Apa Itu Armature ? Fungsi & Komponen Lengkap (Armature)

Bagi kalian yang paham mengenai otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan Armature. Namun masih ada sebagian orang yang belum paham betul mengenai Armature dan juga apa saja komponen-komponen dari Armature ini. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai apa itu Armature, fungsi dan juga komponen-komponen lengkapnya. Armature pada motor starter ini merupakan susunan beberapa komponen yang disusun menjadi satu unit.

Kemudian untuk fungsinya sendiri, Armature ini memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak dalam bentuk gerak putar. Energi listrik kini dialirkan dari aki mobil oleh Armature dan akan diubah menjadi medan magnet sehingga medan magnet yang tercipta antara kumparan Armature dengan medan magnet yang muncul pada kumparan medan akan saling bereaksi dan saling tolak menolak sehingga menjadi gerak putar.

Perlu kalian ketahui bahwa jumlah kumparan pada inti Armature ini dapat mempengaruhi tenaga punter yang dihasilkan oleh Armature. Dimana semakin banyak jumlah putaran yang digunakan, maka tenaga punter yang dihasilkan juga akan semakin kuat. Disamping itu juga putaran Armature akan tetap stabil dan cepat. Itulah beberapa pembahasan utama mengenai apa itu Armature.

Ada beberapa komponen Armature yang tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda di setiap komponennya. Komponen tersebut antara lain Poros Armature, Kumparan, Inti dan terakhir yakni komutator. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai apa itu Armature, fungsi dan komponen lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Armature ? Fungsi & Komponen lengkap

Apa Itu Armature

Setelah kita sudah membahas secara detail mengenai pengertian Armature diatas, kali ini kami juga akan mengupas secara detail mengenai fungsi dari komponen-komponen Armature yang satu ini. Armature sendiri memiliki setidaknya 4 komponen yang memiliki fungsi berbeda- beda. Untuk lebih jelasnya kita simak dibawah ini:

1. Poros Armature

Yang pertama akan kita bahas adalah Poros Armature. Poros ini memiliki fungsi sebagai tempat Armature dipasang serta sebagai poros penyalur tenaga putar yang dihasilkan oleh kumparan Armature. Kedua ujung shaft Armature ini masing-masing ditahan oleh bearing yang memiliki tujuan supaya Armature dapat berputar dengan stabil diantara field coil.

2. Kumparan Armature

Komponen daripada Armature yang kedua adalah Kumparan Armature. Kumparan ini merupakan susuan kawat tembaga yang tersusun rapih mengelilingi inti Armature. Dimana pada masing-masing ujungnya akan terhubung langsung dengan komutator.

3. Inti Armature

Selanjutnya adalah inti Armature. Inti Armature ini berisi kumpulan plat besi yang disusung dan dibentuk menjadi satu. Inti Armature digunakan sebagai tempat lilitan dan gulungan kumparan kawat tembaga yang berujung di komutator.

4. Komutator

Lalu fungsi komponen Armature yang terakhir adalah Komutator. Komutator sendiri merupakan kumpulan segmen-segmen plat tembaga yang disusun mengelilingi poros Armature. Komutator juga merupakan ujung kumparan pada Armature Coil. Komponen ini juga terhubung dengan brush positif dan brush negatif.

Itulah beberapa pembahasan menarik mengenai pengertian Armature dan juga fungsi daripada komponen-komponennya. Setiap komponen dari Armature tentu mempunyai tugas yang berbeda-beda. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas mengenai apa itu Armature, fungsi dan komponennya dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger