√ Skema Relay Klakson : Cara Kerja & Manfaat

Skema Relay Klakson

Skema Relay Klakson – Klakson merupakan sebuah komponen yang juga menjadi salah satu komponen pada sistem keamanan pada sebuah kendaraan bermotor. Klakson memiliki ukuran kecil, namun keberadaanya sangat penting ketika sedang berkendara, sebab digunakan sebagai pemberi tanda kepada pengemudi lain maupun orang tentang keberadaan kendaraan.

Pada setiap kendaraan atau mobil biasanya memiliki klakson berbeda-beda, ada yang menggunakan satu klakson dan ada pula menggunakan dua klakson. Namun walaupun sudah dilengkapi dengan klakson, ada beberapa orang mengubah atau menginginkan lebih dari sekedar klakson standar biasa, misalnya menjadikan suara klakson jadi lebih besar serta keras dan lain sebagainya.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, dibutuhkan komponen tambahan yakni relay klakson. Relay klakson merupakan komponen dimana fungsinya adalah untuk menjaga aliran listrik yang masuk ke klakson tetap stabil serta menghasilkan suara kencang/nyaring (tidak sember). Dengan adanya relay aki atau baterai juga akan lebih awet serta tahan lama.

Sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan membahas mengenai skema relay klakson. Memahami atau mengetahui tentang relay klakson sangat diperlukan sebelum memasangkan relay pada sebuah klkson, sebab hal tersebut akan menentukan hasil yang didapatkan. Nah bagi yang penasaran atau ingin mengetahui mengenai skema relay klakson, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai skema relay klakson berikut ini.

Skema Relay Klakson

Skema Relay Klakson.

Diatas telah sedikit dijelaskan bahwa untuk membuat suara klakson menjadi lebih nyaring adalah dengan menambahkan atau memasangkan relay di rangkaian klakson. Dengan ditambahkanya relay, arus listrik akan dibuat lebih pendek tanpa harus melewati saklar utama, hal ini akan membuat arus dari aki tidak akan berkurang dan akan langsung masuk kedalam horn, hal ini mengakibatkan suara klaksonpun jadi lebih kencang serta nyaring.

Berbeda jika di rangkaian klakson tidak dipasang relay, dimana arus besar dari aki menuju saklar akan berkurang, dalam hal ini adalah tombul klakson di stir mobil. Hal ini menyebabkan suara klakson jadi terasa kurang nyaring, karena berkurangnya arus tersebut. Dibawah ini merupakan skema relay klakson atau rangkaian sederhana relay pada sistem klakson :

Skema Relay Klakson..

Dari gambar skema relay klakson diatas bisa dijelaskan bahwa kaki relay 30 dihubungkan langsung ke aki di kutub positif, bisa juga dengan menambahkan sekring (fuse) agar relay tidak mudah rusak jika terjadi arus pendek (gunakan kabel warna merah berukuran besar). Kemudian untuk kaki 87 dihubungkan ke beban (klakson) dan untuk arus negatif klakson bisa diambil dari ground/massa yakni body mobil.

Selanjutnya terminal 85 dan 86, dimana salah satunya dihubungkan ke massa serta sisanya ke tombol klakson, selanjutnya ke kutub positif aki. Kaki 85 serta 86 ini hanyalah sebagai aktivasi kemagnetan saja, jadi tidak masalah jika terbalik. Disini ketika tombol klakson ditekan akan membuat lilitan yang teraliri listrik berubah menjadi magnet, sehingga dapat menghubungkan arus dari kaki 30 ke kaki 87.

Cara Kerja Relay Klakson 4 Terminal

Cara Kerja Relay Klakson 4 Terminal

Relay klakson ini mempunyai 4 kaki atau terminal utama (sesuai dengan namanya) yaitu 85, 96, 87 dan 30. Disini terbagi menjadi dua rangkaian tertutup yaitu pertama kaki 85 dan 86 ini merupakan rangkaian tertutup antara ground, kaki 85, kumparan relay, kaki 86, tombol klakson lalu kutub positif aki, sehingga nantinya pada saat tombol klakson ditekan dikumparan terjadi gaya magnet untuk menghubungkan saklar didalam relay.

Sedangkan untuk terminal 87 dan 30 ini merupakan rangkaian tertutup antara aki, kaki 30, saklar relay, kaki 87 dan klakson (horn), disini ketika tombol klakson ditekan maka dikumparan terjadi gaya magnet yang akan menghubungkan saklar relay sehingga arus dari aki yang masuk lewat terminal 30 dapat terhubung ke terminal 87 menuju klakson.

Manfaat Memasang Relay Klakson

Manfaat Memasang Relay Klakson

Dengan menambahkan relay pada rangkaian klakson ada beberapa manfaat bisa didapatkan, diantaranya seperti :

  • Bunyi klakson kencang serta nyaring
  • Mencegah aki cepat drop, jadi aki bisa awet serta tahan lama
  • Switch klakson awet

Sebagai tambahan, pada relay dengan 5 terminal biasanya terdapat 2 buah terminal 87, jadi untuk relay dengan 5 terminal bisa dipasangkan pada dua buah klakson dan untuk skema dan cara pasangnya sama dengan relar klakson 4 terminal.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai skema relay klakson yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *