√ Estimasi Biaya Tune Up Mobil : Bengkel Resmi & Umum

Estimasi Biaya Tune Up Mobil

Estimasi Biaya Tune Up Mobil – Merawat mobil merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan agar kendaraan senantiasa dalam performa optimal tanpa adanya permasalahan. Dalam perwatan mobil terdapat dua istilah yang sering diungkapkan atau digunakan yakni servis dan tune up. Meskipun Tune up dan servis sama-sama merupakan jenis kegiatan merawat mobil, namun sebenarnya kegiatan perawatan mobil yang berbeda. Tetapi masih banyak orang beranggapan bahwa keduanya sama saja, dengan kata lain tune up dan servis mobil dianggap memiliki arti sama.

Perbedaan itu bisa dilihat dari pengertianya, dimana servis mobil merupakan kegiatan perawatan mobil yang dilakukan dengan cara membersihkan komponen mobil secara umum, serta dilakukan secara berkala setiap 5000 km atau enam bulan sekali. Hal tersebut berbeda dengan tune up mobil, dimana merupakan perawatan atau membersihkan sekaligus perbaikan maupun penggantian bagian/komponen secara keseluruhan. Dengan ini tune up mobil bisa diartikan jenis perawatan mobil yang lebih mendetail.

Tune up mobil sendiri biasanya dilakukan secara rutin yakni setiap 20.000 km perjalanan atau kurang lebih setiap setahun sekali. Namun sebenarnya baik itu tune up maupun servis mobil, janganlan hanya berpatokan pada kilometer perjalanan saja tetapi kondisi mobil juga harus jadi patokan. Misalnya saja ketika performa mobil sudah kurang stabil atau tidak nyaman, maka tak perlu lagi menunggu kilometer yang disarankan untuk melakukan tune up maupun servis.

Untuk masalah biaya, tentu saja antara tune up dan servis tidaklah sama. Jika dilihat dari penangananya atau kegiatanya, biaya tune up akan lebih besar. Hal tersebut karen pada tune up akan adanya penggantian /pembersihan bagian mobil yang tentu saja memakan waktu. Lalu berapakah estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan tune up mobil? Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, di kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu estimasi biaya tune up mobil. Jadi bagi yang ingin tahu atau sedang mencari informasi tentang estimasi biaya tune up mobil, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai estimasi biaya tune up mobil berikut ini.

Estimasi Biaya Tune Up Mobil

Estimasi Biaya Tune Up Mobil.

Untuk menjaga performa mobil agar tetap maksimal perlu dilakukan tune up secara berkala/rutin, minimal satu tahun sekali. Secara umum tune up mobil meliputi penggantian beberapa bagian/komponen berdasarkan masa pakai efektifnya. Dibengkel resmi maupun bengkel umum biasanya estimasi biaya untuk sekali tune up berkisar antara RP 350.000,- hingga Rp 3 jutaan. Berikut penjelasan rincian estimasi biaya tune up untuk bengkel umum dan bengkel resmi :

1. Estimasi Biaya Tune Up di Bengkel Resmi

Biasanya estimasi biaya untuk sekali tune up di bengkel resmi akan jauh lebih mahal jika dibandingkan bengkel umum, yaitu rata-rata bengkel resmi akan mematok biaya menyentuh nominal Rp 1 hingga 3 jutaan, bahkan bisa lebih. Hal ini karena dibengkel resmi pengerjaan tune up dilakukan oleh mekanik ynag sudah mengetahui berbagai hal mengenai mobil tersebut, sehingga akan didapatkan hasil yang lebih baik.

Tune up dibengkel resmi akan membutuhkan waktu lebih lama karena mekanik akan mengecek secara keseluruhan bagian /komponen mobil, artinya akan sangat banyak sekali yang akan dilakukan pengecekan sekaligus pembersihan. Dibengkel resmi jika ditemui bagian/komponen dengan kondisi rusak parah, maka bengkel akan menyarankan untuk dilakukan penggantian sekaligus estimasi harga komponen.

2. Estimasi Biaya Tune Up di Bengkel Umum

Estimasi biaya tune up di bengkel umum akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi, hal ini karena pada bengkel umum tidak ada atau tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi. Estimasi biaya untuk sekali tune up di bengkel umum berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000. Biaya tersebut adalah biaya jasa saja, jadi belum termasuk biaya penggantian komponen jika ada penggantian komponen baik karena usia pakai efektif ataupu karena rusak.

Komponen Yang Dicek Serta Manfaat Tune Up

Komponen Yang Dicek Serta Manfaat Tune Up

1. Komponen Yang Di Cek Ketika Tune Up

Beberaoa komponen yang dilakukan pemeriksaan dan pembersihan pada saat melakukan tune up mobil, yaitu sebagai berikut :

  • Filter Udara
  • Karburator dan Throttle Body
  • Celah Busi
  • Celah Katup
  • Aki
  • Berbagai Cairan Fluida

2. Manfaat Tune Up

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapat jika melakukan Tune Up secara berkala atau rutin :

  • Performa mesin lebih optimal
  • Mobil terhindar dari kerusakan yang parah karena dipantau secara rutin
  • Kondisi mesin mobil terjaga
  • Memastikan fungsi saringan udara bekerja dengan baik
  • Memastikan seluruh komponen pada kondisi baik dan stabil

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai estimasi biaya tune up mobil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *