak maka oli akan tertampung pada bak oli yang terletak pada bagian bawah mesin mobil.
  • Ketika mesin mobil menyala, prosesnya akan di awali dari poros engkol yang akan memutar pompa oli yang mengakibatkan terjadinya sedotan yang terdapat pada bagian inlet hose oil pump.
  • Selanjutnya oli akan masuk kedalam pompa melalui inlet valve.
  • Kemudian oli akan yang mengalami tekanan oleh pompa oli, akan di alirkan kedalam filter oli.
  • Setelah berada dalam filter oli, di sinilah oli akan di saring dan di pisahkan dengan berbagai kotoran seperti partikel logam dan kerak.
  • Setelah mengalami proses penyaringan, kemudian oli akan di salurkan melalui oli feed yang akan di teruskan pada bagian atas mesin dan juga pada bagian oil jet.
  • Oli yang terdapat pada bagian atas akan secara otomatis menyebar melumasi komponen mesin.
  • Setelah itu oli akan di keluarkan melalui oil jet yang terdapat pada bagian bawah silinder untuk kemudian melumasi komponen piston dan juga conecting road.
  • Kemudian beralih pada bagian poros engkol oli akan di sebar melalui komponen bernama weight balance, komponen yang bertugas menyebarkan oli keseluruh bagian mesin pada saat poros engkol berputar.

Ciri-Ciri Oli Mobil Kualitasnya Menurun

Ciri Ciri Oli Mobil Kualitasnya Menurun

Salah satu perawatan sederhana pada sebuah kendaraan adalah secara rutin mengganti oli mobil, meski biaya ganti oli mobil masih tergolong terjangkau, kenyataannya masih banyak pengguna kendaraan yang kurang memperhatikannya tak jarang benyak mesin mobil yang mengalami kerusakan, untuk itu kenali ciri-ciri oli mobil perlu di ganti.

  • Indikator oli mesin mobil menyala.
  • Mobil akan terasa kasar saat di hidupkan.
  • Oli mesin akan berwarna hitam karena tercampur dengan endapan logam.
  • Saat mobil di hidupkan asap mobil akan berwarna hitam.
  • Mesin mobil tidak responsif dan cenderung tidak bertenaga.

Biaya Ganti Oli Mobil

Biaya Ganti Oli Mobil Terbaru

Ada baiknya untuk mengganti oli mobil di lakukan di bengkel resmi, hal ini di anjurkan jika anda tidak yakin untuk menggantinya sendiri, memang biaya ganti oli mobil bisa di hemat jika di lakukan secara mandiri, namun jika di lakukan di bengkel bisa juga di lakukan pengecekan berkala untuk semua bagian inti dari sebuah kendaraan.

Biaya ganti oli mobil di bengkel resmi dan bengkel umum memang akan di kenakan tarif yang lebih mahal, mengingat di dalamnya juga kemungkinan besar memuat biaya jasa serta harga olinya itu sendiri.

Biaya ganti oli mobil di bengkel resmi untuk mobil Toyota bertarif antara Rp.300 ribu sampai dengan Rp. 500 ribu kemudian biaya menguras oli berkisar antara Rp. 590.000 sampai dengan Rp. 708.000 untuk kapasitas 10 sampai dengan 12 liter. Sementara biaya tersebut juga berlaku untuk mobil di kelas yang sama.

Selanjutnya untuk Inova kemungkinan besar biaya untuk mengganti olinya, anda akan di kenakan tarif Rp.360 ribu untuk satu kemasan, dan untuk 4 liter biayanya di perkirakan mencapai Rp.92.500. Secara arti luas pergantian oli mobil bisa di lakukan secara mandiri karena memang prosesnya yang tidak terlaku sulit.

Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Mobil

Waktu Yang Tepat Ganti Kopling Mobil

Sama seperti seperti artikel sebelumnya yang memuat tentang BIAYA GANTI KAMPAS KOPLING MOBIL untuk waktu penggantian juga kebanyakan pengguna kendaraan menggunakan ukuran jarak tempuh sebagai patokan, namun jika tidak bersumber dari itu saja, anda perlu mengenali ciri-ciri oli mobil harus segera di ganti.

Untuk pemakaian umum sebuah kendaraan harus mengganti oli setelah jarak tempuhnya sudah bertambah 5000 sampai dengan 10.000 kilometer, kalau pemakaian umum di hitung dari segi waktu, kemungkinan waktunya bisa antara empat bulan sampai enam bulan sekali oli mobil harus segera di ganti.

Antisipasi untuk menjaga performa mesin tetap prima, setidaknya menjadi perhatian yang wajib dari setiap pengendara. Salah satunya dengan cara mengganti oli mobil sebagai perawatan berkala yang cukup sederhana, karena jika sampai telat untuk menggantinya, kinerja mesin mobil tidak akan impresif dan memiliki potensi kerusakan yang parah.

Demikian yang dapat spbukita.com sampaikan mengenai Biaya Ganti Oli Mobil terbaru yang mungkin menjadi informasi penting untuk anda. Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yang telah tersedia di bawah ini.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger