Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Cara Mematikan Mesin Mobil Tanpa Kunci : Engine Start/Stop

Cara Mematikan Mesin Mobil Tanpa Kunci

Cara Mematikan Mobil Tanpa Kunci – Mematikan kendaraan memang terlihat mudah, tetapi mematikan mesin mobil dengan cara yang benar seringkali terabaikan. Beberapa orang bahkan sering menginjak pedal sebelum melepas atau memutar kunci mobil, padahal proses menonaktifkan mesin mobil tidaklah semudah itu. Lalu bagaimana cara mematikan mesin mobil tanpa kunci?

Hal satu ini yaitu mematikan mesin mobil memang sering dianggap remeh oleh sebagian orang, padahal hal tersebut sangatlah penting. Sebab mematikan mesin mobil dengan benar merupakan bagian dari perawatan mesin mobil.

Sebenarnya tak perlu keahlian khusus untuk melakukanya, yang terpenting hanyalah perlu mengerti caranya, luangkan waktu sedikit untuk memastikan mesin sudah dalam kondisi aman untuk dimatikan serta melakukannya secara rutin setiap kali akan mematikan mesin mobil.

Banyak manfaat bisa didapat dengan memastikan mesin mobil dengan benar supaya komponen mesin dan juga kelistrikan mobil (termasuk baterai/aki) bisa awet sesuai dengan waktu pakai serta tidak cepat rusak. Sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan berbagi informasi tentang cara mematikan mesin mobil tanpa kunci. Jadi bagi yang ingin mengetahui mengenai hal tersebut yaitu cara mematikan mobil tanpa kunci, simak ulasan dari Spbukita berikut ini.

Cara Mematikan Mesin Mobil Tanpa Kunci

Cara Mematikan Mesin Mobil Tanpa Kunci.

Perlu diketahui, cara ini hanya bisa diterapkan pada kendaraan yang sudah mengaplikasikan tombol engine start/stop. Menggunakan fitur ini pengemudi tidak perlu lagi memasukan batang kunci mobil ke lubang kunci dan memutarnya secara manual untuk menyalakan maupun mematikan mesin mobil.

Disini pemilik mobil atau pengemudi hanya perlu meletakan remot kunci di konsol tengah mobil atau dikantong lalu tekan tombol start/stop. Namun tetap saja ada tekhniknya tidak asal pencet saja. Caranya sebenarnya mudah untuk menghidupkan maupun mematikan mesin mobil tanpa kunci pada mobil yang sudah dilengkapi dengan smart entry.

Untuk mobil dengan transmisi matik, cara nya yakni hanya dengan menginjak rem saja baru kemudian menekan tombol start. Sedangkan untuk mobil bertransmisi manual cara nya dengan injak kopling dan tekan tombol start. Begitu juga sebaliknya untuk cara mematikan mesin tanpa kunci atau menggunakan tombol engine start/stop.

Namun perlu diketahui disini adalah tiap merk atau brand mobil untuk cara menghidupkan maupun mematikan menggunakan tombol start/stop tidak selalu sama, tergantung dari kebijakan yang diberikan oleh para produsen mobil tersebut.

Kemudian perlu diingat juga bagi para pemilik mobil atau pengemudi menggunakan fitur engine start/stor ketika kondisi baterai remot kunci lemah, cara menghidupkan maupun mematikan mesin mobil yaitu dengan cara menempelkan remot smart entry yang ada logonya ke tombol start/stop hingga lampu ditombol menyala hijau lalu lakukan prosedur seperti semula, yakni injak rem dan tekan tombol start/stop untuk mobil matik dan injak pedal kopling dan tekan tombol start/stop untuk mobil manual.

Nah itu dia cara mematikan mesin tanpa kunci atau menggunakan fitur engine start/stop, cara nya cukup mudah untuk dilakukan.

Hal Yang Perlu Dihindari Saat Mematikan Mesin Mobil

Hal Yang Perlu Dihindari Saat Mematikan Mesin Mobil

Berikut beberapa hal penting perlu dihindari atau tidak dilakukan ketika mematikan mesin mobil :

1. Jangan Mematikan Mesin Mobil Ketika Putaran Masih Tinggi

Kebiasaan menginjak gas secara mendadak lalu mematikan mesin mobil ketika putaran masing tinggi sangat tidak disarankan, sebab pada saat putaran mesin masih tinggi piston masih bergerak naik turun dan masih mengambang. Pada kondisi ini piston dan komponen lainya masih memerlukan pelumasan dari oli mesin, jadi jika mesin berhenti secara mendadak maka pelumasan akan berkurang. Hal tersebut bisa mengakibatkan komponen yang bergerak di dalam mesin bisa mengalami keausan karena kurangnya pelumasan. Jadi untuk mematikan mesin mobil tanpa kunci sebaiknya hingga putaran mesin idle secara konstan.

2. Hindari Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Bekerja

Hal seperti ini juga perlu dihindari ketika mematikan mesin mobil tanpa kunci, sebab jika mesin mobil dimatikan namun AC masih menyala akan mempengaruhi kompresor AC. Sebab jika mesin dimatikan dan kompresor AC masih berputar akan menimbulkan hentakan pada kompresor AC, jika hal ini terjadi terus menerus akan membuat kompresor AC cepat rusak.

3. Jangan Mematikan Mesin Ketika Audio Masih Menyala

Jika mematikan mesin mobil pada saat sistem audio masih menyala, maka akan secara otomatis audio langsung menyala ketika mesin mobil dihidupkan kembali. Hal seperti ini bisa jika terjadi terus menerus akan dapat memperpendek usia pakai dari sistem audio mobil. Karena itu sebelum mematikan mesin mobil, pastikan seluruh komponen kelistrikan termasuk sistem audio dalam kondisi dimatikan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mematikan mesin mobil tanpa kunci yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawsan bagi para pembaca artikel ini.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.