Apa Itu Odometer : Fungsi dan Cara Kerja Pada Mobil 2020

Dari sekian banyak pengguna mobil memang belum banyak tahu fungsi dari beberapa instrument didalam speedometer, semisalnya saja Odometer. Pastinya banyak orang bertanya apa itu Odommeter pada mobil, lalu fungsi dan cara kerjanya bagaimana. Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh banyak orang, terutama untuk pengguna baru.

Perlu kalian ketahui jika Odometer pada sebuah mobil memiliki fungsi dan cara kerjanya yang memiliki peran sangat penting terhadap mobil anda. Oleh karena itu kenapa setiap pemilik mobil harus memahami beberapa instrument didalam speedometer mobil. Apalagi banyak sekali instrumen-instrumen bisa kalian lihat pada saat berkendara.

Didalam dashboard mobil ada beberapa isntrumen yakni speedometer, odometer dan takometer. Dari ketiga isntrumen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Jadi anda harus bisa membedakan antara ketiha instrumen tersebut, sehingga anda bisa mengetahui kecepatan saat ini, jarak sudah ditempuh dan lainnya.

Pada kesempatan sangat baik ini Spbukita.com akan lebih detail membahas apa itu Odometer pada sebuah mobil maupun motor. Karena saat ini ada beberapa tipe motor yang sudah dilengkapi dengan Odometer juga loh. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Odometer Fungsi dan Cara Kerja Pada Mobil

Apa Itu Odometer Fungsi dan Cara Kerja Pada Mobil

Dalam penggunaan Odo meter ada dua jenis sudah ada untuk saat ini, untuk jenis pertama Odometer mekanik atau analog dan untuk jenis kedua Odometer elektronik. Keduanya memiliki fungsi yang sama kok, hanya saja cara kerjanya saja berbeda, namun sekarang ini kebanyakan mobil sudah menggunakan jenis elektronik.

Apa Itu Odometer Pada Mobil

Dikesempatan kali ini Spbukita.com akan sampaikan kepada kalian semua jika Odometer pada mobil adalah sebuah alat untuk mengukur jarak yang ditempuh dari sebuah kendaraan atau mobil. ODometer juga berguna sebagai patokan kapan mobil harus ganti oli maupun juga service rutin, instrumen ini biasanya terletak pada bagian tengah atau dibawah instrumen speedometer.

Odomoeter Analog

Odomoeter Analog

Seperti sudah kami sebutkan tadi ada dua jenis Odomoeter, untuk pertama ialah Odomoeter analog atau mekanik. Meski memiliki fungsi sama, namun pada jenis ini memiliki cara kerja yang berbeda. Dimana cara kerjanya secara manual yakni gaya putar diterima dari sebuah kebl fleksibel yang sudah terhubung dengan bagian lainnya. Ketika mobil maju kedepan otomatis akan terhitung, lalu mobil mundur juga akan terhitung.

Odomoeter Elektronik

Odomoeter Elektronik

Untuk jenis kedua yang sering digunakan beberapa mobil keluaran baru ialah Odometer elektronik, cara kerjanya jauh lebih mudah dari pada jenis analog atau mekanik meski memiliki fungsi sama. Pada jenis ini akan bekerja dengan sistem komputerisasi, dimana ada sebuah magnet pada salah satu roda pada mobil untuk menghitung jarak tempuh pada mobil tersebut. Nantinya sinyal tersebut akan secara otomatis memperhitungkan berapa jauh jarak tempuh dari mobil tersebut.

Fungsi dan Cara Kerja Odometer Pada Mobil

Jika anda memahami betul dari awal pembahasan dari kami, pastinya anda sudah tahu fungsi dan cara kerja dari Odometer pada mobil. Meski sudah banyak yang paham, namun kali ini kami akan jelaskan kembali untuk para pengguna yang masih belum paham betuk akan fungsi dan cara kerjanya.

Odometer memiliki fungsi sebagai alat ukur jarak tempuh dari sebuah mobil, sehingga pengguna mobila akan tahu sudah berapa jauh mobil berjalan. Selain itu juga Odometer berfungsi juga untuk patokan kapan waktunya untuk ganti oli maupun servicer, dimana pengguna cukup melihat instrumen Odometer sudah berapa jauh jarak tempuhnya.

Sedangkan untuk cara kerja Odometer memang sangat simpel sekali, diatas juga sudah sempat kami sampaikan kepada kalian semuanya. Apabila Odometer akan bekerja apabila kendaraan mulai bergerak atau jalan, maka secara otomatis instrumen Odometer akan bergerak selama mobil tetap jalan. Adapun untuk cara kerja Odometer elektronik dan mekanik masing-masing berbeda, diatas sudah kami jelaskan kepada anda semuanya.

Mungkin cukup sekian informasi dapat Spukita.com sampaikan kepada kalian semua mengenai Odometer pada sebuah mobil. Mulai dari fungsi dan cara kerjanya hingga jenis dari Odometer, adapun beberapa informasi lain bisa kalian simak seperti pengertian radius putar mobil dan beberapa informasi lainnya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger