√ Rem Cakram Ngempos : Penyebab & Cara Mengatasi

Rem Cakram Ngempos

Rem Cakram Ngempos – Rem merupakan salah satu komponen yang terpasang pada sebuah kendaraan, dimana mempunyai fungsi amat penting untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Salah satu kegunaanya yaitu untuk mengurangi kecepatan kendaraan, baik itu ketika sedang melaju pada kecepatan tinggi maupun rendah.

Sejalan dengan perkembangan didunia teknologi, sekarang ini sistem pengereman yang ada pada kendaraan juga mengalami perkembangan. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk lebih meningkatkan faktor keamanan maupun keselamatan serta meminimalisir terjadinya hal-hal yang membahayakan, baik itu pengendara maupun penumpang.

Ada tiga jenis sistem pengereman yang biasanya dipakai pada sebuah kendaraan, yakni sistem rem tromol, rem cakram dan rem angin. Sistem pengereman jenis rem cakram dan rem tromol umumnya digunakan pada jenis kendaraan sepeda motor, sementara untuk rem angin biasanya pada kendaraan besar seperti Bus dan Truck.

Dari kekiga jenis sistem pengereman tersebut di suatu waktu tentunya akan dapat terjadi permasalahan seiring dengan usia pakai dari komponen rem tersebut. Salah satu permasalahan yang bisa terjadi serta akan Spbukita bahas dalam kesempatan kali ini yaitu rem cakram ngempos. Jadi bagi yang sedang menemui permasalahan tersebut atau sedang mencari informasi seputar permasalahan rem cakram ngempos, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai rem cakram ngempos berikut ini.

Penyebab Rem Cakram Ngempos

Penyebab Rem Cakram Ngempos

Walaupun terkenal memiliki banyak keunggulan, namun rem cakram juga ternyata memiliki beberapa kelemahan, diantaranya seperti sparepart lebih kompleks, harga mahal dan diperlukan proses perawatan yang lebih detail untuk mencegah terjadinya masalah pada komponen rem cakram itu sendiri. Selain kelemahan tersebut, pada beberapa kasus terjadi rem cakram ngempos. Nah kenapa pada sistem pengereman jenis rem cakram terjadi hal seperti itu yakni rem cakram ngempos, berikut beberapa penyebab dari sistem pengereman yang ngempos :

1. Terdapat Udara Pada Rem

Rem yang ngempos bisa diakibatkan karena adanya udara yang terjebak pada komponen pengereman. Adanya udara tersebut dapat mengakibatkan rem tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau ngempos karena udara memiliki massa lebih ringan dibanding minyak rem, jadi ketika digunakan rem jadi ngempos.

2. Kurangnya Perawatan Rem Cakram

Hal ini bisa dibilang sebagai penyebab paling utama dari rem cakram ngempos, sebab rem cakram yang kurang perawatan baik itu pada motor matic maupun manual akan lebih cepat atau gampang bermasalah dibandingkan dengan rem cakram yang secara rutin mendapatkan perawatan, sehingga jika terjadi permasalahan sedikit bisa cepat terdeteksi dan juga diatasi.

Disamping kedua penyebab tersebut diatas, ada beberapa penyebab lain bisa mengakibatkan permasalahan ini, diantaranya seperti :

  • Seal master rem rusak
  • Kampas rem sudah aus
  • Pompa rem ngempos
  • Seal pada pompa rem bocor
  • Ada komponen yang keropos, mengakibatkan master rem bermasalah.

Solusi Rem Cakram Ngempos

Solusi Rem Cakram Ngempos

Untuk mengatasi rem cakram ngempos atau masuk angin, ada beberapa cara bisa dilakukan agar rem cakram bisa bekerja normal kembali. Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya :

Cara Pertama :

  • Pertama siapkan minyak rem serta perlalatan yang di perlukan, seperti tang penjepit kunci pas, kunci ring dan sebagainya.
  • Jika semua sudah siap, selanjutnya tes angin caliper. Caranya yakni dengan mengendorkan baut pembuangan lalu tekan tuas remhingga oli keluar, kemudian tutup kembali
  • Setelah itu buka penutup penampung minyak rem (atas dan bawah) guna mengembalikan fungsi rem
  • Pastikan minyak rem tidak terkena tangan maupun body motor, sebab bisa merusak cat
  • Selanjutnya lakukan penyetingan ulang rem sambil perhatikan gelembung udara pada master rem, jika ternyata masih terdapat gelembung udara lepaskan bagian atas master rem lalu keluarkan terlebih dahulu udara tersebut
  • Jika sudah, pasang kembali semua komponen lalu baut dan kencangkan.

Apabila sudah menggunakan cara diatas namun belum berhasil alias masih ngempos, bisa gunakan cara kedua berikut ini untuk mengatasi ngempos atau masuk angin tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Kedua :

  • Siapkan minyak rem dan peralatan yang dibutuhkan
  • Pertama kendorkan baut pada selang rem yang letaknya didalam master rem
  • Pastikan atau hindari untuk menekan rem pada saat mengendorkan baut lalu barkan jika ada minyak rem keluar pada sekeliling nepel. Keluarnya minyak rem tersebut menandakan bahwa ruang master rem dipenuhi oleh minyak rem
  • Setelah itu kencangkan kembali baut dan pastikan posisi reservoir terbuka
  • Kemudian pancing pedal rem dengan cara menekan pedal rem secara berulang-ulang
  • Selanjutnya tekan atau tarik pedal rem lalu kendorkan nepel selang rem yang terletak di caliper guna memastikan udara yang terjebak berhasil dikeluarkan
  • Sebagai tanda kalau udara yang terjebak dapat dikeluarkan ditandai dengan munculnya puncratan minyak rem
  • Setelah itu pasangkan kembali semua komponen seperti semula
  • Jika sudah, tes rem cakram apakah sudah bisa bekerja secara normal.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi rem cakram ngempos yang bisa dilakukan jika suatu saat menemui permasalahan tersebut.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai rem cakram ngempos yang dapat Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *