√ Air Coolant Datsun Go : Fungsi & Cara Mengganti

Air Coolant Datsun Go

Air Coolant Datsun Go – Datsun Go merupakan mobil keluaran dari pabrikan mobil asal Jepang yakni Nissan. Datsun Go memiliki ukuran kecil karena merupakan jenis city car, diluncurkan pada tahun 2014 bersama saidaranya yaitu Datsun Go+.

Datsun Go menggunakan mesin berteknologi inline-three, dimana proses pembakarannya dilakukan oleh mesin 3 silinder berjajar lurus dan membentuk garis dengan kapasitas mesin 1,2 liter. Sedangkan untuk bagian layout Datsun Go memakai desain dengan letak mesin didepan (jenis mobil front wheel). Kemudian untuk transmisinya memakai sistem transmisi manual dengan 5 kecepatan.

Datsun Go memiliki harga yang lumayan terjangkau, bahkan bisa dibilang murah untuk mobil sejenisnya. Tetapi namanya sebuah kendaraan, secanggih dan semahal apapun tetap membutuhkan yang namanya perhatian serta perawatan rutin dan berkala, baik itu ke bengkel maupun merawat sendiri dirumah.

Salah satu jenis perawatan yang penting dan perlu dilakukan yaitu pada bagian atau komponen Radiator. Radiator sendiri merupakan salah satu bagian dari komponen sistem pendingin pada mobil, dimana fungsinya adalah untuk mendinginkan mesin mobil supaya tidak panas dan terjadi overheat. Dan untuk menjalankan fungsi tersebut, sebuah radiator membutuhkan air coolant.

Nah sesuai judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi mengenai air coolant datsun Go tersebut. jadi bagi yang sedang mencari informasi mengenai air coolant datsun go, simak ulasan dari Spbukita tentang air coolant datsun go berikut ini.

Mengisi Air Coolant Datsun Go

Mengisi Air Coolant Datsun Go

Menjaga kondisi radiator sangat perlu untuk dilakukan dan salah satu hal yang dilakukan yakni menjaga air coolant datsun go tetap pada volume yang disarankan. Penggantian air coolant ini perlu dilakukan rpm sudah mencapai jarak 20000 km atau ketika volume air coolant sudah menurun/kotor. Kondisi air coolant bisa dilihatmelalui lubang yang ada dibagian atas radiator, atau bisa juga dengan alat pengukur khusus. Adapun hal-hal yang perlu diperhatkan dalam mengisi air coolant radiator datsun go adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Kondisi Mesin Dalam Keadaan Dingin

Sebelum mengganti atau menambah air coolant, pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan dingin, jadi jika ingin mengganti atau menambah air coolant pada radiator datsun go disarankan pada waktu pagi hari pada saat mesin masih dingin karena belum dinyalakan. Mengapa harus dalam keadaan dingin, sebab jika mesin dalam keadaan panas kemudian tutup radiator dibuka maka akan bisa membahayakan karena air yang dalam keadaan panas bisa muncrat keluar dan mengenai kita.

2. Periksa Kondisi Air Coolant

Lakukan pengecekan kondisi air coolant didalam radiator datsun go, periksa air coolan apakan keruh atau masih bersih tetapi volumenya berkurang. Jika setelah dicek ternyata air coolant sudah keruh maka segera lakukan pengurasan air coolan dan ganti dengan yang baru, namun jika ternyata air coolan masih bersih namun volumenya sudah berkurang maka tinggal menambahkan air coolant saja hingga batas yang ditentukan. Kebersihan air coolant menjadi hal yang penting karena jika kondisi air keruh bisa menyebabkan hal-hal yang dapat mengganggu kinerja mesin, misalnya air radiator mampet.

3. Ganti Air Coolant Lama Dengan Yaang Baru

Hal ini dilakukan ketika setelah melakukan pengecekan pada kondisi air coolant ternyata kondisinya sudah keruh, maka buang air coolant lama kemudian ganti dengan yang baru. Cara menggantinya cukup mudah, hanya tinggal buka tutup air radiator dan baut pembuangan untuk membuang air radiator keruh (proses pembuangan air coolant lama disarankan mobil dalam kondisi menyala agau air coolant keruh dapat keluar semua). Kemudian jika sudah keluar semua, tutup kembali lubang, tunggu beberapa saat hingga mesin dingin lalu lakukan pengisian air coolant baru.

4. Gunakan Corong Ketika Menuang Air Coolant

Ketika melakukan pengisian air coolant ke radiator untuk mempermudah gunakanlah corong. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa lubang radiator datsun go memiliki ukuran kecil, jadi jika tidak memakai corong bisa jadi air akan berceceran dan terbuang percuma. Selain itu, air yang tercecer juga bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, seperti konsleting, mesin mati dan membuat komponen berkarat.

5. Isi Air Coolant Dengan Volume Yang Pas

Pastikan pengisian air coolant radiator Datsun Go volumenya pas sesuai dengan aturan, jangan sampai kurang ataupun lebih. Pengisian air radiator Datsun Go yang melebihi batasnya bisa membahayakan ketika mobil digunakan berjalan. Jika raidiator sudah terisi, sebelum menyalakan mesin pastikan ACmobil dalam keadaan mati dan menghidupkan mesin hanya sampai setengah temperatur saja hingga kipas diradiator berputar.

6. Tutup Kembali Radiator Rapat-rapat

Terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu memastikan ltutup radiator sudah tertutup rapat, sebab ketika mobil digunakan namun tutup radiator Datsun Go tidak tertutup rapat dan kencang bisa memyebabkan air coolan meluber keluar, bahkan pada kondisi tertentu tutup radiator bisa terpental. Air coolant yang meluber keluar tentu saja akan sangat membahayakan badi komponen disekitar radiator.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai air coolant Datsun Go yanag bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *