Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil di Bengkel Resmi 2021

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil – Penting untuk di cermati untuk kalangan pengendara tentang performa mobil yang sering kali tidak maksimal. Bukan selalunya berfokus pada kekuatan mesin mobil, namun bisa juga di sebabkan oleh menipisnya kampas kopling pada sebuah mobil yang sering kali luput dari perhatian.

Kali ini spbukita.com akan mengupasnya secara detail tentang bagian tidak kalah penting dari sebuah kendaraan yakni kampas kopling mobil. Pengguna kendaraan transmisi manual dan automatic sering kali luput untuk memperhatiakan bagian transmisi yang berfungsi untuk pemindah tenaga yang di hasilkan mesin dengan kebutuhan medan.

Clutch disc menjadi istilah lain dari kampas kopling mobil, untuk pembedanya di jadikan dua tipe, yakni kopling untuk transmisi manual dan juga otomatis. Pengelompokan jenis kampas kopling mobil tersebut bukan tanpa sebab, karena memang di bedakan dengan cara kerjannya juga berbeda, maka dari itu tidak ada salahnya jika pengendara yang bijak memahami tentang bagian tersebut.

Jika kampas kopling menipis, anda perlu menggantinya agar performa kendaraan tetap maksimal, adapun biaya ganti kampas kopling mobil cukup bervariatif tergantung dengan jenis kendaraan yang anda pakai. Namun sebelum membahas tentang biaya ganti kampas kopling mobil, berikut ini adalah beberapa point penting tentang bagian tersebut.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Lalu bagaimana fungsi dari kampas kopling mobil ? cara kerja kampas kopling mobil yakni meneruskan tenaga pada putaran mesin dari poros engkol dan flywheel kemudian di teruskan pada sistem transmisi berikut pada roda belakang saat pelat kopling dan kampas kopling merapat.

Berikutnya putaran mesin yang berpusat pada poros engkol, menuju pada sistem transmisi juga akan terputus saat kopling dan kampas dalam kondisi merenggang. Fungsi penting dalam bagian sebuah kendaraan ini memiliki fungsi dan cara kerja yang lebih dari itu, berikut cara kerja dari kampas kopling mobil.

Cara Kerja Kampas Kopling Mobil

Kampas mobil, sejatinya memerlukan perhatian khusus dari setiap pengendara, karena menyangkut dengan performa mesin saat di kendarai. Pada saat kampas kopling mobil dalam kondisi menipis akan sangat berpengaruh pada kendaraan. Lalu bagai mana cara kerja kampas kopling mobil?

Menyambung dan Memutus Putaran Mesin ke Transmisi

Fungsi utama memang untuk menyambung dan memutus tenaga putar yang di mulai dari mesin yang di teruskan pada sistem transmisi. Secara detail, penyaluran tenaga memiliki proses yang berawal dari mesin yang di salurkan pada sistem transmisi.

Memperhalus Penyaluran Tenaga Mesin ke Transmisi

Cara kerja kampas kopling selanjutnya adalah memperhalus tenaga dari mesin menuju sistem transmisi. Dalam akselerasi sebuah kendaraan mesin akan bergerak cepat dan lambat, yang berbanding terbalik dengan putaran input shaft transmisi, kondisi tersebut memaksa tenaga mesin yang yang tersalurkan akan berubah tiba-tiba.

Perubahan tersebut akan menyebabkan selip yang terjadi pada kampas dan flywheel, dan mengakibatkan penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi akan menurun drastis. Untuk itu adanya kampas kopling bertujuan juga untuk memperhalus tenaga dari mesin dan transmisi secara beraturan dan menjadi halus.

Meredam Getaran

Adanya getaran dan hentakan saat penyaluran tenaga dari mesin pada sistem transmisi juga di antisipasi oleh kampas kopling mobil, bagian pada kampas yang berfungsi untuk meredam ialah torison dumper beserta cushion plate. Kedua bagian kampas kopling ini berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi pada proses penyaluran tenaga mesin pada sistem transmisi.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Menipis

Cara Kerja Kampas Kopling Mobil

Meskipun pemakaian kampas kopling mobil, bisa di kategorikan sebagai komponen kendaraan untuk jangka panjang, tidak ada salahnya juga menjadi perhatian para pengendara. Mengingat biaya ganti kampas kopling mobil yang sangat mahal, pentingnya memperhatikan penggunaannya juga akan membuat anda hemat, berikut ciri-ciri kampas kopling mobil habis.

1. Akselerasi Mobil Tidak Makasimal

Ciri-ciri pertama kampas kopling mobil habis yakni, akselerasi mobil akan kurang maksimal dan cenderung tidak bertenaga. Jika kondisi seperti ini mobil akan tetap masih bisa berjalan, namun akan terdengar suara decitan dan bisa juga mobil tidak akan mampu berjalan namun keadaan mesin tetap menyala.

2. Mengeluarkan Bau Gosong

Berikutnya adalah kampas kopling akan mengeluarkan bau gosong, hal ini di karenakan kondisi kampas yang terlalu sering bergesekan dan mengakibatkan kopling menjadi hangus. Saat kondisi mobil sedang menanjak atau menurun biasanya bau gosong akan semakin terasa.

3. Putaran Pada Mesin Menginggi

Berikutnya kondisi mesin akan mengalami perputaran yang tinggi, namun akselerasinya melemah, hal ini di karenakan permukaan kampas kopling yang begitu licin. Kondisi tersebut juga mempengaruhi kondisi suhu mesin yang tidak terkontrol.

4. Perpindahan Gigi Akan Keras

Kondisi kopling mulai aus juga dapat di rasakan saat memindahkan gigi, pemindah gigi akan begitu keras. Hal ini di sebabkan karena transmisi gigi mobil yang terus berputar. Pada keadaan netralpun perpindahan gigi akan terasa sulit, karena transmisi gigi yang begitu sulit untuk terhubung pada putaran mesin.

5. Kopling Selip

Kondisi kopling sering kali selip juga masuk dalam ciri-ciri kampas kopling mobil harus segera di ganti, kondisi ini mudah sekali di pahami para pengguna kendaraan. Oleh karena itu segeralah periksa kampas kopling mobil anda, karena mengingat biaya ganti kampas kopling mobil yang begitu mahal juga di khawatirkan merusak komponen mobil yang lain.

6. Jarak Penginjak Kopling Lebih Pendek

Selanjutnya kampas kopling yang telah menipis, juga dapat di kenali pada saat anda menginjak pedal kopling yang begitu pendek. Kondisi tersebut akan terasa saat pengendara menginjak pedal dan melepaskan pedal mobil akan mengalami guncangan yang tidak stabil.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Menjaga pemakaian kampas kopling mobil memang sangat di perlukan bagi setiap pengguna kendaraan, salah-salah untuk anda mengeluarkan biaya ganti kampas kopling mobil yang sangat besar. Adapun di bawah ini kami merangkum daftar biaya ganti kampas kopling mobil yang kami dapat dari bengkel resmi.

Tipe mobilDaftar Kisaran Biaya
McLaren 720SRp. 200 jutaan
Nissan Grand LivinaRp. 1,5 jutaan (Bengkel resmi Nissan)
Toyota AvanzaRp. 1,35 Jutaan (Bengkel resmi Toyota)
Suzuki S-CrossRp. 3,5 Jutaan (Bengkel resmi Suzuki)
Suzuki KarimunRp. 900 ribuan (Bengkel resmi Suzuki)
Suzuki ErtigaRp. 1,5 Jutaan (Bengkel resmi Suzuki)
Daihatsu Xenia 1.0 LRp. 1,3 Jutaan (Bengkel resmi Daihatsu)
Daihatsu Xenia 1.3 LRp. 1,7 Jutaan (Bengkel resmi Daihatsu)
Daihatsu TeriosRp. 1,6 Jutaan (Bengkel resmi Daihatsu)
Daihatsu AylaRp. 1 Jutaan (Bengkel resmi Daihatsu)
Honda MobilioRp. 2,7 Jutaan (Bengkel resmi Honda)
Honda BrioRp. 2,7 Jutaan (Bengkel resmi Honda)
Honda HR-VRp. 2,7 Jutaan (Bengkel resmi Honda)
Honda FreedRp. 1,14 Jutaan (Bengkel resmi Honda)

Waktu yang Tepat Ganti Kampas Kopling Mobil

Waktu yang Tepat Ganti Kampas Kopling Mobil

Banyak menjadi pertanyaan sejumlah pengendara mobil, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling mobil. Perlu di cermati tentang tatacara penggunaannya, karena apa bila terlambat untuk mengganti salah satu komponen tersebut, maka biaya untuk memperbaikinya akan semakin membengkak.

Kampas kopling mobil yang telah menipis, akan berpengaruh pada performa mesin, akselerasi mobil akan terasa tidak maksimal saat di kendarai. Anda perlu mencermati angka kilometer sebagai patokan dan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling mobil, untuk pemakaian normal biasaya jarak 20 ribu kilo meter kampas koplig akan habis.

Antisipasi dini dalam untuk mengganti kampas kopling mobil yang telah menipis akan lebih baik, untuk biaya ganti kampas kopling mobil saja sudah termasuk mahal, jadi sebelum kerusakan merambah komponen lain ada baiknya lakukan pengecekan jika telah mengalami gejalanya. Demikian yang dapat spbukita.com sampaikan mengenai biaya ganti kampas kopling mobil, semoga bermanfaat.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *