Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Apa Itu Thermostat, Mari Cari Tahu Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu Thermostat

Apa Itu Thermostat – Thermostat adalah bentuk dari perkembangan teknologi yang banyak di sematkan pada beragam komponen elektrontikal. Tidak hanya itu, Thermostat juga di gunakan di bidang otomotif dalam sistem pendingin.

Berbicara tentang apa itu Thermostat, mari kita cari tahu fungsi berikut cara kerjanya seperti apa. Beberapa peralatan elektronik menyematkan komponen tersebut, sepertihalnya Air Conditioner (AC).

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena komponen tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu. Komponen tersebut juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu secara otomatis.

Penyesuaian suhu tersebut terjadi karena keberadaan kompnen bernama Thermostat. Berikut ini spbukita.com mengajak anda untuk lebih mengenal komponen elektrikal ini.

Apa Itu Thermostat ?

Apa Itu Thermostat

Apa itu Thermostat ? komponen tersebut merupakan sebuah perangkat elektronik berkemampuan memutuskan serta menyambungkan arus listrik saat mendeteksi suhu di sekitarnya dengan penyesesuaian dengan pengaturan yang telah di tentukan.

Istilah Thermostat sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno,memiliki arti thermo ( Panas ) serta statos berarti status quo atau tetap sama. Kedua arti tersebut bila di artikan “menjaga panas tetap sama” . Saat kondisi dingin maka Thermostat akan mendeteksi serta menyalakan pemanasnya sehingga tetap hangat.

Fungsi Thermostat

Fungsinya adalah sebagai pengatur suhu, atau pengatur temperatur. Komponen tersebut juga mampu sebagai pengontrol otomatis kapan saat mesin bekerja serta mesin mati, khusunya untuk perangkat pengendali suhu, berikut beragam fungsinya di berbagai perangkat.

1. Pada AC

Fungsi Thermostat Pada AC

Perangkat tersebut menggunakan Thermostat jenis elektronik, untuk mendeteksi suhu sekitar. Perangkat Ac kemudian akan mengeluarkan output sistem pendingin dengan menyesuaikan suhu dengan cara otomatis, namun jika suhu didalam kondisi rendah maka Thermostat akan memutus aliran listrik di sistem pendinginnya.

2. Pada Lemari Es

Fungsi Thermostat Lemari Es

Apa fungsinya didalam lemari es? komponen tersebut berfungsi untuk mengatur serta mencegah terjadinya pembekuan di kipas evaporator dan membuat aliran udara mengalir secara teratur.

Di perangkat lemari es, kita dapat mengatur sesuai dengan kebutuhannya. Perangkat ini biasanya suhunya tidak menentu, bahkan suhunya dapat di bawah 2 derajat celcius. Dengan kondisi tersebut terjadilah pembekuan, di sinilah peran Thermostat memperbaiki suhunya.

3. Pada Sistem Pendingin Mobil

Fungsi Thermostat Sistem Pendingin Mobil

Komponen tersebut juga memiliki peranan di SISTEM PENDIMGIN KENDARAAN, funsinya sebagai katup tutup serta buka secara otomatis berkemampuan mengontrol sirkulasi di dalamnya.

Kondisi tersebut membuat air panas mesin serta juga air radiator dapat di sesuaikan suhunya, dengan demikian mesin lebih bertenaga tanpa terjadi panas berlebih atau overheat.

Berikut mekanisme kerjanya :

  • Thermostat akan membuka air pendingin secara otomatis saat suhu air pendingin mencapai suhu 85 sampai 90 derajat Celcius.
  • Kemudian valve yang terdapat di Thermostat akan menutupnya kembali saat suhu mulai normal.

4. Pada Majic Com

Fungsi Thermostat Pada Majic Com

Thermostat juga tersemat di majic com, lalu apa fungsinya? keberadaan Thermostat dalam majic com adalah untuk merubah posisi cook ke warming. Bentuknya sendiri terbuat dari magnet dan pegas atau per.

Kondisi magnet harus lebih besar dengan pegasnya sehingga mampuy menekan leaf switchnya. Saat pegas tertekan maka magnetnya akan menempel di metal di dalamnya, hal itu membuat metal panas maka medan magnet akan berkurang serta menjauh.

5. Pada Dispenser

thermostat dispenser

Berikutnya pada dispenser, seperti apa kondisi Thermostat di dalamnya. Thermostat berperan untuk mengatur arus listrik, di mana harus di putus otomatis oleh heater, jika kondisi air dalam tabung bersuhu tinggi.

Selanjutnya komponen tesebut akan mengembalikan aliran listrik ke heater saat suhu dalam tabung suhunya menurun. Sebegai catatan, arus listrik dispenser, thermistornya memiliki banyak ukuran, namun umunya penggunaan suhunya hanya mencapai 85 Derajat Celcius

Jenis Thermostat

Secara umum komponen ini memiliki 2 jenis di bedakan menjadi jenis utamanya. berikut penjelasannya.

  • Jenis Mekanikal

Thermostat Mekanikal adalah jenis perangkat yang memiliki peran sebagai pengatur suhu bertipe Contak Temperature Sensor, tipe ini menggunakan prinsip electro mecanical di sistem kerjanya.

  • Jenis Elektronik

Berikutnya adalah tipe mekanikal, tipe ini biasanya tersemat di komponen-kompone elektronik agar bisa mendeteksi suhu di sekitarnya.

Cara Kerja Thermostat

Cara Kerja Thermostat

Secara umum prinsip kerjanya di sesuaikan dengan jenisnya, berikut ini pembagian sesuai dengan cara atau mekanisme kerjanya.

1. Thermostat Elektronil

Jenis ini menggunakan berbagai komponen elektronik guna mendeteksi perubahan suhu dan sistem penyambung untuk memutus aliran listrik. Tipe elektronik sendiri terdiri dari komponen utama yakni thermistor juga resistor.

Jika thermistor medeteksi tekanan suhu cukup tinggi, maka resistansinya akan berubah secara otomatis, kondisi tersebut membuat rangkaian elektroniknya memutus hubungan arus listrik di sistem pendinginnya berhubungan dengan Thermostat.

Jika kondisinya telah dingin, maka resistansi thermistor akan berubah normal kembali. Hal itu membuat komponen ini akan berfungsi kembali, kondisi tersebut otomatis menyambungkan aliran listrik ke sistem pendingin atau pemanasnya kembali.

2. Thermostat Strip Bimetal

Komponen ini memiliki 2 jenis logam berbeda dan menempel secara bersamaan yang di sebut Bi-Metalic Strip. Kedua logam ini berfungsi untuk menjembatani pemutusan serta penghantar arus listrik di sistem pemanas dan pendinginnya.

Saat posisi normal, strip berfungsi sebagai jembatan selalu dalam kondisi terhubung serta mengalirikan arus listrik. Hal itu membuat rangkaian atau penghubung di dalamnya akan berada dalam posisi on, kondisi tersebut juga membuat strip akan menerima efek panas.

Kemudian logam akan mengembang serta semakin melekuk karena stripnya panas, akhirnya panas tersebut akan memisahkan hubungan strip dengan rangkaiannya, hal ini membuat pemanas serta pendingin tidak dapat asupan listrik.

Saat tidak di aliri listrik, maka komponen ini akan merubah posisinya menjadi off dan akan perlahan dingin kembali. Kemudian logam awal mulanya melekuk kini dapat kembali ke bentuk semula hingga listrik dapat di aliri lagi. Kondisi tersebut akan membuat komponen ini dalam posisi on, kemudian kembali terhubung dengan sistem pendigin juga pemanasnya.

Harga Thermostat

Harga komponen yang memiliki fungsi sebagai sensor pendingin ini sebenarnya cukup bervarisi, tergantung dengan jenis juga perannya dalam rangkaian eletrikal. Namun secara umum harganya di patok antara 50 ribu sampai dan paling mahal 750 ribu.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai rangkuman Apa itu Thermosthat, semoga apa yang kami rangkum, menjadi sumber informasi penting untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *