√ Mobil Distarter Bunyi Tek Tek : Penyebab & Solusi

Mobil Distarter Bunyi Tek

Mobil Distarter Bunyi Tek Tek – Sebenarnya keluarnya bunyi ketika mobil distarter merupakan hal yang wajar, sebab pada saat mobil distarter terdapat perpindahan energi dan pergerakan pada komponen mesin. Namun ada beberapa bunyi tidak biasa yang dapat mengindikasikan adanya suatu masalah pada komponen mobil, salah satunya yakni bunyi tek tek.

Lalu apa indikasi atau penyebab dari bunyi tersebut? Untuk itu pada kesempatan kali ini Spbukita akan membahas seputar hal tersebut, tepatnya yaitu mobil distarter bunyi tek tek. Mobil dihidupkan bunyi tek tek memang sering kali dialami para pengguna mobil, kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika mobil lama tidak dinyalakan atau lama diparkiran.

Mobil distarter mengeluarkan bunyi juga tidak menutup kemungkinan terjadi sesaat setelah mesin mobil dimatikan. Bunyi tek tek biasanya disertai dengan meredupnya lampu-lampu indikator di dashboard mobil, jika posisi kunci kontak masih di On lampu masih bisa terlihat terang dan normal tetapi ketika kunci kontak diputar ke start, kendaraan tidak mau distarter dan keluar bunyi tek tek.

Pada posisi tersebut dinamo starter tidak berputar dengan semestinya yang disertai dengan lampu indikator didashboard redup. Selain bunyi tek tek, terkadang juga muncul bunyi krek dan cetek cetek ketika kendaraan distarter. Nah untuk mengetahui sekaligus memahami penyebab peramasalahnya, simak ulasan lengkapnya dari Spbukita mengenai mobil distarter bunyi tek tek berikut ini.

Mobil Distarter Bunyi Tek Tek

Mobil Distarter Bunyi Tek.

Berdasarkan pengalaman dan dari kasus-kasus yang pernah ada, terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan mobil distarter bunyi tek tek. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bunyi Tek Tek Karena Dinamo Starter Longgar

Dinamo Starter Longgar

Dinamo starter merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi memutar poros engkol mesin. Dinamo starter bekerja dengan mengandalkan energi listrik dari batery/aki. Komponen ini terletak di dekat flywheel, dinamo starter menghasilkan daya yang besar untuk dapat menggerakan piston mobil sehingga harus terpasang kuat.

Komponen ini terikat kuat menggunakan baut khusus pada mesin, jadi jika baut tersebut longgar bisa menyebabkan mesin mengeluarkan bunyi tek tek saat distarter. Cara mnegatasinya tentu saja dengan mengencangkan kembali baut-baut pengikat tersebut. Tapi sebelum mengencangkan lihat terlebih dahulu penyebab longgarnya, jika ternyata karena baut atau dudukan baut sudah aus maka perlu dilakukan pembubutan sehingga nantinya dinamo starter bisa terpasang kuat lagi dan tidak menimbulkan bunyi tek tek lagi saat distarter.

2. Kerusakan Pada Gigi Pinion Motor Starter

Kerusakan Pada Gigi Pinion Motor Starter

Mobil distarter mengeluarkan bunyi tek tek juga bisa diakibatkan karena permasalahan atau kerusakan pada komponen gigi pinion. Kerusakan pada gigi pinion yang umum terjadi yakni gigi yang aus atau bahkan rontok dan habis, hal ini bisa terjadi karena gigi pinion ketika bekerja bersinggungan dengan flywheel.

Gigi pinion merupakan roda gigi kecil yang terletak diantara dinamo starter dan flywheel. Ketika mesin distarter, secara otomatis roda gigi pinion akan muncul dan langsung bertautan dengan flywheel. Sehingga ketika dinamo starter berputar maka flywheel pun ikut berputar. Jadi untuk mengatasi mobil dihidupkan bunyi tek tek karena gigi pinion rusak yaitu dengan mengganti roda gigi pinion.

3. Engine Mounting Mengalami Gangguan

Engine Mounting Mengalami Gangguan

Engine mounting merupakan komponen dengan fungsi sebagai dudukan mesin supaya posisinya stabil didalam ruang mesin, selain itu engine mounting juga berfungsi untuk meredam getaran mesin sehingga pengendara atau penumpang disa nyaman selama berkendara. Jadi untuk mengetahui penyebab mobil dihidupkan bunyi tek tek, terlebih dahulu bisa lakukan pengecekan pada komponen ini.

Engine mounting terbuat dari material karet, sehingga jika terjadi kerusakan pada komponen ini seperti misalnya sobek bisa jadi akan mengakibatkan mesin mengeluarkan bunyi tek ter saat distarter. Solusi mengatasinya cukup dengan mengganti engine mounting dengan yang baru.

4. Bunyi Tek Tek Karena Oli Belum Naik

Oli Belum Naik

Kemudian penyebab mobil dihidupkan bunyi tek tek berikutnya yaitu berhubungan dengan oli. Jika mobil lama tidak dihidupkan, oli akan akan mengendap atau berkumpul dibagian carter/oil pan sehigga bagian atas dari mesin pada kondisi tidak terlumasi atau kekeringan oli. Pada kondisi seperti ini kendaraan akan susah distarter dan mengeluarkan bunyi tek tek, sebab mekanisme katup yang bekerja tanpa pelumasan yang baik bisa memunculkan bunyi tek tek.

Tetapi jika permasalahan mibil distarter bunyi tek tek karena sebab ini, tidaklah perlu dikhawatirkan karena hanya cukup tunggu oli naik dan kemudian distarter kembali maka bunyi tek tek tersebut akan hilang.

Akhir Kata

Masalah mobil distarter bunyi tek tek merupakan permasalahan yang sangat mungkin terjadi pada sebuah kendaraan, terlebih lagi jika kendaraan tersebut jarang digunakan. Demikian pembahasan mengenai mobil distarter bunyi tek tek yang bisa Spbukita bagiakan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *