8 Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil : Cepat & Mudah

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil – Filter bensin atau filter bahan bakar mrupakan komponen vital pada sistem bahan bakar sebuah mobil, dimana fungsinya untuk menyaring kotoran maupun debu supaya tidak masuk bersama bahan bakar ketika proses pembakaran. Jika ada kotoran sekecil apapun masuk keruang bakar, bisa mengakibatkan karburator tersumbat yang nantinya bisa menimbulkan berbagai masalah.

Kondisi filter bensin yang kotor bisa juga menyebabkan mesin tidak dapat bekerja dengan optimal, sehingga mesin dapat kehilangan respon serta daya. Karena hal tersebutlah mengapa filter bensin atau bahan bakar harus sering dibersihkan secara teratur untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Jika perawatan tidak dilakukan secara teratur atau bahkan lalai terhadap filter bensin ini, akibatnya bisa akan sangat merugikan. Memang untuk melakukan atau membersihkan filter bensin ini membutuhkan kesabaran karena susah dibuka, namun bukan berarti harus diabaikan dan malas untuk membersihkan komponen ini. Lalu bagaimana cara membersihkan filter bensin atau filter bahan bakar?

Untuk itu sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu cara membersihkan filter bensin mobil. Jadi bagi yang ingin mengetahui cara membersihkan filter bensin mobil, bisa simak ulasan dari Spbukita mengenai cara membersihkan filter bensin mobil berikut ini.

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil

Cara Membersihkan Filter Bensin Mobil.

Kemurnian serta kebersihan dari suatu bahan bakar/bensin sangatlah penting untuk proses pembakaran, sebab jika terdapat kotoran sedikit saja akan membuat aliran bensin terhambat. Dimana kalau hal tersebut terjadi bisa saja akan mengganggu sistem kerja bahan bakar.

Selain itu kotoran yang menyumbat di filter bensin juga dapat membuat mobil jadi susah untuk distarter, karena aliran bensin tersumbat. Untuk itulah mengapa sangat penting membersihkan filter bensin secara berkala.

Cara membersihkan komponen inipun sebenarnya sangat mudah, jadi tak perlu repot-repot membawa ke bengkel. Berikut beberapa cara atau langkah-langkah membersihkan filter bensin mobil :

1. Cari Letak Filter Bensin Mobil

Hal pertama perlu dilakukan mengenai cara membersihkan filter bensin mobil adalah mencari letak dari filter bensin ini, sebab biasanya setiap mobil memiliki letak filter bensin berbeda-beda tergantung dari jenis mobil. Untuk menemukanya urutkan mulai dari saluran bahan bakar, sebab aliranya menuju karburator atau sistem injeksi, kemudian urutkan lagi hingga sampai pada filter bensin mobil.

2. Memastikan Tidak Ada Bensin Yang Terkena Semprot

Jika filter bensin sudah ketemu, pertama coba buka klem pada saluran bahan bakar, biasanya jarakny 4 inchi di bagian luar lalu masukan selang. Kemudian kencangkan klem mamakai obeng min dan tutup selang memakai klem untuk memastikan tidak ada bensin yang terkena semprot.

3. Siapkan Wadah Dibawah Filter Bensin

Untuk mulai membersihkan filter bensin, terlebih dahulu siapkan wadah lalu letakan dibawah filter bensin. Selanjutnya buka tutup klem dan lampirkan filter untuk selang, pada saat tutup klem dibuka tarik bagian selang dan biarkan sisa bensin di filter keluar.

4. Mulai Bersihkan Filter Bensin Mobil

Ketika sisa bensin didalam filter sudah keluar semua, langkah selanjutnya yakni mulai membersihkan filter bensin. Cara membersihkan komponen ini yaitu dengan memasukan selah ke dalam filter bensin, lalu semprot filter bensin memakai cairan khusus. Lakukan hal tersebut terus menerus hingga semua kotoran keluar dari dalam filter bensin.

5. Menyadap Permukaan Filter Bensin Mobil

Caranya yaitu dengan melakukan penekanan pada bagian filter, pastikan seluruh bulatan pada permukaan filter bensin masih dalam kondisi baik.

6. Semprotkan Sekali Lagi Lalu Keringkan

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal dalam membersihkan filter bensin, lakukan penyemprotan sekali lagi untuk mengeluarkan kotoran yang masih tersisa. Kemudian setelah itu keringkan filter bensin mobil.

7. Pasang Kembali Filter Bensin

Selanjutnya jika dirasa sudah bersih, pasang kembali filter bensin pada dudukanya dan pastikan pemasangn tepat seperti posisi semula agar filter bensin mobil bisa bekerja dengan optimal.

8. Ganti Filter Bensin Jika Diperlukan

Jika ketika filter bensin dibongkar dan dilakukan proses pembersihan namun ternyata kondisinya sudah buruk/rusak, maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru agar kerjanya bisa optimal kembali dan tentunya penggantinya harus sesuai dengan spesifikasi dari mobil.

Fungsi Filter Bensin Mobil

Fungsi Filter Bensin Mobil

Fungsi utama dari filter bensin mobil ini adalah untuk menyaring material asing yang terkandung dalam bahan bakar, tetapi sebenarnya fungsi dari filter bensin ini tidak sekompleks itu. Berikut beberapa fungsi dari filter bensin mobil :

  1. Menyaring bensin atau bahan bakar agar tidak ada kotoran maupun material asing ikut masuk.
  2. Memisahkan bensin atau bahan bakar dari air
  3. Mencegah terjadinya penyumbatan pada sistem penyimpanan bensin di mobil
  4. Menurunkan kecepatan aliran bahan bakar/bensin, utamanya yang menuju ke ruang pembakaran

Gejala Kerusakan Filter Bensin

Gejala Kerusakan Filter Bensin

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, filter bensin yang rusak /kotor bisa saja menghambat fungsi dari filter bensin. Bahkan kerusakan yang terjadi bisa merembet ke komponen lain jika tidak segera ditangani. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ini beberapa hal atau gejala kerusakan filter bensin yang perlu diwaspadai :

  1. Putaran mesin tidak normal ketika mobil dalam keadaan diam, terutama jika RPM dinaikan
  2. Tarikan mobil jadi tidak bertenaga
  3. Mobil susah distarter atau dihidupkan
  4. Bahan bakar boros/cepat habis
  5. Lampu indikator menyala terus

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membersihkan filter bensin mobil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *