Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Aki Mobil Tidak Mengisi ? Ini Penyebab Harus Diketahui

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi Ketika Dicas

Mobil salah satu jenis alat transportasi dengan daya minat cukup banyak sekali, pasalnya ada cukup banyak kelebihan dari sebuah mobil dan ada juga kekurangannya. Dari sekian banyak jenis mobil akan tergantung dari sebuah komponen dengan nama Aki, aki mobil memiliki fungsi untuk menghidupkan mesin mobil serta akesoris pendukung seperti lampu, AC dan lainnya. Lalu bagaimana jika aki mobil tidak mengisi karena sudah sering digunakan ? kira-kira apa penyebabnya.

Pada umumnya akim mobil dalam keadaan normal memiliki tegangan sekitar 12 volt ketika mesin mobil hidup maupun juga ketika mesin mobil dalam keadaan mati, jadi pengecekan aki secara berkala sangat dibutuhkan sekali. Apabila tegangan aki mobil kurang dari 12 volt maka langkah paling tepat ialah di cas ulang agar aki mobil terdapat aliran listrik. Sehingga mobil akan digunakan bisa dihidupkan dengan mudah, karena aki-nya masih oke.

Lalu bagaimana jika kita cas aki mobil akan tetapi aki tersebut tidak mengisi juga ? dalam  kasus seperti ini memang ada cukup banyak sekali penyebab aki tidak mengisi. Biasanya dikarenakan sudah berumur sehingga mobil sering mengalami permasalahan seperti mesin susah hidup, aksesoris tidak bekerja dengan sempurna dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu juga ada beberapa penyebab lainnya kenapa aki tidak bisa mengisi.

Jika anda merupakan pengguna mobil masih awam atau baru memang perlu belajar lebih banyak tentang mobil, salah satunya pada aki mobil. Komponen satu ini akan bekeraja dengan dinamo ampere, keduanya salah membantu untuk menghasilkan aliran listrik sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih lengkapnya dapat simak langsung saja informasi dari Spbukita.com berikut ini.

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi Ketika Dicas

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi Ketika Dicas

Pada kesempatan sebelumnya memang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya jika fungsi dari dinamo ampere atau alternator akan menghasilkan listrik ketika mesin mulai dihidupkan. Pada tegangan listrik yang dihasilkan oleh alternator juga untuk mengisi daya aki juga, jadi ini akan menjadi salah satu penyebab aki tidak mengisi.

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Dari awal pembahasan memang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya jika penyebab dari aki mobil tidak bisa mengisi, salah satunya dikarenakan altenator dan beberapa peyebab lainnya. Nah, pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua penyebab kenapa akli mobil tidak bisa di isi meski sudah di cas seharian.

Kemungkinan Kabel Dinamo Ampere dan Aki Bermasalah

Dalam mengatasi hal seperti ini kalian semua jangan langsung ambil kesimpulan bila penyebab aki tidak mengisi karena aki sudah lama dan harus diganti. Biasanya pemikiran seperti ini sering dilontarkan bagi beberapa orang yang tidak mau mencari titik dari permasalahannya. Langkah ini sebenarnya untuk menghemat uang dikeluarkan, siapa tahu masih bisa di utak atik.

Pada problem seperti ini anda cukup cek saja kebel-kabel antara dinamo ampere serta aki mobil apakah anatar kedua komponen tersebut terdapat kabel putus atau tidak. Karena pengalaman dari banyak pengguna penyebab aki tidak mengisi karena kabel sudah rusak atau putus. Sehingga dinamo ampere tidak bisa megisi daya ke aki mobil.

Dinamo Ampere Rusak

Dinamo Ampere Rusak

Penyebab selanjutnya bisa disebabkan karena komponen altenator atau dinamo ampere mengalami kerusakan, seperti kita ketahui sendiri jika dinamo ampere memiliki fungsi untuk mengisi daya ke aki mobil. Dalam kata lain jika komponen ini rusak, maka kemungkinan besar aki tidak bisa mengisi seperto biasanya. Beriut ini beberapa ciri-ciri jika dinamo ampere mulai rusak.

  • Ketika mobil baru dihidupkan mudah seperti biasa, namun pada saat ditengah perjalanan terjadi kejadian atau permasalahan beberapa komponen terhubung dengan daya listrik tidak sempurna seperti lampu dan indikator mulai redup.
  • Bila mobil dipaksa untuk berjalan, ditengah-tengah perjalanan mobil akan mati atau mogok dan susah untuk di hidupkan.
  • Dapat di cek aki mobil dengan indikator aki mobil, jika aki masih bagus maka dapat ambil kesimpulan jika dinamo ampere yang rusak.

Air Aki Sudah Tidak Mengandung Elekrolit

Air Aki Sudah Tidak Mengandung Elekrolit

Apabila kalian sudah mempelajari sebuah aki maka akan tahu dengan namanya caiaran elekrolit bukan ? cairan ini merupakan sebuah komponen didalam aki, dimana didalamnya terdapat reaksi kimia seperti asam sulfat dan plat Pb. Ketika ciaran elekrolit masih sempurna maka mampu mengembalikan bentuk asam sulfat sehingga aki akan memiliki daya aliran listrik.

Jika sebaliknya cairan didalam sebuah aki mobil sudah tidak ada kandungan elekrolit maka kemungkinan besara aki sudah mulai rusak. Penyebab satu ini dapat dilihat ketika pengguna cas aki mobil berjam-jam namun daya listrik tidak masuk, hal ini dikarenakan cairan elktrolit sudha hilang.

Aki Mobil Sudah Berumur

Aki Mobil Sudah Berumur

Lalu untuk penyebab yang terakhir ialah aki mobil memang sudah berumur, dimana kalau permasalahan pada titik seperti ini. Langkah tepat ialah dengan cara ganti dengan aki baru, sehingga bisa bekerja dengan biasanya. Dari sekian banyak pengguna mobil memang lebih memilih untuk menggunakan metode seperti ini, dinilai lebih simpel.

Ketika aki sudah berumur atau tidak layak pakai memang mau diapakan saja akan tetap saja seperti itu, sehingga mau tidak mau harus ganti dengan baru. Kalian juga bisa tukar tambah dengan aki baru atau bekas saja, dengan metode ini pasti akan lebih efisien waktu dan pengeluaran uang pastinya.

Dari bebebrapa penyebab seperti diatas memang sering kali dialami ilah kerusakan pada dinama ampere, meski memiliki nama sama namun terdapat perbedaan dinamo starter dan dinamo ampere. Jadi anda jangan sampai salah mengecek ketika aki mengalami permasalahan seperti ini, mungkin cukup sekian artikel dari Spbukita.com dan semoga saja berguna bagi kalian semuanya.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger