Apa Itu Regulator : Fungsi dan Komponen Lengkap

Apa Itu Regulator – Dalam dunia teknisi otomotif terdapat banyak istilah yang harus diketahui oleh para teknisi. Dimana salah satunya adalah istilah regulator.

Komponen ini sangat penting untuk dipahami, karena fungsinya cukup kritikal sekali. Regulator banyak digunakan oleh mesin salah satunya adalah mesin mobil.

Regulator sendiri berasal dari kata regulasi yang artinya aturan. Dimana komponen tersebut berfungsi untuk mengatur. Tujuannya supaya pengaturan lebih stabil.

Sama seperti artikel sebelumnya yaitu armature yang Spbukita.com bertahukan. Untuk memudahkan kamu memahami komponen mesin ini, kami sudah mengatur informasinya selengkap mungkin disini.

Apa Itu Regulator dari Fungsi dan Komponen

Apa Itu Regulator dari Fungsi dan Komponen

Regulator

Regulator adalah komponen yang sangat penting pada mesin mobil dimana penting disini karena jika terjadi kerusakan pada regulator maka mobil tidak bisa berjalan atau tiba-tiba mesin mobil mati ketika sedang jalan. Lebih singkatnya regulator merupakan rangkaian komponen elektronika yang mempunyai tugas untuk mengatur output pengisian.

Secara mudahnya regulator digunakan untuk pengatur output pengisian. Di dalam regulator terdapat 3 buah relay yang tugasnya untuk mengontrol atau mengatur tegangan yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, lalu mengontrol arus yang akan keluar dan mencegah arus balik yang ada di baterai.

Fungsi Regulator

Fungsi Regulator adalah untuk mengatur besar arus listrik yang akan masuk ke dalam rotor coil, sehingga nantinya tegangan yang dihasilkan oleh alternator bisa tetap konstan atau sama.

Dalam prinsip kerjanya, komponen ini menggunakan hukum faraday dimana jika ada sebuah konduktor yang bergerak ke tengan medan magnet maka nantinya akan timbul GGL diujung konduktor.

Komponen Regulator

Dalam regulator terdapat beberapa komponen yang wajib untuk kamu ketahui. Dimana masing-masingg komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Voltage Regulator

Voltage Regulator

Komponen Voltage Regulator berfungsi untuk mengontrol listrik yang dihasilkan supaya stabil. Dimana kerjanya saat tegangan listrik naik, maka arus listrik akan otomatis dialirkan lewat sebuah tempat yang dihubungkan di seri dengan kumparan medan.

Nantinya arus akan masuk ke kumparan yang diberi batas. Hal ini akan membuat tegangan listrik yang dihasilkan akan menjadi turun.

2. Pembatas Arus

Pembatas Arus

Komponen regulator selanjutnya adalah pembatas arus yang berfungsi untuk membatasi arus listrik yang lebih dari dinamo. Untuk cara kerja komponen tersebut adalah jika arus yang keluar berlebihan maka akan otomatis arus tersebut dialirkan ke sebuah tahanan yang kemudian diarahkan ke kumparan medan.

3. Cut Out Relay

Cut Out Relay

Komponen terakhir adalah Cut Out Relay yang berfungsi mencegah terjadinya arus balik yang dialirkan oleh baterai ke dinamo.

Itulah informasi mengenai apa itu regulator beserta fungsi dan komponen pada regulator. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang sedang belajar menjadi teknisi.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger