√ Apa Itu Coating : Pengertian, Fungsi & Manfaat

APA ITU COATING

Apa Itu Coating – Setiap pemilik kendaraan tentunya menginginkan mobilnya selalu dalam keadaan prima serta enak dipandang mata dan salah satu usaha mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan pada bagian eksterior mobil.

Tampilan mobil yang sedap dipandang mata tentunya tidak lepas dari bagian eksterior kendaraan, utamanya adalah cat mobil. Seiring penggunaanya warna kendaraan pastinya akan mengalami penurunan kualitas, kusam serta memudar.

Nah untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan perawatan guna menjaga menjaga tampilan mobil tetap enak dilihat serta tidak kusam dan salah satu caranya dengan melakukan coating, yaitu menambahkan lapisan khusus pada permukaan cat kendaraan.

Coating menjadi solusi terbaik guna menjaga tampilan warna kendaraan selalu terlihat cerah, glossy serta tampak bening sebab dalam prosesnya memakai bahan SiO2 atau silikon dioksida. Material ini juga merupakan bahan baku utama pembuatan kaca dan keramik. Untuk lebih detailnya mengenai coating, simak ulasan dari Spbukita tentang apa itu coating berikut ini.

Apa Itu Coating Mobil

APA ITU COATING MOBIL

Bagi para pecinta otomotif tentunya sudah tidak asing dengan istilah ini, terlebih lagi sekarang ini coating body mobil sedang tren dengan munculnya nano ceramic coating. Coating sendiri adalah sebuah pekerjaan atau proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat, dimana lapisan baru ini akan membuat tampilan warna kendaraan mengkilap serta selalu terlihat baru.

Di dunia industri otomotif, ada beberapa tekhnik perawatan warna mobil yang umum dilakukan, diantaranya seperti waxing, ceramic, nano. Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai perawatan tersebut, simak penjelasanya dibawah ini :

Waxing

Apa itu Waxing? adalah proses pelapisan permukaan dasar cat kendaraan setelah dilakukan proses pemolesan. Pada teknik waxing ini, pelapisan hanya dilakukan pada permukaan dasar cat saja, jadi meskipun hasilnya baik namun tidak tahan lama.

Nano Coating

Apa itu nano coating? Merupakan teknik perawatan warna mobil dengan menggunakan bahan kimia berukuran nano, Cara ini terbilang ampuh dalam memberikan proteksi/perlindungan terhadap permukaan cat. Namun meskipun baik dalam memberikan perlindungan, proses perawatan ini dinilai berbahaya untuk lingkungan karena adanya penggunaan bahan kimia.

Ceramic Coating

Apa itu ceramic coating? Merupakan perawatan dengan memakai cairan dengan kandungan keramik khusus dalam usahanya memberikan perlindungan terhadap permukaan cat mobil. Cara ini menjadi cara paling umum dan banyak digunakan oleh para teknisi maupun pemilik kendaraan karena dinilai memiliki tingkat perlindungan yang baik, tidak berbahaya serta tahan lama.

Powder Coating

Apa itu powder? adalah teknik pewarnaan komponen kendaraan yang berbahan dasar metal, misalnya seperti velg. Kelebihanya adalahanti UV, tahan gores (scratch resistence), memiliki sifat licin sehingga jika ada kotoran yang menempel mudah dibersihkan (water repellent), warna kuat dan tajam.

Fungsi dan Manfaat Coating

Fungsi dan Manfaat Coating

Sebagai pelapis tambahan terhadap permukan body/cat mobil, coating menjadi penting untuk dilakukan karena berbagai manfaat yang bisa didapatkan dalam usaha menjaga tampilan kendaraan tetap terlihat bersih, tidak kusam dan enak dipandang. Adapun manfaat yang bisa didapat setelah dilakukan coating adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

Apa maksud dari meningkatkan daya tahan terhadap goresan? maksudnya itu adalah membuat permukaan cat jadi tidak mudah tergores jika tersenggol atau tersentuk benda lain. Namun hal ini tergantung dari kualitas bahan serta ukuran tebal lapisan yang diberikan ke permukaan cat, semakin tebal lapisan yang ditambahkan maka daya tahan terhadap baret atau goresan akan semakin baik.

2. Mencegah Warna Cat Pudar

Apa itu yang maksud dari mencegah warna cat memudar? artinya adalah proses pelapisan akan melindungi permukaan serta warna dari sinar matahari (UV), dimana sinar ultraviolet tersebut memiliki efek kurang baik terhadap warna/permukaan cat dan jika dibiarkan secara terus menerus bisa membuat warna pudar dan kusam.

3. Menciptakan Efek Daun Talas (Water Repellent)

Apa itu maksud dari meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur? mobil yang telah dilakukan penambahan lapisan akan memiliki sifat water repellent atau biasa dikenal juga dengan istilah efek daun talas, artinya adalah mencegah kotoran dan air menempel ketika jatuh/menyentuh ke permukaan cat.

Kotoran serta air yang menemper pada permukaan cat jika dibiarkan terus menerus maka akan menimbulkan bercak air dan jamur, dengan adanya coating hal tersebut bisa dihindari karena efek water repellent itu tadi.

4. Kilap Mobil Jadi Tahan Lama

Apa itu maksud dari kilap mobil jadi tahan lama? dengan coating warna akan terlihat mengkilap lebih lama jika dibandingkan dengan perawatan lain seperti waxing ataupun sealant, dimana kilap mobil bisa mencapai atau tahan selama tiga tahun.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai apa itu coating yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *