4 Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak

CIRI CIRI BENDIK MOTOR RUSAK

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak – Bendik starter merupakan salah satu komponen yang dimiliki oleh sebuah kendaraan, khususnya motor. Pada sebuah motor, keberadaan bendik starter berguna untuk menghidupkan mesin motor.

Bendik starter atau switch starter motor mempunyai tugas dalam menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Dalam melaksanakan tugasnya bendik starter dibantu dengan dua buah kabel, yang mana satu kabel digunakan sebagai penghubung antara aki dengan bendik sedangkan kabel lainnya dihubungkan ke dinamo starter.

Sama seperti komponen kendaraan lainnya, bendik starter motor juga membutuhkan perawatan secara berkala supaya kondisinya tetap optimal dan terhindar dari kerusakan. Hal ini penting dilakukan karena jika bendik starter motor rusak tentunya akan mengganggu kinerja dari motor itu sendiri.

Ketika motor susah distarter atau dinyalakan, bendik starter motor menjadi komponen yang patut kita curigai. Bendik starter yang rusak biasanya akan menunjukan ciri, lalu apa sajakah tanda-tanda bendik yang rusak? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini spbukita akan berbagi informasi tentang ciri ciri bendik starter yang rusak. Jadi buat yang sedang mencari info mengenai bendik starter rusak, simak ulasan dari spbukita tentang ciri ciri bendik starter motor rusak berikut ini.

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak

CIRI BENDIK STARTER RUSAK

Bendik starter pada kendaraan bermotor memiliki fungsi sebagai pematik dinamo starter sehingga kendaraan dapat dihidupkan secara otomatis. Bendik starter motor bisa rusak biasanya karena usia pakai dari komponen itu sendiri yang telah mencapai batas usia pakai. Namun dalam beberapa kasus, bendik starter rusak juga bisa karena konslet.

Terkait dengan tanda bendik rusak, berikut adalah beberapa ciri yang menandakan bendik starter pada motor bermasalah atau rusak:

1. Kinerja Aki Menurun

Ciri ciri pertama bendik starter rusak dapat dilihat dari kondisi kerja aki yang menurun/lemah. Kerja aki melemah sering terjadi ketika cairan aki habis, untuk mengetahuinya bisa dengan mengecek kestabilan komponen kelistrikan motor seperti lampu indikator, klakson dan sebagainya.

2. Keluar Bunyi Cetak Cetak

Ciri kerusakan bendik berikutnya bisa diketahui dari munculnya bunyi cetak cetak ketika menstater atau menghidupkan motor. Umumnya bunyi cetak akan terdengaar dua kali, namun jika bunyi terdengar berkali-kali bisa dipastikan bahwa memang bendik starter sudah rusak. Hal ini menjadi tanda jika arus listrik dari bendik starter terputus, yang mana itu menyebabkan mesin tidak bisa hidup seperti seharusnya.

3. Kabel Penghubung Antara Bendik Dengan Aki Terputus

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kinerja bendik strarter dibantu dengan dua kabel yang masing-masing terhubung ke aki dan dinamo starter dalam melaksanakan tugasnya menghidupkan motor. Nah jika salah satu kabel tersebut terputus maka mesin motor tidak bisa dihidupkan karena arus listrik dari bendik tidak bisa dialirkan menuju aki maupun dinamo starter.

4. Menghubungkan Kedua Terminal Memakai Tangkai Obeng

Ciri ciri bendik motor rusak juga bisa diketahui dengan cara menghubungkan kedua terminal memakai tangkai obeng. Dengan menghubungkan kedua terminal dengan obeng ini akan membuat kita mengetahui keadaan bendik starter yang sebenarnya, masih bagus ataukah sudah rusak.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ciri ciri bendik starter motor rusak yang bisa spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang mencari info ataupun sedang menemui permasalahan seperti tersebut diatas. Adanya artikel ini spbukita juga berharap bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *