√ Cara Melepas Kaca Film Mobil : Depan, Samping & Belakang

Cara Melepas Kaca Film Mobil

Cara Melepas Kaca Film Mobil – Kaca film sudah umum digunakan pada kendaraan roda empat, banyak yang beranggapan bahwa penggunaan kaca film pada mobil sangatlah penting. Selain untuk menahan sinar matahari masuk kedalam mobil, juga bisa difungsikan untuk keamanan. Faktor keamanan yang dimaksud disini yaitu supaya barang-barang yang ada didalam mobil tidak mudah terlihat dari luar oleh orang-orang yang punya niat jahat.

Namun seiring usia pemakaian yang telah lama kaca film mobil akan mengalami penurunan kualitasnya, bahkan terkadang terjadi permasalahan pada kaca film diantaranya seperti kaca film mobil baret, timbul gelembung disejumlah bagian kaca film mobil maupun warna kaca film mobil mengalami perubahan. Hal tersebut dimungkinkan untuk segera dilakukan perbaikan atau pembaruan terhadap kaca film mobil dengan cara menggantinya dengan kaca film mobil baru.

Sebenarnya cara melepas kaca film tidaklah sulit, bahkan cenderung mudah dilakukan. Artinya bisa dilakukan sendiri tanpa harus bengkel mobil untuk penggantian kaca film tersebut. Meskipun mudah tetap saja ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan mengenai cara melepas kaca film mobil, tentunya supaya tidak membuat kaca mobil jadi malah rusak karena salah tindakan.

Lalu bagaimana cara melepas kaca film mobil, untuk menggantinya dengan yang baru? Nah untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yakni cara melepas kaca film mobil. Jadi bagi yang penasaran dan ingin mengetahui mengenai cara melepas kaca film mobil, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentang cara melepas kaca film mobil brikut ini.

Cara Melepas Kaca Film Mobil

Cara Melepas Kaca Film Mobil.

Pekerjaan melepas kaca film mobil tidaklah sulit untuk dilakukan, apalagi untuk kaca bagian depan dan samping mobil. Cara melepasnya hanya dengan menyobek bagian ujung lalu kaca film bisa dilepaskan perlahan-lahan, kemudian setelah kaca film terlepas, bersihkan sisa-sisa lem hingga tidak lagi terdapat sisa lem yang menempel di kaca. Berbeda dengan melepas kaca film bagian belakang, hal ini karena pada mobil-modern saat ini kaca sudah dilengkapi dengan fitur defogger, dimana fungsinya adalah untuk menghilangkan embun pada kaca.

Cara melepas kaca film mobil bagian belakang yang sudah memakai defogger diperlukan kehati-hatian ekstra sebab jika tidak dapat berakibat putusnya elemen defogger. Melepas kaca film bagian belakang yakni dengan cara memanaskanya terlebih dahulu menggunakan heat gun, kemudian setelah panas merata barulah bisa disobek bagian ujung lalu lepaskan kaca film dengan perlahan dan hati-hati. Berikut beberapa cara melepas kaca film mobil beserta penjelasannya :

1. Melepas Kaca Film Menggunakan Air Sabun

Melepas Kaca Film Menggunakan Air Sabun

Untuk kaca film bagian depan dan samping mobil, pertama bisa langsung robek dari bagian ujung dan lepaskan kaca film kemudian semprotkan air sabun pada kaca lalu diamkan 2-3 menit, setelah itu lap dan bersihkan sisa-sisa lem pada kaca hingga bersih. Untuk kaca belakang sebelum melakukan langkah tersebut diatas, panasi terlebih dahulu kaca film memakai heat gun.

Cara melepas kaca film lama atau telah usang sedikit berbeda atau lebih sulit karena lem sudah merekat sangat erat, caranya yakni dengan menggunakan uap air dengan suhu tinggi untuk membersihkan lem dari kaca.

2. Melepas Kaca Film Menggunakan Pengering Rambut

Melepas Kaca Film Menggunakan Pengering Rambut

Kemudian cara melepas kaca film mobil kedua yakni dengan menggunakan bantuan alat pengering rambut atau hair dryer, pertama panaskan kaca film selama kurang lebih 2 jam menggunakan pengering rambut. Disini kaca film yang telah panas, lem akan mudah dikelupas jadi melepas/menarik kaca film bisa dengan medah dan aman dilakukan.

Jika panas pada kaca film dirasa sudah cukup, robek bagian ujung kaca film lalu lepas /tarik perlahan hingga semuanya terlepas. jika ternyata masih ada bagian sulit dilepas, panaskan kembali bagian tersebut memakai hair dryer. Jangan lupa untuk proses melepas kaca film bagian belakang untuk lebih berhati-hati, jangan sampai merusak defogger.

3. Melepas Kaca Film Memakai Amonia

Melepas Kaca Film Memakai Amonia

Selanjutnya cara atau metode lain melepas kaca film mobil yaitu dengan amonia. Pertama sediakan cairan amonia dan plastik seukuran kaca film yang ingin dilepas (kaca depan, samping, belakang). Kemudian semprotkan air sabun ke kaca lalu tutup dengan plastik dan ratakan. Selanjutnya tutup seluruh permukaan yang berada didekat kaca dengan plastik/perlak, seperti speaker lampu belakang dal lain-lain. Jika sudah, semprotkan cairan amonia ke plastik yang menutupi kaca film tadi. Biarkan sebentar hingga amonia menempel ke kaca dengan bantuan plastik, dengan begitu melepas kaca film jadi lebih mudah. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung wajah ketika menyemprotkan amonia. karena bisa berbahaya jika terkena cairan tersebut.

Kemudian jika dirasa sudah cukup meresap cari bagian ujung kaca film, bisa gunakan paku atau pisau cukur dan lepaskan kaca film sepenuhnya secara perlahan dan berhati-hati agar tidak merusak defogger pada kaca film bagian belakang. Setelah itu bersihkan kaca dengan pembersih kaca.

Tips Memilih Kaca Film

Tips Memilih Kaca Film 1

Setelah kaca film lama dilepas dan ingin memasang dengan yang baru, pilihlah kaca film dengan kualitas baik, jadi bisa awet dan tahan lama serta bisa menimbulkan kenyamanan sekaligus keamanan berkendara.

Dalam memilih kaca film, sebaiknya pilih kaca film yang mampu menangkal suhu panas dengan tepat, sebab kaca film yang gelap belum tentu bisa menangkal sinar/panas matahari. Jadi tingkat kegelapan bukanlah jaminan kaca film mampu menangkal panas matahai yang akan berpengaruh pada keteduhan kabin mobil.

Tingkat kegelapan hanya berkaitan dengan jumlah cahaya yang masuk, bukan sengatan sinar matahari atau pancaran sinar ultraviolet. Karena itu pilihlah kaca film yang sudah dibekali UV Light Rejection tinggi.

Jadi tidak semua kaca film gelap mampu menolak sinal ultraviolet yang bagus, ada juga kaca film yang terang tapi memiliki nilai UV Light Rejection yang tinggi sekitar 97%-99%. Tujuanya tentu saja selain membuat berkendara lebih nyaman dan adem, juga bisa komponen bagian dalam mobil seperti dashboard, jok kulit dan lain-lain.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara melepas kaca film mobil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *