√ Macam Macam Karburator Sepeda Motor : Venturi & Skep

Macam Macam Karburator Sepeda Motor

Macam Macam Karburator Sepeda Motor – Karburator merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil yang masih menggunakan konsep bahan bakar konvensional. Macam macam karburator sepeda motor beragam tergantung dari bentuk venturi dan klep gasnya.

Sekarang karburator sudah mengalami perubahan dengan konsep yang terus berkembang, salah satu contohnya yaitu sistem injeksi bahan bakar. Jika dibandingkan dengan sepeda motor yang masih menggunakan karburator, sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi ini lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Fungsi karburator secara umum yaitu untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara serta mengontrol tinggi rendahnya rpm mesin. Komponen dalm karburator yakni katup gas yang dihubungkan ke pegangan melalui media kabel, hal ini memungkinkan katup gas ditarik supaya mesin bisa menyesuaikan dengan sirkulasi gas rpm.

Berbicara mengenai karburator, ada beberapa jenis atau macam dari karburator sepeda motor. Untuk itu dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi mengenai hal tersebut, yaitu macam macam karburator sepeda motor. Jadi bagi yang ingin mengetahui macam karburator sepeda motor, simak ulasan dari Spbukita tentang macam macam karburator sepeda motor berikut ini.

Macam Macam Karburator Sepeda Motor

Macam Macam Karburator Sepeda Motor.

Setiap komponen di sepeda motor memiliki peran penting yang sama tanpa terkecuali, sebab seluruh komponen bekerja sama untuk menggerakan mesin. Disini karburator memiliki peran penting terutama ketika pembakaran bahan bakar minyak.

Didalam karburator, bahan bakar dan udara dicampur atau digabungkan pada keceoatan tertentu sehingga berubah menjadi kabut gas, yang menyebabkan bahan bakar atau bensin lebih mudah terbakar dan selanjutnya menjadi energi. Dimana jumlah kabut gas/bensin tergantung pada bukaan selongsong gas penggerak. Berikut ini merupakan macam macam karburator sepeda motor :

1. Macam Karburator Berdasarkan Bentuk Venturi

Jika dilihat dari bentuk ventilasinya, karburator sepeda motor terbagi menjadi tiga macam atau jenis, yaitu ;

1. Karburator Geser Konversi (Venturi Variabel) Venturi Karburator

Karburator Geser Konversi

Ini merupakan macam karburator dengan venturi berubah-ubah sehingga ditempatkan katup throttle di venturi dan dioperasikan langsung oleh kabel gas. Karena itu diameter venturi bervariasi sesuai dengan besarnya aliran campuran bahan bakar udara di dalam karburator.

2. Karburator Venturi Tetap (Fixed Venturi)

Karburator Venturi Tetap

Merupakan karburator sepeda motor yang venturinya tidak bisa dirubah lagi, Besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan throttle buttefly, pada jenis ini biasanya terdapat pilot jet sebagai kecepatan stasioner/idle. Sistem kecepatan utama sekunder guna memenuhi proses pencampuran udara dan bahan bakar yang tepat di setiap kecepatan. Karburator sepeda motor ini dalam menyalurkan bahan bakar hanya melalui main jet atau spuyer utama yang dikontrol oleh jarum/needle.

3. Karburator Kecepatan Konstan (Constant Velocity Carburettor)

Karburator Kecepatan Konstan Constant Velocity Carburettor

Ini adalah jenis karburator sepeda motor dimana merupakan gabungan dari kedua karburator diatas. Karburator kecepatan konstan sering disebut juga karburator vakum. Di dalam venturi terdapat torak valve yang fungsinya supaya diameter venturi berubah-ubah sesuai dengan pergerakan torak keatas dan kebawah. Pada karburator ini pergerakan torak valve tidak dilakukan oleh kawat gas, namun oleh tekanan negatif/kevakuman dalam venturi.

2. Macam Karburator Berdasarkan Bentuk Skep (Katup Gas)

Jika dilihat dari bentuk skep atau katup gas, karburator sepeda motor dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :

1. Karburator PE

Karburator PE

Karburator sepeda motor satu ini bisa digunakan untuk harian maupun drag race motor bebek 105-125 cc atau kelas motor matic bore up hingga 200 cc, jadi sangat cocok untuk yang menyukai kecepatan dan menginginkan top speed maupun touring. Ada beberapa ukuran pada karburator PE seperti PE 24, PE 28, PE 38. Adapun ciri-ciri dari arburator PE, yaitu sebagai berikut :

  • Setelan stationer berwarna hitam (Sudco)
  • Skep dengan ukuran 20-38 mm
  • Setelan stationer kuning (NSR SP)
  • Skep bulat dilapisi krom
  • Performa tarikan, baik atas maupun bawah bagus
  • Mampu direamer sampai 31 mm untuk venturi 28
  • Mudah untuk setting PJ MJ
  • Bahan bakar irit

2. Karburator PJ

Karburator PJ

Karburator PJ mempunyai skep berbentuk oval berlapis krom, skep dengan bentuk oval memiliki kelebihan pada lintasan kabut, dimana lebih cepat dibanding skep bulat. Karena skep tipis, jarak lintas ke saluran masuk atau intake manifold jadi lebih dekat sehingga bahan bakar cepat sampai. Umumnya karburator PJ dipakai untuk sepeda motor 2-Tak.

3. Karburator PWK

Karburator PWK

Jika dilihat secara sekilas, Karburator PWK memiliki bentuk fisik mirip karburator PJ, terutama pada bagian tutup katup gas. Namun pada PWK katup skep memiliki bentuk semi-flat atau skep D, yang mana menghasilkan tenaga yang besar, performa bagus tapi boros bahan bakar sehingga sangat cocok jika digunakan pada sepeda motor untuk Moto Cross dan Road Race.

Ukuran dari karburator PWK ada ber macam macam, diantaranya yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker/sudco dan PWK 41 pro series. Adapun ciri-ciri karburator PWK, yaitu sebagai berikut :

  • Di putaran bawah ke atas performa bagus
  • Konsumsi bahan bakar boros, meski sudah diseting irit
  • Bentuk skep semi-flat / skep D berlapis krom
  • Spare part gampang dicari
  • Memiliki rangkaian quads vent, untuk mengurangi tenaga drop ketika udara melewati venturi
  • Sangat cocok untuk road race dan moto cross

4. Karburator PWL

Karburator PWL

Pada Karburator PWL performa putaran bawah bagus, namun putaran atas sering kehilangan nafas karena venturi mengecil diatas.

5. Karburator TM

Karburator TM

Karburator TM memiliki bentuk skep kotak, dimana performa lebih bagus dibanding skep bulat karena udara masuk lebih cepat serta lancar.

6. Karburator TMX

Karburator TMX

Karburator TMX memiliki bentuk skep setengah lingkaran, dimana memiliki kelebihan dalam akselerasi dan power band yang rata di semua rpm.

Komponen Pada Karburator

Komponen Pada Karburator

Pada karburator sepeda motor setidaknya ada 12 komponen, yang mana semua komponen tersebut akan saling berkaitan untuk menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat untuk menghasilkan tenaga. Berikut macam macam komponen yang ada pada karburator :

  • Mangkok pelampung karburator
  • Pelampung
  • Jarum katup pelampung
  • Katup gas
  • Pegas katup gas
  • Slow jet atau Pilot jet
  • Main jet
  • Jet needle
  • Needle jet
  • Slow air jet atau Slow air bleed
  • Main air jet
  • Air screw atau pilot screew

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai macam macam karburator sepeda motor yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *