Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Apa Itu Ecu Mobil : Fungsi, Jenis & Ciri-Ciri Kerusakan

Apa Itu Ecu Mobil

Apa Itu Ecu Mobil – Mengenal apa itu Ecu mobil, mungkin terdengar cukup asing dalam sebuah kendaraan. Ecu merupakan salah satu komponen bagian dari EFI sistem yang kini banyak di sematkan pada mobil keluaran terbaru.

Tidak seperti dulu, mobil hanya memiliki sistem kerja secara mekanis, kini sejumlah perusahaan pembuat mobil terus mengembangkan teknologinya dengan memanfaatkan teknologi komputer. Salah satu wujud pengembangan teknologi kendaraan yakni Ecu.

Anda pasti bertanya-tanya apa itu Ecu mobil ? Ecu mobil adalah singkatan dari Electronik Control Unit, komponen bisa di bilang sebagai jembatan utama elektronikal pada sebuah mobil, tentu saja perannya tidak boleh di kesampingkan.

Mobil-mobil keluaran terbaru kini banyak menyematkan teknologi elektrikal di beberapa sistemnya, sepertihalnya Ecu. Berikut ini spbukita.com akan merangkum apa saja peranan Ecu mobil.

Apa Itu Ecu Mobil

Apa Itu Ecu Mobil

Apa itu Ecu Mobil ? seperti telah di singgung diawal pembahasan, Ecu adalah singkatan dari Electronik Control Unit. Komponen tersebut bisa di bilang sebagai alat pendeteksi kerusakan mobil dalam bagian-bagian tertentu melalui sistem komputer.

Untuk itu, komponen tersebut memiliki peranan cukup penting dalam sistem kendaraan. Jika di dalam sebuah mobil memiliki CPU berkemampuan mengendalikan hardwere, maka jika pada Ecu juga memiliki peran yang hampir sama, hardware-hardware di kontrol berupa akutor untuk di pekerjakan untuk menggantikan sistem VVT, Injector dan lain-lain.

Fungsi Ecu Mobil

Ecu memiliki fungsi sebagai pengatur berbagai sistem penting dalam sistem pada kendaraan. Berikut ini fungsi Ecu secara umum.

  • Mengontrol pembukaan dan volume bensin pada injektor
  • Menghidupkan alarm mobil
  • Sebagai pengatur kipas pendingin pada mesin
  • Sebagai pengidentifikasi kunci
  • Pengatur pemnukaan katup sesuai dengan kondisi mesin
  • Sebagai pengatur penyalaan busi

Jenis-Jenis Ecu

Unit ini, memiliki fungsi sebagai pengatur kendali untuk beberapa sistem di dalam kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki beberapa jenis modul.

1. PCM (Powertrain Control Module)

PCM Powertrain Control Module

Powertrain bekerja sebagai pengatur kinerja sistem powertrain mobil. Kompon ini memiliki peranan penting dalam memastikan tenaga mesin sampai ke roda dengan efesien. Namun Powertrain hanya ada di beberapa jenis kendaraan saja.

2. ECM (Engine Control Modue)

ECM Engine Control Modue

Engine Modue merupakan salah satu jenis dengan berperanan cukup penting sebagai pengatur kinerja mesin. Proses starting, penyalaan busi, injeksi bahan bakar, hingga proses coooling.

3. BCM (Body Control Module)

BCM Body Control Module

Body Module, sesuai dengan namanya, komponen satu ini memiliki peranan untuk mengontrol sistem kelistrikan body seperti lampu, horn, wiper, hingga sistem fitur hiburan di dashboard kendaraan.

4. TCM (Transmission Control Module)

TCM Transmission Control Module

Transmission adalah salah satu modul ecu dengan tugas berat sebagai penontrol atau pengatur perpindahan moment transmisis RPM mesin. komponen ini hanya terdapat pada mobil dengan transmisi otomatis.

5. ABS Control Module

ABS Control Module

Apa itu ABS Module ? ABS Module terletak pada kendaraan bertekhnologi Rem ABS. ABS ini memiliki fungsi untuk mengatur sistem pengereman, agar roda tidak terkunci ataupun slip saat melewati jalanan licin. Tidak hanya itu peranan lainnya juga untuk beberapa sistem keselamatan seperti hill start assist serta stability system.

6. HVAC Control Module

HVAC Control Module

Berikutnya adalah HVAC Module, jenis modul ini hanya ada di dalam kendaraan yang memiliki sistem auto AC system. Kemampuannya mampu mengendalikan sirkulasi udara di dalam kabin secara otomatis dapat di sesuaikan dengan atmosfir dalam serta luar kabin.

7. Airbag Control Module

Airbag Control Module

Satu lagi modul dengan peranan penting untuk fitur keselamatan yakni Airbag. Modul ini bertugas mengembangkan kantung untuk keselamatan pengemudi.

Ecu Rusak, Kenali Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Ecu Mobil Rusak Kenali Ciri Ciri dan Penyebabnya

Komponen dalam sistem kendaraan kerap kali mengalami masalah, sepertihalnya Ecu mobil, berikut ini ciri-cici kerusakan dan tips memperbaikinya.

1. Ciri-Ciri Kerusakan Ecu Mobil

Perlu di ketahui, pada mobil injeksi biasanya mengalami masalah 10 Tahun ke atas. Berikut ini ciri-cici kerusakan untuk perlu anda ketahui.

  • Mesin kendaraan tidak bertenaga dan terasa berat saat di kendarai
  • Mobil susah melakukan starter otomatis mesin susah di nyalakan
  • Bahan bakar memiliki kecenderungan boros saat menempuh jarak jauh
  • Mesin kerap kali mengadat saat di pacu
  • Lampu check engine terus menyala atau akan mati total

2. Tips Memperbaiki Ecu Mobil

Setelah mengenali ciri-ciri kerusakannya. Berikut ini adalah tips cara memperbaiki Ecu pada kendaraan.

  • Ganti elko mobil menggunakan farad serta voltase
  • Lakukan pengecekan komponen elektronik pada kaki-kaki
  • Lakukan pengecekan jalur PCB, kemungkinkan terjadi pemutusan atau terkena cairan

Harga Ecu Mobil

Besar kemungkinan kerusakan Ecu sangatlah parah dan tidak dapat di perbaiki, maka ecu harus di ganti secara total. Aspek kehati-hatian di rasa perlu dalam perawatannya, karena apa? biaya pergantian Ecu cukup mahal.

Berapa sebenarnya biaya pergsntian Ecu mobil, di lansir dari beberapa sumber, harga Ecu ini berkisar di angka 1 jutaan ke atas, itu harga terendah. Variasi harga Electronik Control Unit kendaraan juga berdasarkan tipe mobil serta kualitasnya.

Contoh Ecu pada Toyota avanza, jika mengalami kerusakan maka anda harus merogoh kocek sampai 4 juta rupiah. Sementara itu untuk mobil-mobil keluran eropa tentunya sangat mahal, jika anda memiliki salah satu keluaran eropa dengan kerusakan pada Ecu, maka anda harus merogoh kocek sekitar 30 jutaan untuk biaya pergantiannya.

Nah, demikian yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu Ecu mobil kami rangkum untuk anda. Semoga informasi yang kami rangkum untuk anda dapat menjadi sumber informasi penting untk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *