Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Apa Itu Mobil JDM : Penjelasan, Syarat & Jenis

Apa Itu Mobil JDM

Apa Itu Mobil JDM – Dunia otomotif memang tidak pernah habis untuk di bahas. Fanatisme dan kecintaan terhadap bidang otomotif seolah hampir melekat pada masyarakat global, oleh sebab itu tidak heran banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk nilai kepuasan pada fanatisme tersebut.

Bagi para penggemar otomotif pastinya pernah mendengar istilah atau apa itu JDM, istilah ini sering kali dibicarakan oleh para pecinta mobil Jepang. JDM sendiri merupakan singkatan dari Japanese Domestic Market, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya pasar lokal / dalam negri (domestik) Jepang atau bisa juga berarti mobil-mobil yang hanya dijual untuk pasar Jepang saja.

Karena hanya khusus untuk pasar Jepang saja, maka jika ingin mencari diluar Jepang dipastikan tidak akan menemukanya. Namun perlu diketahui juga bahwa meskipun sebuah mobil produksi atau manufakturnya berasal dari Jepang, belum tentu atau bukan berarti mobil tersebut adalah mobil Japanese Domestic Market. Tetapi jika mobil berada dipasar Jepang bisa dipastikan itu adalah jenis Japanese Domestic Market.

Sesuai dengan judul artikel diatas, di kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu mengenai apa itu kendaraan JDM. Jadi bagi yang penasaran atau ingin mengetahui tentang apa itu mobil JDM, simak ulasan lengkapnya dari Spbukita seputar apa itu kendaraan JDM dibawah ini.

Apa Itu Mobil JDM

Apa Itu Mobil JDM.

Apa itu mobil JDM, yang ternyata merupakan singkatan dari Japanese Domestic Market dimana merujuk pada mobil buatan pabrikan Jepang yang hanya dibuat serta dipasarkan di pasar dalam negri Jepang sendiri. Mobil – mobil Japanese Domestic Market biasanya memiliki performa dan kecepatan super tinggi, sehingga kalau dipasarkan ke negara lain belum tentu akan legal jika dikendarai di jalanan umum.

Karena itulah mengapa negara-negara seperti Indonesia tidak bisa dengan mudah membeli atau mendapatkan mobil jenis JDM, hal yang bisa dilakukan hanyalah memodifikasi kendaraan kita menggunakan spare part JDM. Sebab untuk spare part atau suku cadangnya tidak hanya untuk mobil Japanese Domestic Market saja, namun bisa dipasang pada mobil yang memiliki model sama dengan mobil Japanese Domestic Market (modiifikasi seperti ini dekenal dengan sebutan JDM-look).

Jadi itulah penjelasan mengenai apa itu mobil JDM, semoga bisa dipahami dengan jelas. Sebab ada beberapa orang salah kaprah mengartikan apa itu mobil Japanese Domestic Market, seperti misalnya mengartikan kalau semua mobil buatan Jepang adalah mobil Japanese Domestic Market, padahal tidak demikian. Berikut beberapa pemahaman salah mengenai apa itu mobil JDM :

  • Mobil merk Jepang : Beberapa orang mengira JDM adalah semua merk mobil buatan Jepang dan diproduksi oleh pabrikan Jepang, meskipun dipasarkan ke berbagai negara
  • Mobil Jepang Built Up (CBU) : Ada juga anggapan bahwa JDM merupakan mobil yang diimpor secara utuh (disebut made in Japan), namun sebenarnya belum tentu juga dibuat diJepang dan perlu diketahui juga bahwa mobil Japanese Domestic Market tidak bisa diimpor secara resmi ke manapun kecuali memakai jalur dealer (importir umum)
  • Memakai part JDM : Hanya karena dimodifikasi memakai spare part JDM, baik seluruh atau sebagian part nya saja belum bisa dikatakan bahwa itu adalah mobil JDM. Jadi mobil ini hanyalah bergaya Japanese Domestic Market atau istilahnya JDM-look
  • Memakai part mobil tuner Jepang : Mobil yang memakai part buatan tuner Jepang, seperti HKS, Enkai, Tanabe dan lainnya tidak bisa juga disebut sebagai mobil Japanese Domestic Market, walaupun komponennya buatan Jepang.
  • OEM JDM dan Pure JDM : Jadi jangan terkecoh, meskipun pure atau murni, itu hanyalah mobil yang dimodifikasi memakai komponen JDM.

Syarat dan Ciri Mobil JDM

Syarat dan Ciri Mobil JDM

Berikut beberapa syarat dan ciri dari sebuah mobil dikatakan sebagai mobil Japanese Domestic Market :

1. Mobil JDM Memiliki Warna Dasar Simple

Syarat atau ciri pertama yakni memiliki warna dasar simpel, itu bisa dilihat pada mobil jenis ini umumnya (tidak semua) memiliki kap mesin berwarna hitam.

2. Mobil JDM Memiliki Stiker Khusus

Kemudian syarat atau ciri selanjutnya yaitu terdapatnya stiker khusus, dimana stiker ini memiliki dua macam atau dua ciri khas, bisa dilihat seperti dibawah ini :

WAKABA

Wakaba 1

Wakaba memiliki warna kuning dan hijau, penggunaanya adalah untuk para pengemudi baru atau baru bisa mengendarai mobil.

KOREISHA

KOREISHA 1

Koreisha memiliki warna orange dan kuning, penggunaanya adalah pada mobil dimana pengemudinya sudah andal dan terampil mengendarai mobil.

3. Mobil Memiliki Body Spesial

Syarat atau ciri selanjutnya dari mobil yakni memiliki body spesial, biasanya mirip-mrip mobil drift/sport.

4. Warna Velg

Syarat atau ciri berikutnya yakni mobil memiliki warna velg kontras dengan warna body mobil, misalnya warna emas, hitam, karbon dan lainnya.

Jenis Jenis Mobil JDM

Jenis Jenis Mobil JDM

Berikut daftar beberapa mobil Japanese Domestic Market yang cukup populer :

1. Nisan Laurel

Nisan Laurel

2. Toyota ALtezza

Toyota ALtezza

3. Daihatsu Move

Daihatsu Move

4. Mazda Demio

Mazda Demio

5. Nissan Skyline GT-R

Nissan Skyline GT R

6. Toyota Supra

Toyota Supra

Nah itu dia beberapa jenis atau contoh mobil Japanese Domestic Market, sebenarnya masih banyak lagi jenis lainya di Jepang sana. Namun untuk sebuah contoh, segitu saja saya rasa sudah cukup.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai apa itu mobil JDM yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai apa itu mobil Japanese Domestic Market, serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *