Air Radiator Selalu Berkurang : Penyebab & Solusi

AIR RADIATOR SELALU BERKURANG

Air Radiator Selalu Berkurang – Radiator adalah komponen dari sebuah kendaraan yang mana merupakan salah satu komponen penting sistem pendinginan, fungsinya yaitu untuk mendinginkan kinerja mesin.

Dalam menjalankan fungsinya, radiator membutuhkan sebuah cairan bernama coolant atau sering disebut juga air radiator. Coolant atau air radiator memiliki ciri berwarna merah muda atau hijau.

Seiring pemakaian biasanya warna tersebut akan memudar, dimana hal tersebut menjadi tanda air radiator untuk segera diganti. Biasanya terjadi setelah kendaraan menempuh jarak 80.000 hingga 100.000 km. Namun pada sebuah kasus air radiator di tabung reservoir selalu berkurang secara cepat, bahkan ketika sudah diisi kembali coolant selalu berkurang cepat. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya?

Sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut diatas pada kesempatan kali ini spbukita akan berbagi informasi tentang permasalahan tersebut, yakni air radiator selalu berkurang. Jadi bagi yang sedang menemui permasalahan tersebut atau sedang mencari informasi seputar coolant yang selalu berkurang bisa simak ulasan dari spbukita tentang air radiator selalu berkurang berikut ini.

Penyebab Air Radiator Selalu berkurang

penyebab air radiator selalu berkurang

Mengingat pentingnya fungsi coolant pada sistem pendinginan kendaraan, volume coolant yang selalu berkurang tentunya akan sangat mempengaruhi kerja dari sistem pendinginan mesin. Bahkan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa membuat kerja mesin jadi tidak maksimal, parahnya lagi bisa saja terjadi overheating mesin.

Berikut beberapa hal yang bisa mengakibatkan air radiator selalu berkurang :

1. Water Pump Bocor

Water pump merupakan salah satu komponen pada kendaraan dimana fingsinya adalah untuk memompa sekaligus sebagai sirkulasi air yang ada di mesin kendaraan. Water pump yang bocor atau rusak akan mengakibatkan penurunan volume coolant yang cukup drastis dan selalu berkurang.

Jika kebocoran yang terjadi tidak segera diperbaiki akan menyebabkan mesin mengalami oveheating. Kerusakan water pump bisa terjadi biasanya karena usia pemakaian terlalu lama serta sering terendam air akibatnya menjadi berkarat dan keropos.

2. Sirip Radiator Bocor

Sirip radiator bocor juga bisa sebagai penyebab coolant selalu berkurang, untuk itu diperlukan pengecekan secara rutin karena jika terjadi kebocoran pada sirip radiator biasanya tidak akan mudah terlihat. Hal ini karena ada beberapa hal penyebabnya, seperti misalnya sudah kering atau menguap sebelum menetes, lokasi sirip radiator yang susah dijangkau/dilihat dan sebagainya.

3. Kompresi Mesin Bocor

DIbandingkan kebocoran pada komponen lain kebocoran kompresi sulit diketahui atau terlihat, situasi ini membuat pemilik kendaraan kebingungan mencari tahu penyebab coolant selalu berkurang.

Kompresi mesin bocor bisa terjadi karena kebiasaan pemilik kendaraan yang membuka tutup radiator ketika mesin masih hidup, hal ini berakibat kompresi terus-terusan mengeluarkan gelembung.

4. Selang Radiator Rusak

Rusaknya selang radiator biasanya terjadi karena usia pemakaian yang cukup lama, dimana membuat tekstur selang lembek sehingga menimbulkan rembesan air radiator. Selain pemakaian lama, kesalahan pada sistem pendingin juga bisa menyebabkan selang radiator cepat rusak.

5. Tutup Radiator Melemah

Tekanan tutup radiator melemah biasanya karena komponen karet pada tutup radiator rusak. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat dari seringnya kendaraan digunakan dalam waktu lama sehingga membuat tekanan tutup pada radiator melemah dan membuat coolant selalu berkurang.

6. Thermostat Bermasalah

Thermostat bermasalah akan mengakibatkan sirkulasi air didalam radiator tidak lancar sehingga menyebabkan coolant selalu berkurang karena menguap akibat dari panas mesin berlebih.

Solusi Air Radiator Selalu Berkurang

solusi air radiator berkurang

Permasalahan coolant selalu berkurang dapat dicegah dengan melakukan perawatan dasar secara rutin. Nah berikut adalah solusi untuk mencegah terjadinya air radiator selalu berkurang.

  1. Rajin mengecek selang radiator, pastikan dalam kondisi baik.
  2. Menguras dan mengganti air radiator secara rutin.
  3. Gunakan tutup radiator berkualitas
  4. Gunakan water pump berkualitas
  5. Rajin mengecek karet pada tutup radiator, pastikan dalam kondisi baik
  6. Melakukan perawatan berkala secara rutin.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai air radiator selalu berkurang yang bisa spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang mencari informasi seputar permasalahan tersebut serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *