Apa Itu Rantai Keteng : Fungsi & Ciri Rantai Keteng Rusak

Apa Itu Rantai Keteng – Motor menjadi jenis kendaraan roda dua dengan tipe perawatan sangat mudah sekali, karena terdapat komponen-komponen lebih sedikit bila dibandingkan dengan sebuah mobil. Namun didalam sebuah mesin motor, terdapat cukup banyak sekali komponen yang memiliki peran sangat penting sekali. Jika anda pernah melihat dalaman mesin, pastinya pernah melihat komponen berbentuk seperti rantai namun berukuran kecil.

Komponen tersebut dinamakan timing chain atau sering kita sebut juga dengan rantai keteng, bentuknya seperti rantai apakah akan memiliki fungsi sama seperti rantai. Dari sekian banyak pengguna motor pasti masih banyak belum tahu apa itu rantai keteng, lalu apa sih fungsi dari rantai keteng tersebut. Mungkin diantara kalian semua banyak berfikiran seperti tersebut, karena seperti kita ketahui sendiri jika didalam mesin semua komponen memiliki peran sangat penting sekali.

Sebetulnya setiap komponen didalam mesin terdapat cara kerjanya masing-masing, seperti halnya dengan cara kerja kopling manual berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus. Kemudian fungsi dari rantai keteng itu apa, lalu bagimana jika rusak ? sekiranya akan mempengaruhi akan performa mesin atau tidak. Namanya mesin jika salah satu tidak sempurna, secara perhitungan logika pasti akan kurang.

Sebelum kalian ingin mengetahui lebih dalam akan fungsi utama dari timing chain, sebaiknya anda ketahui dahulu apa itu rantai keteng dan bagaimana cara kerjanya. Dengan kita mengetahui inti dari komponen didalam mesin, secara tidak pasti akan mengetahui seberapa pentingya komponen tersebut terhadap kinerja mesin. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian semua dapat simak langsung saja informasi dari spbukita.com berikut ini.

Apa Itu Rantai Keteng Beserta Fungsi dan Ciri Rantai Keteng Rusak

Apa Itu Rantai Keteng Beserta Fungsinya

Dari awal pembahasan memang sudah sempat kami sampaikan, jika timing chain atau rantai keteng memiliki peran sangat penting terhadap performa mesinnya. Adapaun beberapa ciri-ciri jika rantai keteng sudah mulai rusak, kalian bisa rasakan dari suaranya tidak halus seperti ada bunyi klitik-klitik.

Apa Itu Rantai Keteng

Apa Itu Rantai Keteng

Timing chain atau rantai keteng merupakan salah satu komponen sangat penting untuk setiap mesin, karena memiliki peran sangat penting sekali terhadap kinerja mesin. Nah untuk anda semua yang tidak tahu apa itu rantai keteng motor, pada kesempatan kali ini kami akan informasikan secara detail kepada anda semuanya yang belum mengetahui dari rantai keteng.

Rantai kamrat alias rantai timing chail atau sering diebut juga dengan rantai keteng adalah sebuah komponen di dalam mesin yang memiliki bentuk seperti rantai dengan ukuran kecil. Rantai keteng memiliki cara kerja sebagai penerima putaran dari crankshaft, dimana putaran tersebut untuk menggerakan chamshaft pada kepada silinder.

Fungsi Rantai Keteng

Fungsi Rantai Keteng

Pertama kali kita bahas rantai keteng memang sempat kami singgung kepada anda semua, jika fungsi rantai keteng memang sangat vital sekali. Karena pada dasarnya fungsi rantai keteng sebagai penerima putaran crankshaft, kemudian putaran tersebut untuk menggerakan chamshaft pada kepada silinder. Sehingga proses pembakaran akan berjalan sesuai dengan pengaturannya, proses pergerakan silinder akan diatur dari putaran dari rantai keteng itu sendiri.

Sehingga akan berakibat fatal apabila rantai keteng mengalami kerusakan, efeknya akan ke beberapa komponen mesin lainnya. Terutama untuk performa mesin menurun, kepala dan silinder akan luka dan masih banyak lagi lainnya. Lalu pada sisi suara mesin juga akan terdengar lebih kasar dan itu membuat kuping kita tidak nyaman sekali. Nah untuk efek lebih menyakitkan lagi, pembuangan akan keluar asap dan stang seher akan rusak.

Tips Agar Rantai Keteng Awet

Tips Agar Rantai Keteng Awet

Sebetulnya si sangat mudah sekali jika anda menginginkan rantai keteng awet, lakukan pergantian oli mesin secara rutin agar suhu mesin motor tetap stabil, kemudian juga pastikan setiap kali melakukan service rutin untuk mengecek rantai keteng. Sehingga anda dapat mengontrol jika komponen tersebut masih oke dan layak untuk digunakan, kemudian pastikan jika menggunakan motor dengan baik dan secara halus.

Mungkin cukup sekian informasi akan  pengertian apa itu rantai keteng motor beserta fungsi dan cara mengetahui rantai keteng rusak. Sekiranya cukup sampai disini informasi yang dapat spbukita.com sampaikan kepada anda semua, semoga artikel diatas dapat membantu anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger