Apa Itu Flasher Motor : Fungsi dan Jenisnya

Apa Itu Flasher Motor – Motor menjadi salah satu jenis kendaraan dengan tingkat perawatan sangat mudah sekali bila dibandingkan jika kita merawata atau memiliki sebuah mobil. Sekarang bandingkan saja ketika antara keduanya memiliki permasalahan sama pada sisi lampunya, pasti akan mudah ditemukan sumber masalah dan cepat selesai pada jenis motor.

Bila berbicara soal permasalah lampu motor atau mobil biasanya dikarenakan beberapa hal seperti Aki, kabel dan flasher. Mungkin diantara anda semua sudah sering dengar dengan aki dan kabel, namun masih banyak orang jarang mendengar apa itu flasher motor. Kemudian apa fungsinya untuk sebuah motor maupun mobil.

Flasher sendiri merupakan salah satu komponen listrik dengan fungsi sangat penting sekali, dimana akan menjadi penyuplai arus terhadap beberapa komponen. Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kiprok motor, dimana sama-sama komponen listrik dengan fungsi sama pentingnya. Namun untuk flasher tidak memperngaruhi kinerja mesin, tidak seperti kiprok apabila rusak atau matai secara otomatis motor sangat sulit sekali untuk dihidupkan.

Jika anda mengalami permasalahan terhadapat lampu sein tiba-tiba tidak menyala kedap kedip seeperti biasa, hal tersebut biasanya dikarenakan flasher sudah rusak. Untuk mudahnya bisa anda ganti dengan flasher baru, namuan flasher ada beberapa jenisnya. Jika kalian ingin mengetahui lebih jelas akan apa itu flasher motor, fungsi dan jenis flasher motor apa saja bisa simak langsung saj ulasan dari spbukita.com berikut ini.

Apa Itu Flasher Motor Fungsi dan Jenisnya

Apa Itu Flasher Motor Fungsi dan Jenisnya

Sistem kelistrikan terhadap motor memang memiliki cukup banyak sekali komponen-komponennya dan salah satnya flasher.  Penggunaan flasher harus ditentukan dengan kebutuhan, semisalnya saja penggunaan lampu hazard, lampu sein tempel dan lainna tidak sesuai dengan flasher bawaan pabrik. Maka dari itu kami akan jelaskan kepada anda semua akan beberapa jenis flasher dan fungsinya.

Apa Itu Flasher Motor

Meski sering kita dengar, tidak semua orang mengerti apa itu flasher motor dan apa fungsinya terhadap sebuah kendaraan. Dikesempatan sangat baik ini kami akan sampaikan kepada anda semuanya, jika flasher motor adalah sebuah komponen listrik pada motor. Dimana flasher memiliki cara kerja sebagi penyuplayatau menyuplai arus listrik ke lampu sein, sehingga akan menghasilkan lampu sein nyala berkedip-kedip.

Seperti anda ketahui sendiri jika saat ini ada cukup banyak lampu modifikasi, sehingga penggunaan flasher akan disesuakan dengan jenis lampu sein tersebut. Pasalnya ada cukup banyak jenis flasher motor yang bisa anda gunakan, terutama bagi kalian para modifikasi  motor.

Fungsi Flasher Motor

Fungsi Flasher Motor

Pada awal pembahasan memang semapt kami sampaikan kepada anda semuanya, jika flasher memiliki peran sangat berarti sekali terhadap kelistrikan pada bagin lampu sesin. Karena fungsi flasher motor ialah sebagai penyuplai arus ke lampu yang berubah ubah, sehingga menimbulkan lampu dengan nyala berkedap-kedip.

Flasher motor juga bisa menyuplay arus listrik ke lampu sein dengan berkedip secara bersamaan atau sering disebut juga lampu hazard. Namun untuk menggunakan jenis ini, anda harus menggunakan flasher khsusu untuk lampu hazard, jadi tidak sembarang menggunakan flasher. Untuk jenis lampu sein tempel juga tidak bisa menggunakan flasher motor bawaan atau original.

Jenis Flasher Motor

Jenis Flasher Motor

Flasher motor memiliki perang cukup penting untuk menyuplai arus ke lampu dan perlu anda ketahui juga flasher ada tiga macam yakniFlasher tipe bimetal, Flasher tipe transistor dan Flasher tipe kapasitor. Dari beberapa macam flasher tersebut, masing-masing memiliki fungsinya masing-masing. Untuk mengetahaui beberapa jenis flasher, bisa simak langsung saja ulasan berikut ini.

Flasher Standar Pabrik

Untuk jenis pertama ialah flasher standar pabrik, pada jenis ini memang memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan kembali. Bahkan ada cukup banyak kelebihan jika anda lebih memilih untuk menggunakan flasher asli bawaan dari pabrik karena memiliki spesifikasi 12,8 Volt dengan kedipan 85 per menit.

Flasher LED

Jenis flasher LED sering digunakan oleh para pengguna yang sering memodifikasi motor, semisalnya saja amda ingin mengganti lampu ein tempel dengan tipe LED. Maka jenis flasher yang cocok ialah flasher LED

Flasher 3 kaki

Untuk jenis terakhir adalash flasher 3 kaki, bianya jenis ini umumnya digunakan oleh mobil. Meskipun begitu, dapat juga digunakan untuk motor dan bahkan lebih awet dari beberapa jenis flasher lainnya.

Nah itulah informasi mengenai apa itu flasher motor yang sudah kami sampaikan kepada anda semuanya. Dimana komponen ini memiliki beberapa jenis, setiap jenisnya memiliki fungsinya masing-maing. Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan seputar dunai otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger