√ Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King 2021

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King – Dari banyaknya jenis kendaraan bermotor yang ada didumia ini, sepeda motor adalah salah satu jenis kendaraan favorit atau digemari oleh banyak orang. Salah satu alasannya yaitu karena dalam penggunaanya sepeda motor lebih simpel dan praktis, apalagi jika dipakai pada kondisi jalan sedang macet/padat.

Selain karena keunggulan dalam penggunaanya, beberapa orang menggemari sebuah sepeda motor karena hobi, baik karena bentuk dari sepeda motor maupun karena kecintaanya terhadap pabrikaan pembuat sepeda motor tersebut. Hobi atau minat tersebut juga tidak menutup kemungkinan disebabkan karena gemar atau kesukaan untuk memodifikasi sebuah motor. Dan salah satu yang banyak dicari dan diminati yaitu Yamaha RX King.

RX King merupakan salah satu motor 2 tak produksi pabrikan Yamaha yang memilki banyak penggemar. Hal tersebut karena RX King terkenal memiliki tenaga serta tarikan yang dahyat, meskipun termasuk dalam golongan motor lawas. Hal lain yang membuat RX King banyak digemari adalah karena motor ini mudah untuk dimodifikasi hingga memiliki tampilan garang sekaligus antik.

Namun karena RX King termasuk salah satu motor lawas, tidak menutup kemungkinan sering terjadi masalah pada komponennya, Komponen RX King sering bermasalah yaitu pompa oli samping. Nah untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan membahas seputar cara memperbaiki pompa oli samping RX King. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai cara memperbaiki pompa oli samping RX King, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai cara memperbaiki pompa oli samping RX King berikut ini.

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King.

Sebenarnya sebuah sepeda motor, entah itu RX King maupun merk lainnya jika dilakukan perawatan dengan benar dan secara rutin kemungkinan motor tidak akan mengalami masalah. Beberapa bagian sepeda motor perlu perhatian khusus dan perlu dilakukan perawatan secara rutin yaitu seperti pelumas, kopling, karburator, rantai, rem dan tentunya pompa oli samping RX King.

Jika pompa oli samping RX King kurang mendapatkan perawatan biasanya pompa oli samping akan macet, karena itulah mengapa perlu melakukan perawatan rutin terhadap komponen tersebut. Untuk memperbaiki pompa oli samping RX King, alangkah baiknya terlebih dahulu memahami mengenai cara kerja dari motor RX King, terutama bagian pompa oli samping ini.

Pompa oli samping adalah komponen pada motor 2 tak yang tidak dimiliki oleh sepeda motor pengusung mesin 4 tak. Pompa oli samping RX King atau disebut juga pompa oli autolube memiliki fungsi untuk mengatur arus oli samping. Kenapa oli harus diatur arusnya, sebab jika terlalu boros bisa membuat bagian kepala silinder akan berkerak dan knalpot akan mengeluarkan asap putih tebal. Sebaliknya jika oli samping terlalu kurang, performa motor bisa menurun drastis/kurang tenaga.

Berikut cara atau langkah-langkah memperbaiki pompa oli samping RX King :

1. Setel Ulang Pompa Oli Samping RX King

Setel Ulang Pompa Oli Samping RX King

Oli samping merupakan salah satu bagian penting pada motor dua tak, oli samping ini mantinya akan bercampur dengan bahan bakar. Karena itulah mengapa kebanyakan knalpot motor 2 tak mengeluarkan asap hitam. Fungsi dari oli samping ini adalah untuk membantu mesin motor agar tidak mengalami overheat dalam berbagai kondisi.

Untuk memperbaiki atau mencegah terjadinya hal tersebut maka perlu dilakukan pengaturan atau setel ulang pompa oli samping RX King, sehingga jumlah volume oli sesuai dan pas dengan kebutuhan mesin motor.

2. Mengganti Gear Pompa Oli Samping RX King

Mengganti Gear Pompa Oli Samping RX King

Salah satu penyebab mengapa pompa oli samping RX King tidak bekerja normal adalah karena adanya masalah pada bagian gear nya. Salah satunya yaitu gear telah aus, maka untuk memperbaiki perlu dilakukan penggantian dengan gear baru. Namun sebenarnya tidak hanya gear aus saja yang bisa membuat pompa oli samping RX King tidak normal, karena bagian selang juga dapat mempengaruhi kerja dari pompa oli samping.

Selang pompa oli samping kemasukan cairan (air) atau udara juga dapat mengganggu kerja pompa oli samping, cara memperbaiki yakni dengan mencopot selang lalu keluarkan air atau udara yang terdapat pada selang.

3. Memeriksa Kondisi Aki

Memeriksa Kondisi Aki

Cara memperbaiki pompa oli samping yang bermasalah dengan melakukan pengecekan langsung pada pompa oli, perlu juga melakukan pemeriksaan pada aki. Sebab pompa oli samping tidak bekerja dengan normal juga bisa disebabkan karena suplai listrik tidak berjalan dengan baik ke pompa oli samping.

Jadi secara tidak langsung, jika kondisi aki tidak baik ataupun rusak bisa juga mempengaruhi kerja dari pompa oli samping. Jika memang terjadi kerusakan pada aki segeralah perbaiki, bila perlu lakukan penggantian pada aki agar performa RX King kembali maksimal.

4. Memperhatikan Kebocoran Pada Pompa Oli Samping

Memperhatikan Kebocoran Pada Pompa Oli Samping

Cara selanjutnya memperbaiki pompa oli samping RX King yang bermasalah yaitu dengan memeriksa bagian pompa oli samping, apakah ada kebocoran atau tidak. Sebab jika oli samping bocor, bisa mengakibatkan kerja pompa oli samping jadi tidak maksimal. Cara mempebaiki yakni dengan mengganti karet seal yang ada pada pompa oli samping. Cek juga bagian pompa oli samping lainnya untuk memastikan bahwa tidak ada masalah.

Penyebab Pompa Oli Samping Rusak

Penyebab Pompa Oli Samping Rusak

Adanya masalah fungsi pada pompa oli samping akan menyebabkan oli samping tidak bisa bekerja atau mengalir sempurna, sehingga bisa menyebabkan kemacetan pada piston dan menjadi panas. Jika tidak segera ditangani, kondisi seperti ini bisa mengakibatkan komponen lain yang saling berhubungan rusak. Berikut beberapa penyebab rusaknya pompa oli samping :

1. Gear Pompa Oli Samping Aus

Gear Pompa Oli Samping Aus 1

Permasalahan atau kerusakan pompa oli samping biasanya dikarenakan usia pakai dari pompa oli samping sendiri yang telah habis. Hal tersebut biasanya ditandai dengan bagian gear sudah mulai aus karena pengikisanyang terus menerus. Gear pompa oli samping terbuat dari material plastik, sehingga ketika mengalami panas serta gesekan secara terus-menerus pastinya lama-kelaman akan habis/aus. Cara memperbaiki tentu saja dengan mengganti gear pompa oli samping dengan yang baru.

2. Terdapat Cairan Atau Udara Pada Selang Pompa Oli Samping

Terdapat Cairan Atau Udara Pada Selang Pompa Oli Samping

Selain karena gear pompa oli yang aus, permasalahan atau kerusakan pompa oli juga bisa terjadi karena ada udara maupun cairan (air) yang masuk ke dalam selang pompa oli. Dimana udara atau cairan ini akan menahan aliran dari oli samping, sehingga aliran oli tidak lancar. Hal seperti ini bisa terjadi karena ada kebocoran atau bisa juga karena pemasangan selang yang salah. Cara memperbaiki yakni dengan copot selang kemudian keluarkan udara atau cairan tersebut.

Nah itu dia beberapa contoh penyebab yang bisa mengakibatkan pompa oli samping mengalami kerusakan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki pompa oli samping RX King yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *